Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 9, 2018

Suara Siapakah yang Anda Dengarkan?

Gambar
15 Agustus 2018Bacaan Hari ini:
Amsal 1: 7 “Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.”

Pernahkah Anda perhatikan bahwa di saat Anda menetapkan satu gol dalam hidup Anda, Anda mulai mendengarkan orang lain berkata, "Memangnya kau siapa?”atau "Itu mustahil” atau "Lupakan saja"?Penangkal dari suara-suara keraguan ialah dengan mendengarkan suara Tuhan. Coba bayangkan segala kritikan yang ada dalam kehidupan Noah. "Itu si Nuh, katanya Tuhan berbicara kepadanya, tapi coba lihat, nyatanya dia malah menjatuhkan harga properti kita dengan membangun bahtera di halaman depan rumahnya."Alkitab memberi tahu kita bahwa Nuh mendengarkan Tuhan. Apa yang dia dengar? Dia mendengar peringatan Tuhan bahwa dunia ini akan dibinasakan. Nuh percaya apa yang belum dia lihat. Itulah iman – percaya pada sesuatu yang tidak kita lihat. Nuh tidak lari dari visi yang Tuhan berikan kepadanya. Tapi sebaliknya, ia tetap membangun bahtera…

Cerpen Loker

Pagi sendu, mendung.. bagai awan tak ingin menunjukan dirinya pada matahari, memperlambat langkah Rafsya, seorang mahasiswi di salah satu universitas terkemuka di kota Jakarta, gadis yang sedang merantau dan jauh dari keluarganya ini sangat berambisi menjadi seorang penulis. Walaupun kedua orang tua nya tidak pernah mendukung mimpi gadis ini, namun itu semua tidak pernah menghentikan langkah kakinya untuk mencapai semua keinginannya. Pagi ini masih seperti biasa.. hanya secangkir kopi hangat dan suara burung yang menemani hari-hari Rafsya. Gadis ini dikenal sebagai gadis mandiri, saking mandiri nya.. ia kadang dijuluki "Gadis Anti Sosial", tidak pernah aktif dalam organisasi apapun dan seorang gadis yang susah berbaur dengan lingkungan sekitarnya, seorang gadis yang tidak bisa cepat memposisikan dirinya dalam lingkungannya sebagai mahasiswi. Namun Rafsya dikenal sebagai mahasiswi terbaik tahun ini.. pantas saja Rafsya dikenal sebagai mahasiswa yang pandai, IPK ia tahun …

Cerpen Sepucuk Mawar Hitam dan Sebening Udara Malam

Ketika semuanya berakhir, Rina membelai paras cantik temannya yang selama ini menetes kan bunga kesedihan lantaran ditinggal kan oleh kekasih nya.     Setiap malam Lya menangis dan besedih , hingga air matanya yang mengeruh tak tampak lagi diwajah cantik nya. belum usai perkara yang satu, datanglah perkara yang memang tak seorang pun menginginkan nya, paslalnya seseorang yang didamba-damkan utuk ber lanjut kepelaminan itu meminta kembali semua yang telah diberikan sebagai hadiah ketika mereka berpacaran dulu.     Sempat semuanya hancur tak berbekas ketika semuanya tejadi begitu cepat dan tanpa disadari waktu pun telah mengikiskan kenangan-kenangan yang ter puruk dalam hidupnya.     Kesal memang ketika masa lalu- yang kelam harus mucul lagi di hadapan Lya dan mau mejadi sebuah pertalian yang jeas-jelas telah tecoreng oleh tinta hitam kelam yang membunkus hari-hari dengan penuh kesedihan."Rey... Apa yang kamu lakukan di, sini." Lya."Ly... sorry gw gak sengja lewat ko…

Cerpen Triangle Love

"Aku tahu, Move On itu memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Tapi, asalkan kau memiliki niat yang kuat. Aku yakin kamu pasti berhasil.." - Ana     Abby mengetukan jari-jarinya pada meja kayu berhiaskan goresan-goresan pena, membentuk rangkaian kata yang lebih cocok disebut contekan. Pagi itu Guru Matematika masih sibuk berkoar di depan kelas, menjelaskan materi tentang lingkaran yang mampu membuat kepala pecah. Lingkaran yang anak TK pun dapat membuat, tapi mengapa memiliki beragam rumus yang aneh-aneh. Belum lagi pertanyaan-pertanyaan di buku paket yang super ribet. Tak bisakah mereka membuat soal yang langsung masuk ke dalam inti? Tak perlu kesana kemari sebelum menjelaskan inti soal itu. Berkali-kali pandangannya melirik ke arah jam dinding di depan kelas, tepat di atas papan tulis putih berbingkai cokelat yang kini penuh dengan beragam angka nol sampai sembilan yang terangkai tak beraturan."Baik, sampai disini dulu pertemuan kita. Jangan lupa untuk menyele…

