Hitam & Putih

Hitam & Putih




Dia menggerakkan Ksatrianya ke depan. Saya mengelus roda kursi roda saya dan memposisikan diri saya dekat dengan papan catur gading di antara kami. Tiga detik yang lalu, dia meringkuk kumis abu-abunya. Saya tahu mengapa dia melakukannya. Untuk membuktikan dirinya lebih baik. Untuk mengingatkan saya bahwa saya bahkan tidak mampu memakai kumis sejantan dia. Dia pintar, ya. Tapi saya telah mempersiapkan diri untuk pertandingan ini hampir selamanya sekarang. Dia telah membiarkan Ksatrianya terbuka. Ia berdiri di atas kotak putih dengan kaki belakangnya. Ujung pedang yang dipegang Ksatria bersinar terang, seperti ujung kumisnya. Saya tergoda untuk mengeluarkan Ksatrianya dengan Ratu saya tetapi saya tahu betul bahwa Ksatrianya yang terbuka adalah undangan golok untuk menjebak Ratu saya dalam empat langkah. Saya memindahkan Uskup Kingside sebagai gantinya, memaksanya untuk menarik Ksatrianya. Dia menatapku tajam sebelum dia menelusuri kembali gerakannya. Aku iri dengan tangannya yang mantap saat mengambil dan menempatkan Ksatria kembali di kotak hitam. Saya melihat ke bawah ke tangan saya sendiri yang saya ambil dari bawah meja. Itu menggigil tanpa sadar seolah-olah berada di bawah mantra getaran.


Saya berada di atas angin sekarang. Ini akan menjadi langkah saya yang akan menentukan arah di mana permainan berlangsung mulai sekarang. Dilema aneh menyalip saya detik itu. Saya memiliki dua rangkaian gerakan yang direncanakan; di mana saya akan mulai dengan menyeberangi Benteng saya ke ujung papan dan memanggil cek. Dan yang lainnya di mana saya akan memutar jaring yang stabil untuk menjebak Ratunya. Itu adalah panggilan yang sulit untuk dilakukan. Aku mengarahkan tanganku yang gemetar ke pion terlebih dahulu. Dia tampak tidak tergerak. Aku bergerak dengan tangan menuju Benteng dan dia terkesiap. Saya tahu triknya ini dengan sangat baik. Tiga menit yang lalu, kami berselisih tentang siapa yang bisa melakukan langkah pertama permainan. Dia mengatakan kepada saya bahwa saya harus pergi dulu seolah-olah saya membutuhkan tepi. 'Tidak! Kamu duluan' jawabku. Yang mengejutkan saya, alih-alih mengembalikan hal yang sama kembali kepada saya, dia menerima seolah-olah itulah yang dia inginkan selama ini. Saya mendorong pion ke alun-alun di depan. Senyuman muncul di wajahnya. 'Apakah dia memukuli saya lagi? Apakah ini gertakan ganda?' Pikirku.


Dia batuk dua kali secara mekanis untuk menarik perhatian saya saat dia melakukan langkah selanjutnya. Dia mendorong pionnya ke arah alun-alun terakhir, menjentikkannya dari papan dan menghidupkan kembali ratunya di tempat yang sama. Saya telah melihat langkah itu datang. Tiga jam yang lalu, dia memamerkan mantra baru yang telah dia pelajari. Dia selalu menjadi ahli nujum yang baik. Tetapi untuk membesarkan seorang penyihir yang telah meninggal seabad yang lalu hanya dengan setetes darah yang dia tinggalkan di selembar kertas yang robek itu luar biasa. Benar-benar luar biasa. Dan yang bisa saya lakukan hanyalah tenggelam kembali di kursi roda saya dan menerima kekalahan. Aku mencondongkan tubuh ke depan dan menggerakkan Ksatriaku, untuk mengintimidasi Ratunya dan melindungi Bentengku. Itu akan membuatnya memindahkan Ratunya kembali, ke alun-alun yang tepat yang saya inginkan. Saya mencoba meniru batuknya untuk menarik perhatiannya tetapi akhirnya batuk dengan rasa sakit yang tak terukur di dada saya. Aku berbalik dan meludahkan dahak hijau ke dalam ember logam kecil yang disimpan di samping kursi rodaku. 'Kamu baik-baik saja?' tanyanya. Saya tidak menanggapi.


