Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 3, 2018

Jika Anda Ingin Berubah, Mulailah dengan Pemikiran Anda

Gambar
Bacaan Hari ini:
Efesus 4:23 "Supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,"

Perubahan memerlukan pemikiran yang baru. Untuk bisa berubah, kita harus belajar tentang kebenaran dan mulai mengambil pilihan-pilihan yang baik, namun kita juga harus mengubah cara pikir kita.Misalnya, Anda berkata, "Saya harus lebih mencintai pasangan saya," ketahuilah itu tidak akan bekerja. Anda tak bisa melawan perasaan Anda. Anda harus mengubah cara Anda berpikir tentang pasangan Anda, tentang anak-anak Anda, juga tentang anggota keluarga Anda yang lain. Itu akan mengubah cara Anda merasa, yang kemudian akan mengubah cara Anda bertindak. Alkitab berkata, "Supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu," (Efesus 4:23).Pertempuran melawan dosa, pertempuran melawan kekurangan dalam hidup Anda yang tidak Anda suka dimulai dari dalam pikiran Anda. Jika Anda ingin mengubah perilaku Anda atau apa pun itu di dalam emosi Anda, mulailah dengan pikiran dan sikap Anda.Pembaharuan …

Hidup Ini Adalah Kesempatan

Baca: Pengkhotbah 9:10-12"Karena manusia tidak mengetahui waktunya." (Pengkotbah 9:12a)Dalam menjalani hidup ini umumnya kita cenderung berjalan dengan kekuatan sendiri dan memandang segala sesuatu dari sudut pandang mata jasmaniah, akibatnya kita seringkali jatuh dan menuai kegagalan, sebab cara pandang kita akan berdampak pada tindakan-tindakan kita.Kalau kita menatap hari-hari yang kita jalani ini sebagai sesuatu yang sangat keras dan sukar, maka kita akan merasakan betapa berat beban hidup ini, sehingga kita pun akan melangkah dengan gontai, tanpa semangat dan penuh keluh kesah. Gontai berarti terhuyung-huyung dan lemah. Dikatakan, "Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?" (Amsal 18:14). Tapi kalau kita melihat hidup ini dengan kacamata iman, kita akan memaknai hidup sebagai suatu kesempatan yang diberikan Tuhan bagi kita. Jika menyadari bahwa hidup ini adalah kesempatan, maka kita akan menjalani…

BATAL NIKAH

BATALNIKAHDi sore hari terlihat 3 orang pemuda (Cuplis, Gatot, Gundul) yang sedang bertukar cerita tentang pernikahan mereka yang batal.Cuplis : Mot, kamu kenapa batal nikah, bukannya seharusnya bulan lalu kamu nikahnyaGatot : Iya Plis, aku batal nikah karena kami Beda Agama.Kalau kamu kenapa Plis, bukannyakamu juga seharusnya 2 minggu lalu nikahnya.Cuplis : Iya, kami batal nikah karena kami Beda Suku.Cuplis & Gatot : Eh Gundul, kamu diem aja, kalau kamu juga batal nikah kenapa ? bukannya seharusnya malah minggu lalu nikahnyaGundul : Iya nih Plis / Mot, kami batal nikah karena kami Beda Kelamin.Cuplis & Gatot : ???Wkwkwkwk Adek Yang Menjebak Kaka nyaPada Suatu hari Luna sedang melihat adik kesayangannya yang benama Tuti, adiknya itu begitu lucu dan menggemaskan dia sedang mamain mainkan tali dan tali itu diikatkan ke pohon yang tidak begitu besar yang ada di depan rumahnya mereka, sambil mengikatkan tali Tuti bicara sendiri "' bikin jebakan ah siapa tahu ada yang terp…

Somad Dan Singa

Somad Dan SingaPada suatu hari di taman safari, Somad, tour guide taman safari itu membawa penumpang dengan bus safari ke kandang singa.Para pengunjung sangat senang dengan perilaku Somad yang bersahabat.Tetapi saat ditengah-tengah kandang singa, mobil safari itu mogok.Semua pengunjung ketakutan, karena siapa tahu singa itu akan menerkam mereka.Dengan perasaan takut dan was-was, Somad keluar dari bus, dan mulai memeriksa mobilnya.Sesekali dia melihat sekitar. Dan saat itu, seekor singa mendekat.Somad sangat ketakutan, tubuhnya merinding tidak bisa bergerak. Singa itu terus mendekat.. mendekat.. mendekat.. Dan memegang bahu Somad"Tenang pak, saya lagi puasa. Mana yang rusak?" Kata singa ituBisaUlarDua ekor ular sedang menelusuri sawah mencari mangsa.Tiba-tiba ular pertama bertanya pada temannya.Ular 1: "Kita ini jenis ular yang berbisa nggak sih?"Ular 2: "Entahlah, aku tak tahu. Emangnya kenapa?"Ular 1: "Barusan aku gak sengaja menggigit bibirku ....&…