Cerpen Agungnya Desaku

Hidup di tengah-tengah desa yang masyarakatnya masih memegang teguh kepercayaan sejak dulu, yang masih kental kebudayaannya sampai sekarang tidaklah luntur membuat Dhuan harus mengikuti semua peraturan-peraturan, mitos atau kebiasaan yang telah lama ada di desanya meski ia bukan asli orang Pesarean, dia pindahan dari kota Semarang hingga wajar saja jika dia tidak terlalu paham kebiasaan yang ada di desanya sekarang.Siang hari yang terik, setelah pulang sekolah Dhuan pergi ke halaman belakang rumahnya untuk sekedar meringankan beban yang ada di pundaknya dan duduk manis sendirian ditemani musik box kesayangannya diputar lagu-lagu kesukaannya, seperti peterpan. Dengan lirik indah mengalir lagu peterpan semua tentang kitaWaktu terasa semakin berlalu
Tinggalkan cerita tentang kita
Akan tiada lagi kini tawamu ‘ tuk hapuskan semua sepi di hati
Ada cerita tentang aku dan dia, saat kita bersama saat dulu kalaRaganya memang berada di sana, memutar lagu namun hanya menganggapnya teman ia tidak …

Cerpen A Day in School

That day, In a school in my city, Makassar, I’d just finished my teaching in a class, went out, then the following teacher (my college friend) came in that class and continued teaching the students. This was what we had to do in two months to fulfill one of the requirements of our study in Campus, especially for those who are in Education Department – Doing A Teaching Practice. When I was sitting some meters away from the class, starring at the Teacher teaching inside, I opened my book. I read what haven’t been read yet, imagining… Suddenly a voice flew toward me, seemed to be whispering… “Big brother…”I turned my face, “Oh, hello… come..” I answered. A girl came to me then sat beside me. “Anyways, why don’t you come in to the class?” I was trying to make a talk. “I’m kinda tired, big brother.” She answered. “Oh, I see.”A minute passed by, Silent… (I was in silent, and she was too… I didn’t know what kind of idea I was going to talk about… sort of speechless). A minutes later, when I …

Cerpen Aku Berpenyakit Kanker

“Mah, Pah kenapa aku sering mimisan, pusing dan pingsan.” Tanyaku kepada orangtuaku. “mah, pah cerita sama aku, apakah aku mempunyai penyakit kanker?!” tanyaku lagi kepada orangtuaku.
Mamaku dan papaku tersontak kaget mendengar ucapan ku. “Kamu hanya kecapean sayang”. ucap mamaku sambil menahan air matanya. “Kata mamah kamu benar sayang, kamu hanya kecapean”. sambung papaku sambil menahan air matanya.
Mama dan papaku mencoba menenangkan aku yang tiba tiba menangis histeris. “Hiks… hiks… Ya sudah kalau mamah dan papah enggak mau cerita sama aku”. Ucapku, sambil melepaskan pelukan mereka dengan pelan, dan beranjak pergi ke kamar. “Maafkan mamah sayang, mamah enggak mau cerita sama kamu karena mamah khawatir sama kamu, mamah takut sampai kamu kepikiran terus”. Batin mamahku.Di kamar aku hanya diam merenung, tiba tiba pikiran ku punya ide, segera aku ambil ipad ku yang ada di meja belajar ku, dan aku mencari di Google “penyebab penyakit kanker” aku memilih salah satu dari pilihan Google. …

Humor Kecele

Kepribadian Orang Di Lihat Dari Cara Makan TahuTernyata jenis kepribadian orang bisa dinilai dari caranya makan tahu! Ini dia contoh-contohnya:KONSERVATIF : gigit tahu dulu, baru gigit cabe.PROGRESIF : gigit cabe dulu, baru gigit tahu.SPEKULATIF : begitu nemu cabe langsung main gigit dengan harapan deket situ akan ada tahuIMAJINATIF : belum gigit cabe udah kepedesan.OPTIMIS : yakin tahu akan segera muncul, sambil nunggu ngemil cabe dulu.PERMISIF : tahunya dicomot orang, diem aja.MASOKIS : gigit cabe 10 biji gak pake tahu.OBSESIF-KOMPULSIF : sebelum makan dihitung dulu biar yakin jumlah tahunya sama dengan jumlah cabenya.MANIPULATIF : ngerayu tukang tahu biar dapet gratisanDRAMATIS : abis makan tahu pake cabe nangis kepedesan, trus ngesot sambil meratap ke dispenser air.EKSIBISIONIS : sebelum makan bilang ke orang sebelah: "Lihat deh, gue mau makan tahu pake cabe."KAPITALIS : tahunya dimakan, cabenya ditanem supaya nanti kalo numbuh bisa dijual.FANATIK : kalo ketemu orang yg …