Aku meraih cangkir yang disimpan di bangku di sebelah kiriku dan menyesapnya. Air panasnya sudah tidak begitu panas lagi. Saya menjernihkan pikiran saya, memfokuskan seluruh energi saya pada napas saya dan meniup ke dalam cangkir. Jejak uap terangkat saat air berubah menjadi panas mendidih. 'Itu lebih baik' pikirku, menyesap lagi. Ketika saya melihat ke atas, dia sudah bergerak. Saya menyipitkan mata dan mengamati papan untuk memastikan dia telah memainkan gerakan yang saya inginkan. Dalam upaya untuk membuat saya merasa sedih dan tidak aman tentang penglihatan saya yang hilang dengan cepat, dia mengganti jari penunjuknya antara Ratu yang dia ambil ke arah setengahnya dan kotak kosong dari tempat dia memindahkannya. Saya mengangguk. Tiga bulan lalu, dia telah menarik kembali "Tentara Orang Mati" dari Kedutaan Besar. Seluruh dunia terguncang mendengar berita itu. Semua upaya, ritual, pengorbanan, kejahatan, dan pelatihannya; hanya untuk menandatangani gencatan senjata pada hari dia menaklukkan Kedutaan itu sendiri? Yang dia minta sebagai balasannya adalah agar seluruh kejahatan Tentara Kegelapan diampuni. Teman-temannya tidak senang dengan keputusannya, begitu pula para praktisi ritual terlarang. Mereka mengira dia telah menjadi lemah dari waktu ke waktu dan dengan demikian telah kehilangan minat pada takhta, tetapi saya tahu alasan mengapa dia menandatangani gencatan senjata. Itu karena dia tidak menyuruh saya berjuang untuk Kedutaan Besar lagi. Semua pencapaiannya dan semua kemenangannya tidak ada artinya jika saya bukan orang yang dia lawan. Ketika saya mundur dari perang karena kaki saya kalah dalam pertempuran, saya meninggalkan dunia untuk dia taklukkan. Tapi dia menandatangani gencatan senjata dan mengalahkan saya, lagi. Saya memindahkan Uskup Queenside saya ke depan, meninggalkan baris terakhir saya dengan hanya Benteng saya di kedua tepi dan Raja saya di tengah.


Dia menjatuhkan salah satu Bentengku dengan Ratunya. 'Periksa!' katanya dengan suara dingin dan tak tergoyahkan. Langkah selanjutnya sudah jelas. Saya harus memindahkan raja saya ke atas kotak untuk menghapus cek dan dia menggeser ratunya ke ujung papan yang lain, menjatuhkan Benteng saya yang lain. Tiga tahun lalu, selama "Perang dunia" kami saling bertarung sampai mati. Saya memimpin pasukan Kedutaan Besar dengan murid-murid saya dari "Sekolah Api". Mayat hidup yang dia dan murid-muridnya dari "Sekolah Kematian" dibesarkan tidak akan cocok untuk mantra api kita, tetapi banyaknya mayat hidup yang dia paksa keluar dari inti planet ini melebihi jumlah siswa kita. Mereka dilindungi oleh pasukan mayat hidup. Yang terjadi selanjutnya adalah tontonan. Bola dan badai api melawan pasukan Zombie yang aneh. Bagaimana Anda membunuh sesuatu yang sudah mati? Tubuh yang terbakar akan terus bangkit kembali berkali-kali. Saya berjaga-jaga, sebagai garis pertahanan terakhir di depan Kedutaan Besar ketika dia terbang melintasi arena dan mendarat di depan saya. Aura hijau yang mempesona mengelilinginya. Itu dia; sahabat dan temannya, magang dan juaranya, belahan jiwa dan istrinya, Enchantress sendiri. Saya menyulap bola api di tangan saya dan bersiap untuk melemparkannya ke arahnya. Dia meluncur ke depan dan berhenti tepat di depanku. Dia mengangkat alis saat sayap kematian terlipat ke bagian belakang jubah hijaunya. Saya tidak bisa. Dia tahu saya tidak akan melakukannya. Tidak peduli apa dia ternyata, dia sangat berarti bagiku sekali. Tapi perasaan itu dengan mudah dimenangkan olehnya, dulu dan sekarang juga. Aku memadamkan api di tanganku dan menatap matanya. Dia tahu jika mereka ingin membawa Kedutaan Besar berlutut, mereka harus membawa saya berlutut terlebih dahulu. Dia juga tidak bisa membunuhku. Aku bisa melihat matanya berteriak minta maaf saat dia mendorongku ke tanah. Dia mengucapkan mantra kematian di kakiku dan menguras nyawa di bawah kedua lututku. Saya masih ingat larut ke tanah segera setelah saya merasakan kaki saya berubah menjadi jeli. Dia pikir dia pintar, untuk menyapu kedua Bentengku dengan Ratunya dalam satu gerakan, tetapi dia tidak tahu bahwa aku telah merencanakannya selama ini. Saya segera memulai serangkaian gerakan untuk mengatur semua bagian yang tersisa di tempat untuk final.