Komitmen Akan GOAL

Lomba marathon internasional 1986 di New York  diikuti ribuan pelari dari seluruh dunia. Lomba ini berjarak 42 km. mengelilingi kota New York. Jutaan orang  di seluruh dunia menyaksikan acara ini melalui televisi secara langsung.Ada satu orang peserta yang menjadi pusat perhatian di lomba tersebut, yaitu Bob Willen. Bob seorang veteran perang Vietnam. Ia kehilangan kedua kakinya  karena terkena ranjau saat perang. Untuk berlari, Bob menggunakan kedua tangannya untuk melemparkan badannya kedepan.Lomba pun dimulai. Ribuan orang mulai berlari secepat mungkin ke garis finish. Wajah mereka menunjukkan semangat yang kuat. Para penonton terus bertepuk tangan mendukung para pelari. 5 km telah berlalu. Beberapa peserta mulai kelelahan, mulai berjalan kaki. 10 km berlalu. Saat ini mulai nampak siapa yang mempersiapkan diri dengan baik, dan siapa yang hanya sekedar ikut untuk iseng-2. Beberapa yang  kelelahan memutuskan untuk berhenti dan naik ke bis panitia.Sementara hampir seluruh peserta tela…

Sebuah Kisah Indah

Sebuah kisah yg Indah.. Jerry adalah seorang manager restoran di Amerika. Dia selalu dalam semangat yang baik dan selalu punya hal positif untuk dikatakan. Jika seseorang bertanya kepadanya tentang apa yang sedang dia kerjakan, dia akan selalu menjawab, ” Jika aku dapat yang lebih baik, aku lebih suka menjadi orang kembar!”  Banyak pelayan di restorannya keluar jika Jerry pindah kerja, sehingga mereka dapat tetap mengikutinya dari satu restoran ke restoran yang lain.Alasan mengapa para pelayan restoran tersebut keluar mengikuti Jerry adalah karena sikapnya.  Jerry adalah seorang motivator alami. jika karyawannya sedang mengalami hari yang buruk, dia selalu ada di sana , memberitahu karyawan tersebut bagaimana melihat sisi positif dari situasi yang tengah dialamai.  Melihat gaya tersebut benar-benar membuat aku penasaran, jadi suatu hari aku temui Jerry dan bertanya padanya, “Aku tidak mengerti! Tidak mungkin seseorang menjadi orang yang berpikiran positif sepanjang waktu.  Bagaimana k…

Bangsa Tikus

Bangsa TikusPada suatu hari ibu tikus dan anak sedang ngobrol di atas selokan, tiba-tiba kelelawar lewat di atas mereka.Anak tikus: bu yang tadi lewat di atas kita apa yah..??Ibu: oww..!! yang tadi itu namanya kelelawar.Anak tikus: tapi, bu!! kok mukanya mirip kita..??Ibu: iyaa... mukanya memang mirip kita, dia juga termasuk sebangsa kita, cuma waktu kuliah dia ambil jurusan penerbangan. Raja HutanDi sebuah hutan, terdapat raja hutan (singa) yang merasa dirinya hebat.Untuk melegitimasi kehebatannya, si singa bertanya kepada sebagian penghuni hutan.Bertanyalah si singa kepada seekor gorila.Singa : Hai gorila, siapakah yang paling gagah di hutan ini?Gorila : Anda, Tuanku.Banggalah si singa mendengar itu.Kemudian ia bertemu dengan seekor banteng.Singa : Hai banteng, siapakah yang paling gagah dan hebat di hutan ini?Banteng : Sudah tentu Anda.Mendengar jawaban-jawaban dari sebagian hewan yang ia temui, merasa sombonglah si singa.Kemudian ia berjalan kembali. Di tengah jalan, ia bertemu de…

