Setengah lainnya

Setengah lainnya




Dahulu kala saya meninggalkan kampung halaman saya Caracas untuk tinggal di pedesaan dan sekarang saya telah kembali. Lebih dari empat puluh tahun berlalu dan, meskipun kota ini terlihat sama, banyak bangunan tua telah dihancurkan dan yang baru dibangun, yang lain baru saja direnovasi sehingga memberi mereka tampilan yang lebih bagus.

Saya menikmati masa pensiun saya baru-baru ini dan karena saya tidak memiliki hal yang lebih baik untuk dilakukan selain jalan-jalan, saya memutuskan untuk berjalan-jalan dariChacaito, di mana saya tinggal saat ini ke Petare, hampir sembilan kilometer, sesuatu yang saya lakukan hampir setiap hari selama tahun-tahun praremaja saya, saat tinggal di daerah yang sama.

Saat itu masih pagi. Waktu yang hampir ajaib antara sekolah pukul tujuh dan bekerja pukul sembilan. Cuacanya sangat lezat. Sejuk dengan angin sepoi-sepoi yang lambat dan stabil bertiup di wajah saya, menjaga suhu pada sembilan belas Celcius. Hebat!

Bisnis bersiap-siap untuk dibuka dan sebagian besar restoran di kedua sisi jalan melakukan bisnis dengan cepat. Orang-orang makan sambil berdiri atau duduk di bangku. Sangat sedikit meja yang ditempati karena sarapan sebelum bekerja adalah makanan cepat saji dan kopi.

Saya berjalan dengan kecepatan santai, menikmati pemandangan. Bangunan, baik baru atau direnovasi, dengan fasad berwarna kaca mengkilap, memberi saya kualitas warna-warni yang membuat saya berhenti, menarik napas dalam-dalam, dan, wham! Saya dikejutkan oleh bau yang tidak saya rasakan sejak kecil. Aku menoleh ke sini dan itu, mencari asal usul bau yang begitu indah.

Sana! Di sudut jalanMirandadan jalanLa Joya. Ya Tuhan. Saya dibawa kembali ke mungkin lima puluh tahun yang lalu ketika saya berusia sepuluh tahun, mungkin kurang, berjalan bergandengan tangan dengan ibu saya, dan mencium sesuatu yang indah. Dia telah memarkir mobil dua blok jauhnya dan kami berjalan kepanaderíaini secara khusus di sini di sudut yang sama untuk makan camilan dan membeli roti manis untuk dimakan di rumah bersama anggota keluarga lainnya. Aku menarik napas dalam-dalam lagi. Saya hanya harus melakukannya. Sííí. Astaga, aku suka bau itu. Saya ingat dengan jelas semua itu.

Ingatan saya tentang hari yang telah lama berlalu itu menjadi begitu jelas sehingga saya merasakan tangan hangat ibu saya memegang tangan saya sewaktu kami menyeberang jalan, berjalan empat langkah ke atas, dan memasuki toko roti. Hari ini saya melakukan hal yang sama, dikurangi bagian memegang tangan. Saya menyeberangi jalanJoyadan berdiri di depan bangunan sudut bundar yang menampungpanadería yang sama. Perjalanan waktu yang luar biasa. Aku harus memberitahumu. Bau yang datang darinya hampir mengalahkan indra saya, itu menggiurkan, menggugah selera, nikmat, lezat, menyenangkan, enak, menyenangkan, untuk hanya mengatakan beberapa kata sifat.

Saya menaiki anak tangga tua yang sama, memakai empat anak tangga, dan memasuki bisnis yang telah direnovasi dengan penghitung baja dan kaca yang mengkilap. Ada antrian untuk memesan, yang lain untuk membayar dan yang ketiga untuk mengambil barang. Tidak ada kursi, tidak ada meja. Hanya meja marmer di sepanjang satu dinding bagi orang-orang untuk makan barang mereka dan minum minuman mereka berdiri. Semua orang tampak kekurangan waktu. Pelanggan sedang terburu-buru, karyawan bergegas, dua kasir buru-buru mengerjakan mesin kasir dan terminal pembayaran. Saya hanya berdiri di tengah kekacauan kecil itu, menerima semuanya, dengan nyaman.