Dia dengan panik membalas setiap gerakanku. Dia pikir dia berada di atas angin tetapi dia belum melihat keseluruhan gambar. Itu bukan salahnya. Dia belum tahu ada banyak hal dalam gambar itu. Tiga dekade lalu, ketika saya bergabung sebagai guru di "Sekolah Api", dia merasakan kebutuhan yang sangat besar untuk membuktikan lebih baik dari saya. Dia menggulingkan para Profesor di "Sekolah Kematian" dengan dukungan murid-muridnya dan menggantikannya sebagai kepala sekolah. Untuk membuktikan dirinya lebih baik, ia mulai bekerja untuk meningkatkan reputasi "Sekolah Kematian" yang terkenal itu. Segera dia menemukan terbebani dengan tugas yang lebih besar dari dirinya. Mereka yang pingsan dari "Sekolah Kematian" tidak pernah ditawari pekerjaan yang layak atau gaji yang sama. Setiap sektor masyarakat lainnya tidak menyukai mereka. Mereka bahkan tidak menerima mereka ke lingkungan mereka. Kedutaan melarang sebagian besar mantra dan mantra "Sekolah Kematian" di luar halaman sekolah dan memaksa mereka untuk menjalani kehidupan manusia biasa. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menyadari bahwa undang-undang ini dan seluruh sistem yang menentang sekolah mereka dipaksakan kepada mereka oleh Kedutaan Besar karena mereka takut akan hal itu. Mereka tahu apa yang mampu dilakukan oleh "Sekolah Kematian" tanpa peraturan keras yang mengatur kehidupan, praktik, dan kepercayaan mereka. Saat itulah dia memulai pemberontakan melawan Kedutaan Besar dan sifatnya yang bias. Dia menunjuk istrinya, enchantress sebagai kepala sekolah, sementara dia mempersiapkan murid-muridnya untuk pertarungan yang tak terhindarkan yang ada di depan. Dia mengajari mereka untuk memperjuangkan sekolah mereka, kepercayaan mereka dan budaya mereka. Dia memotivasi mereka dengan tujuan mereka untuk memastikan masing-masing dari mereka bangkit pada kesempatan ketika saatnya tiba. Saat itulah dia mulai berlatih mantra vampir. Saya tidak berpikir dia butuh waktu cukup lama untuk menguasainya. Segera, seorang penjahat mengambil alih jalan-jalan kami. Seseorang sedang menyedot nyawa dari anggota Kedutaan yang akan tersesat selama jam-jam kegelapan. Saya memindahkan dua ruang Ratu saya ke kanan.


Matanya membelalak. Dia pasti mengira saya melakukan kesalahan 'Apakah Anda yakin?' tanyanya. Saya tidak menanggapi. Dia menukik dengan Ksatrianya dan mengambil Ratuku. Apakah saya senang membiarkan Ksatria mengambil Ratu saya? Tidak. Apakah perlu bagi saya untuk memberikannya untuk memenangkan pertandingan? Ya. Tiga abad yang lalu, ketika saya baru saja mulai sebagai mahasiswa baru di "School of Fire", saya biasa menghabiskan sebagian besar malam saya di "Elixir and Frog legs", sebuah pub lokal di dekat hostel kami. Di situlah saya bertemu dengannya untuk pertama kalinya. Mata hijaunya memantulkan bagian dari jiwa saya yang tidak pernah saya ketahui ada di dalam diri saya. Ketika dia berjalan melintasi bar, menyeret jubah hijaunya melintasi lantai kayu, saya terkejut sekaligus kagum. "Hai," katanya. Dia mungkin berasumsi saya bermain keras untuk mendapatkan tetapi kebenarannya jauh dari itu. Saya berjuang keras untuk menelan ramuan yang tersangkut di tenggorokan saya. Saya perhatikan bahwa dia duduk di seberang bar malam itu, mendengar percakapan kami. Untuk bersaing dengan saya, dia bergabung dengan saingan sekolah saya, "Sekolah Kematian". Dia telah menerima berbagai tawaran dari "School of Ice", "School of Life" dan "School of Storm", tetapi tidak, dia harus bergabung dengan sekolah saingan saya. Kami segera menjadi teman baik, dia dan saya. Bahkan jika dia berasal dari "Sekolah kematian", saingan kami di kejuaraan Tahunan, kami menemukan di dalam satu sama lain kehangatan yang tidak pernah kami temukan dengan orang lain. Dia memiliki atribut unik dan luar biasa tertentu. Dia selalu mengeluarkan yang terbaik dalam dirimu. Dia memiliki kemampuan magis untuk menjadi katalisator dan mempercepat proses menemukan tujuan hidup seseorang yang sebenarnya. Dia adalah orang yang memaksa perhatian saya pada segala sesuatu yang salah dengan sistem. Butuh waktu satu semester penuh (Apa yang manusia sebut setengah abad) untuk menyadari kebenaran tentang "Sekolah Kematian"; politik dan sistem melawan mereka. Pendapat yang dibuat dimasukkan ke dalam pikiran semua orang oleh Kedutaan Besar tentang sekolah mereka. Saya tahu saya akan gagal bahkan jika saya mencoba memperbaiki kesalahan. Saya tidak cukup kuat. Kedutaan besar dan berakar jauh ke dalam masyarakat. Satu-satunya orang yang saya kenal mampu menjatuhkan seluruh pendirian adalah dia. Tapi dia membutuhkan dorongan itu, persaingan itu, saya. Jadi saya membuat diri saya terpilih sebagai duta mahasiswa kedutaan dan mencoba yang terbaik untuk tampil terlibat asmara dengannya di depan umum. Saat itulah dia mulai bertanya-tanya tentang hal itu, mencari tahu apa yang salah dengan sistem dan mencoba membentuk pemberontakan terhadap Kedutaan Besar. Mudah baginya untuk merebutnya. Saya adalah perwakilan sekolah saya untuk Kedutaan Besar sementara dia telah berhasil membentuk pemberontakan melawannya. Mereka berbagi sekolah yang sama, pendapat yang sama, mimpi yang sama dan tujuan yang sama. Ketika dia berhenti sering mengunjungi "Elixir and Frog legs", saya sedih kehilangan teman tersayang saya tetapi senang bahwa saya telah menggerakkan sesuatu yang luar biasa.