Humor Dokter Ceroboh

Dokter CerobohDokter ceroboh 1:
"ada apa suster?"
"Dokter, ini adalah meja bedah ketiga yang anda rusakkan dalam bulan ini saja. Tolong, jangan membedah terlalu dalam!"Dokter ceroboh 2 :
Dokter Lamb baru saja menyelesaikan sebuah operasi, dan sedang membasuh tangan.
Seorang dokter muda datang mendekat, kemudian bertanya, "Bagaimana dengan operasi usus buntu Nyonya Fuller tadi?"
"Usus buntu??" Dokter Lamb terkejut. "Kukira tadi autopsi!" bedah mayat"Dokter ceroboh 3 :
Thatcher baru saja mengalami kecelakaan lalu-lintas yang mengerikan.
Setelah dua hari berada dalam kondisi koma, ia siuman dan menemukan dokter bedah berdiri disamping tempat tidurnya.
"Saya membawa berita yang buruk dan yang baik untuk Anda", ujar dokter bedah itu.
"Berita buruknya adalah, kami keliru memotong kaki Anda yang sebetulnya sehat"
"Ya ampun!", seru Thatcher. "Lalu apa berita baiknya?"
"Berita baiknya ialah, kak…

Habakuk: Dalam Keluh Kesah

Baca: Habakuk 1:1-17"Berapa lama lagi, TUHAN, aku berteriak, tetapi tidak Kaudengar, aku berseru kepada-Mu: 'Penindasan!' tetapi tidak Kautolong? Mengapa Engkau memperlihatkan kepadaku kejahatan, sehingga aku memandang kelaliman? Ya, aniaya dan kekerasan ada di depan mataku; perbantahan dan pertikaian terjadi." (Habakuk 1:2-3)Meski sebagai utusan Tuhan Habakuk tetaplah manusia biasa yang punya kelemahan dan kekurangan, yang terkadang mengeluhkan pelbagai masalah yang menimpanya. "Mengapa ini terjadi? Kapan penderitaan ini segera berlalu? Mengapa orang jahat sepertinya hidup mujur?"Pergumulan inilah yang dirasakan Habakuk ketika dengan mata kepala sendiri ia melihat kejahatan, kekerasan dan ketidakadilan begitu merajalela di negerinya. Sementara posisi orang benar terjepit, "...sebab orang fasik mengepung orang benar;" (ayat 4). Ia pun mengungkapkan rasa kecewanya kepada Tuhan yang seolah-olah menutup mata dan berdiam diri melihat penderitaan orang…

Jangan Suka Menyebarkan Gosip

Baca: Mazmur 39"Aku hendak menjaga diri, supaya jangan aku berdosa dengan lidahku; aku hendak menahan mulutku dengan kekang selama orang fasik masih ada di depanku." (Mazmur 39:2)Memperbincangkan orang lain berkenaan dengan kelemahan, kekurangan, kesalahan atau keburukannya, walaupun sebenarnya kita tidak tahu persis kebenarannya, bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat menarik, menyenangkan dan menimbulkan kepuasan tersendiri. Itulah gosip! Gosip adalah obrolan dan cerita negatif tentang orang lain, pergunjingan. Bagi penggosip, menggosip adalah aktivitas menghibur, apalagi ditambahi 'bumbu-bumbu' yang sedap; namanya juga 'gosip', semakin digosok semakin sip!Mendengar kata orang fasik kita sering mengidentikkan dengan orang-orang yang melakukan tindak kejahatan, seperti membunuh, mencuri, merampok, memukul, menghujat Tuhan dan sebagainya. Ketahuilah bahwa orang yang suka memfitnah, bergosip, 'bocor mulut', menghakimi sesama adalah termasuk juga…

Postingan populer dari blog ini

Bunga Di Kasih Tanda Cinta PadaMu

Humor 3 Drakula

Cerpen Keindahan Berbalut Jilbab Warna Ungu

Cerpen AHS

PENGERTIAN NUBUATAN NABI YESAYA

ORSAKTI KUMBANG TAK BERSAYAP YANG MENGGAPAI BUNGA

Meme & Momo

Cerpen Kasih Ibu Tak Batas Waktu

Cerpen Gak Bisa Tidur

Cerpen Cintaku Tak Berlisan

Thank's You