Jagung dan Ayam

Jagung dan AyamAlkisah ada orang gila yang mengira dirinya itu jagung jadi dia takut sekali sama ayam.Karena takut sekali di makan. Setiap kali lihat ayam dia pasti lari terbirit-terbirit.Akhirnya, orang gila ini dimasukin ke rumah sakit jiwa. Setahun... dua tahun.. tiga taun... akhirnya dia dipanggil oleh sang dokter.Dokter :"kamu sudah tau sekarang kamu ini siapa"Orang Gila : "Sudah dokter,"Dokter : "Jadi kamu ini siapa?"Orang Gila : "Saya orang, dokter."Dokter: "Bener?"Orang Gila : "Iya dokter, saya orang.. bukan jagung."Dokter : "jadi kamu gak takut lagi sama ayam kan?"Orang Gila : "Enggak dokter.. gak takut lagi.."Sang dokter pun manggut-manggut mengira si orang gila udah waras.Orang Gila : "Tapi dokter,"Sela si orang gila," saya ada satu pertanyaan.."Dokter : "Apa itu?"Orang Gila : "Ayam-ayam itu tahu enggak ya kalau saya sudah berubah jadi orang?" tanya si ora…

Kedahsyatan Dampak Senyuman Yang Di Timbulkan Dari Hati

Kisah ini di kirim oleh Mahasiswa asal Indonesia yang bemukim di Jerman, demikian layak untuk dibaca dan direnungkan.Saya adalah ibu dari tiga orang anak dan baru saja menyelesaikan kuliah saya. Kelas terakhir yang harus saya ambil adalah Sosiologi. Sang Dosen sangat inspiratif, dengan kualitas yang saya harapkan setiap orang memilikinya.Tugas terakhir yang diberikan ke para siswanya diberi nama ”Smiling”. Seluruh siswa diminta untuk pergi ke luar dan memberikan senyumnya kepada tiga orang asing yang ditemuinya dan mendokumentasikan reaksi mereka. Setelah itu setiap siswa diminta untuk mempresentasikan didepan kelas. Saya adalah seorang yang periang, mudah bersahabat dan selalu tersenyum pada setiap orang. Jadi, saya pikir,tugas ini sangatlah mudah. Setelah menerima tugas tersebut, saya bergegas menemui suami saya dan anak bungsu saya yang menunggu di taman di halaman kampus, untuk pergi kerestoran McDonald's yang berada disekitar kampus.Pagi itu udaranya sangat dingin dan kering.…

Berseru-seru Tak Kenal Lelah

Baca: Mazmur 13:1-6"Berapa lama lagi, TUHAN, Kaulupakan aku terus-menerus? Berapa lama lagi Kausembunyikan wajah-Mu terhadap aku?" (Mazmur 13:2)Keputusasaan sempat dialami Daaud, terlihat dari tulisannya dalam Mazmur 13. Ia serasa kehilangan semangat dan menyerah pada keadaan. Saat dalam kesulitan besar, Tuhan seolah-oleh membiarkan, berdiam diri dan tidak bersedia memberikan pertolongan. Sepertinya doa yang diserukan siang malam sia-sia karena tidak ada jawaban.Bukankah kita juga pernah mengalami hal seperti yang dirasakan pemazmur ini? Kita sudah tidak punya daya lagi untuk berdoa, sementara pergumulan yang kita alami begitu berat. Kita meratap dan mengerang menahan sakit, tapi pertolongan Tuhan tidak kunjung tiba. Lalu kita berkata, "Berapa lama lagi aku harus menaruh kekuatiran dalam diriku, dan bersedih hati sepanjang hari? Berapa lama lagi musuhku meninggikan diri atasku?" (ayat 3).Jangan pernah berhenti untuk berdoa dan berharap kepada Tuhan. Ada kata bijak …