Saya menempatkan langkah terakhir saya, memindahkan uskup saya dan menyudutkan Rajanya sepenuhnya dengan bantuan Ksatria yang telah saya tempatkan secara strategis sebelumnya. 'Periksa!' Saya bilang. Senyum di wajahnya menghilang. Tetesan keringat menutupi dahinya. Dia tahu apa yang terjadi, meskipun dia belum pernah mengalaminya sebelumnya. Mengalahkan. Aku mengalihkan pandanganku ke koran yang terlipat rapi di pangkuanku. Artikel di halaman pertama adalah "Sekolah Kematian" yang merayakan kebebasan baru mereka. Meskipun dia telah mundur dari perang, teman-temannya memastikan semua larangan dan agenda dicabut dari mereka dan sekolah mereka. Kedutaan Besar, untuk pertama kalinya dalam sejarah, telah melihat apa yang mampu dilakukan oleh para siswa "Sekolah Kematian". Tuntutan mereka adil dan adil. Untuk memotong kaki yang membuat mereka hancur di bawah sepatu bot mereka begitu lama, mereka menjadi tangan yang lebih besar dan mendorongnya ke tenggorokan mereka kembali. Tiga milenium yang lalu, kami berdua bertarung dalam kegelapan. Selama hampir sepuluh bulan sampai kami melihat cahaya untuk pertama kalinya. Dia pikir dia lebih cepat menjangkau ke arah terang tetapi kenyataannya adalah, saya telah membiarkannya. Dari sana dan seterusnya saya adalah musuh bebuyutannya. Dia tidak tahu lebih baik. Dan setiap kali dia mengira dia menang, itu hanya karena aku membiarkannya. Sensasi mencengkeram tiba-tiba terbentuk di sekitar lenganku. Itu mendorong jalannya ke dadaku. Aku memegang tanganku yang lain di dada dan gemetar di kursiku. Dia menyadarinya hanya ketika saya meraba-raba kursi roda dan jatuh ke lantai. Dia datang bergegas ke sisiku. Dia berteriak padanya. Dia juga segera berada di sampingku, memegangi kepalaku di pangkuannya. Dia goyah tangannya di udara, bersiap untuk mengucapkan mantra. 'N-N-Tidak' kataku padanya. Saya tahu perasaan ini dengan sangat baik. Ini adalah ketiga kalinya saya mengalaminya. Aku memegang kerah bajunya dan menariknya ke arahku. Aku mendekatkannya dan berbisik di telinganya 'Skakmat, jalang!' Dia tidak menanggapi. Aku melepaskan kerah bajunya dan jatuh ke lantai. Aku memejamkan mata. Saya bahagia. Sangat sangat bahagia. Saya tidak hanya mengalahkannya dalam catur hari ini, tetapi saya juga telah mengalahkannya dalam hidup. Dan sekarang, saya telah mengalahkannya dalam kematian juga.






."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...