Baguette Prancis. Roti Italia. Roti susu manis. Roti petani. Roti asam. Roti sandwich. Croissant. Flatbread. Roti buah. Hamburger dan roti hot-dog. Roti gandum utuh. Bagel. Kemudian, roti dan kue kering khas kami, seperti quesadilla, yang tidak sepertiquesadilla Meksiko, kami adalah roti tipis berbentuk bintang lembut yang manis, dengan campuran cheesy manis di atasnya, dan, apa yang saya anggap sebagai raja dari semua roti manis, el golfeado, gulungan khas Venezuela yang diisi dengan keju putih parut yang direndam dalam sirup tebu gelap, yang rasanya seperti kemuliaan di surga.

Sejujurnya, saya tidak tahu harus memilih apa. Seperti biasa dalam hidup saya, kecuali saya harus bertemu seseorang untuk minum kopi atau sarapan, jangan pernah meninggalkan rumah tanpa makanan terpenting hari itu di perut saya. Memilih di lingkungan yang menggiurkan itu terasa seperti kerakusan yang berdosa. Saya rasa saya menghabiskan hampir dua puluh menit hanya dengan melihat semua roti itu, membiarkan baunya menghamili pakaian saya, selera saya, dan pikiran saya.

Akhirnya, saya memutuskan untuk makan siang pada pukul setengah delapan pagi. Saya memilihgolfeadodenganqueso de mano, keju berlapis segar yang lembut sedikit asin, dancachito, setengah bulan adonan gulung yang diisi dengan ham parut. Kopi besar dengan susu melengkapi pesanan saya. Saya diberi tiket kertas untuk membayar pesanan saya, berdiri dalam antrian pembayaran selama hampir lima menit, dibayar, dan diberi tiket untuk mengambil konsumsi saya, yang diberikan kepada saya dalam dua piring plastik dan gelas plastik yang diisi ke tepi dengan kopi panas.

Saya membuat antrean ke tempat bebas di konter untuk mengatur makanan saya. Kopi panas membakar ujung jari saya dan dengan tergesa-gesa meletakkan cangkir saya memercikkan sebagian ke marmer. Wah. Sungguh cobaan berat. Setelah menyeka tangan saya di celana, tidak ada serbet kertas yang tersedia karena pemilikpanaderíaadalah pedagang murah, saya mengunyah terlebih dahulu digolfeadosaya denganqueso de manodi atasnya. Butuh beberapa menit lama mengunyah lambat bercampur dengan dengungan dan desahan kegembiraan murni, dicuci dengan kopi yang tidak begitu berkesan.

Selama beberapa detik, saya mempertimbangkan untuk meminta tas doggie untuk membawapulang cachitosaya, tetapi masih hangat dan baunya tercium dengan menarik ke hidung saya jadi saya memutuskan, kemudian dan di sana, bahwa jika saya telah melakukan dosa kerakusan, saya mungkin juga terus melakukannya. Saya menggigitcachito dalam jumlah besar. Merasakan sesuatu yang renyah dan, izinkan saya memberi tahu Anda, itu bukanlah sesuatu yang seharusnya terjadi dalam roti lembut yang diisi dengan ham parut, itu bahkan tidak normal. Aku membeku dan menutup mulutku, tidak bergerak. Dengan tangan gemetar dan perut mual, aku melihatcachitoyang digigit di tanganku. Setengah kecoa terjebak di dalamnya ...

Rakus. Saya tahu, pada saat yang sangat tepat itu, dengan separuh kecoa lainnya di dalam mulut saya, bahwa saya membayar dosa kerakusan saya. Sarapan saya yang sebenarnya dan makan siang saya yang sangat awal dimuntahkan di sana, di mana X menandai tempat itu.


."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...