Hidup Kekristenan Adalah Sebuah Proses

Baca: Ibrani 5:11-14 "Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat." (Ibrani 5:14)Perjalanan hidup seorang Kristen harus mengalami pertumbuhan dari hari ke hari. Sebagaimana seorang bayi yang dilahirkan bukan sekedar menjadi bayi yang lucu dan imut selama bertahun-tahun, tapi pada saatnya ia akan berkembang menjadi anak yang sehat dan cerdas, masuk ke jenjang pendidikan dan akhirnya menjadi seorang dewasa yang mandiri.Begitu pula sebagai orang Kristen kita tidak hanya berhenti sebatas percaya kepada Kristus saja. Kita harus mengalami kelahiran baru, lalu terus berproses hingga menjadi seorang Kristen yang dewasa secara rohani. Itulah kehendak Tuhan bagi kita. Rasul Petrus menasihatkan, "...bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus." (2 Petrus 3:18a), agar supaya "...kamu berdiri teguh, sebagai orang…

Jangan Pernah Putus Asa

Baca: Mazmur 43:1-5"Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!" (Mazmur 43:5)Karena tekanan hidup yang kian berat dan permasalahan yang dialami, banyak orang menjadi putus asa dan frustasi. Mengapa bisa terjadi?Rasa putus asa muncul ketika seseorang mengalami jalan buntu. Celah inilah yang digunakan iblis untuk menanamkan rasa putus asa dalam diri seseorang, sehingga dalam dirinya timbul rasa mengasihani diri sendiri dan merasa sudah tidak ada pertolongan lagi. Kita tidak lagi mengarahkan pandangan kepada Tuhan dan mulai meragukan kuasaNya. Dengan kata lain kita putus asa dan menjadi tawar, merasa bahwa Tuhan tidak sanggup melakukan perkara besar dalam kehidupan kita. Padahal firman Tuhan menegaskan bahwa "...semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan atau pun rasa putus asa dimulai dari hati kita. Tertulis: "Jika e…

Jalan Hidup Tak Selalu Rata

Baca: Ulangan 11:8-11"Tetapi negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, ialah negeri yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit;" (Ulangan 11:11)Menikmati Kanaan adalah rancangan Tuhan bagi kehidupan bangsa Israel. Kanaan adalah negeri yang dijanjikan Tuhan, "...suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya," (Keluaran 3:8).Untuk mencapai tanah perjanjian tersebut bukanlah perkara yang mudah, sebab tempat di mana Tuhan menuntun bangsa Israel bukanlah tempat yang jalannya selalu rata dan mulus, tapi ada yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, bahkan ada banyak musuh yang harus ditaklukkan. Tertulis, "...bangsa yang diam di negeri itu kuat-kuat dan kota-kotanya berkubu dan sangat besar," (Bilangan 13:28), dan orang-orang yang tinggal di sana memiliki perawakan tinggi-tinggi seperti raksasa. Karena itulah pada waktu menempuh perjalanan menuju Tanah Perjanj…

Bijaksanalah di Hadapan Allah

Bijaksanalah di Hadapan AllahMazmur 2 Pernahkah Anda tertawa menyaksikan tingkah laku orang lain? Mungkin karena Anda merasakannya sebagai sesuatu yang lucu atau aneh. Mungkin juga Anda menganggapnya sebagai kebodohan karena menurut Anda semestinya tidak begitu. Dan Anda langsung berhenti karena menyadari hal itu merupakan pelecehan karena telah menganggap rendah orang lain.Nah, dalam bacaan hari ini kita menyaksikan bagaimana Allah menertawakan manusia. Namun, tindakan ini bukan merupakan pelecehan karena Allah menertawakan kedegilan hati manusia yang berusaha melawan Allah dan orang pilihan-Nya (2). Aneh rasanya manusia mencoba melawan Sang Pencipta. Tetapi itulah yang terjadi. Menanggapi hal itu Allah menegaskan bahwa Ialah yang memilih dan menugaskan orang yang telah dipilih-Nya.Mazmur ini merupakan mazmur mesianis, sejatinya pula merujuk kepada Mesias yang akan diutus dan diurapi-Nya. Mesias yang akan mengalami tantangan dari lahir hingga mati-Nya. Meskipun demikian, Allah Bapa a…

Postingan populer dari blog ini

Bunga Di Kasih Tanda Cinta PadaMu

Humor 3 Drakula

Cerpen Keindahan Berbalut Jilbab Warna Ungu

Cerpen AHS

PENGERTIAN NUBUATAN NABI YESAYA

ORSAKTI KUMBANG TAK BERSAYAP YANG MENGGAPAI BUNGA

Meme & Momo

Cerpen Kasih Ibu Tak Batas Waktu

Cerpen Gak Bisa Tidur

Cerpen Cintaku Tak Berlisan

Thank's You