Merasa bebas

Merasa bebas




Itu mengalir pada saat kami meninggalkan film. Langit adalah warna gelap dan berat, hijau kasar bercampur dengan banyak coklat dan hitam, bagaimana ia mendapatkan setelah berhari-hari panas yang menyesakkan. Jenis hujan yang ingin disambut, sejak sore sebelumnya telah dihabiskan untuk berlari dari kondisi udara ke kondisi udara, mencoba untuk mengurangi perlombaan keringat yang dilakukan dari pelipis ke pipi seseorang dan dengan canggung mendarat di tempat-tempat yang sangat malu untuk dipikirkan. Jenis hujan yang membuat orang-orang seperti kita- enggan membawa barang-barang yang tidak estetis di depan umum berdasarkan keyakinan yang terinternalisasi bahwa seseorang entah bagaimana selalu terhindar secara ajaib ketika datang ke fenomena meteorologi.

Jadi kami menemukan diri kami, antara marquise yang berubah menjadi tempat berlindung dan yang berikutnya, mencoba melindungi tas kami dari hujan. Jo sedang membahas tentang film yang baru saja kita lihat, produksi indie, distopik tentang realitas masa depan yang sebenarnya adalah masa lalu, seperti umat manusia telah mencapai akhir garis waktu dan dipaksa untuk mundur ke zaman sebelumnya alih-alih maju ke depan (apa pun artinya ini). Lampu jalan melemparkan bayangan berbentuk aneh di wajah Jo, membuatnya terlihat seperti bulu mata yang terpantul di pipinya adalah cabang kurus dari pohon tak berdaun.

Maksudku, bukankah itu hanya tamparan sempurna di wajah orang-orang yang memuliakan masa lalu, katanya sambil membuka kembali kantong popcorn yang belum dia buang dan mulai mengunyah potongan-potongan jagung yang ditiup. Seperti mereka tidak pernah memperhatikan hak istimewa yang melekat yang ada dalam diberikan kemewahan nostalgia atas era yang lalu. Pidatonya tergesa-gesa dan di depan dirinya sendiri, seperti dia perlu mengeluarkan semuanya sebelum dia kehilangan tinta yang mulai mendidih di benaknya selama pemutaran.

Saya mulai terbiasa dengan tingkat keramahan dengannya. Untuk menjadi orang yang dia undang ke daftar panjang kegiatan budaya yang dia kemas hari-harinya. Untuk menjadi tangan yang akan dia cubit beberapa kali saat menonton film, cara yang dia lakukan setiap kali dia terlalu gugup untuk menonton apa yang ada di layar, menutupi wajahnya dengan satu tangan dan meremas tanganku yang menganggur dengan tangan lainnya. Sebenarnya lucu ketika dia melakukannya, menggagalkan penglihatannya tetapi masih bisa mendengarkan apa yang terjadi dan bereaksi berlebihan, seolah-olah tangannya hanyalah lapisan perlindungan yang dapat ditembus, namun perlu terhadap kesulitan yang dia yakini tidak bisa dia tangani, tetapi diam-diam bisa.

Dan ketika gadis itu menemukan bahwa masa lalu hanyalah ilusi? Bahwa sekeras apa pun kita berusaha mengatasinya, itu akan selalu mengikat kita, secara kolektif. Kami menghidupkannya kembali setiap hari. Itu hanya jenius belaka! Jo melanjutkan, semakin bersinar setelah setiap kesimpulan yang sepertinya dia dapatkan dari udara tipis, membuat semua akal yang dia butuhkan untuk membuatnya pada saat itu.

Saya biasanya merasa jawaban saya di bawah apa pun yang akan dikatakan Jo, bukan karena dia lebih pintar dari saya atau semacamnya, tetapi karena hal-hal tampaknya menggerakkan Jo dengan cara yang tidak pernah saya rasakan mereka dapat menggerakkan saya. Kehidupan, secara umum, tampak seperti laboratorium pengalaman yang besar ini dan Jo memastikan dia tahu setiap bahan kimia dan menyaksikan setiap ledakan - tidak disengaja atau disengaja.

Bahkan jika sebagian besar hal yang dia katakan tidak pernah masuk akal bagi saya, saya merasakan keinginan, kebutuhan, untuk dekat dengannya. Untuk menyaksikan kehidupan menontonnya dan menikmati apa yang dia temukan. Dia adalah pintu saya ke realitas lain dan saya tahu bagaimana dia mendapatkan rasa kepuasan yang besar dalam fakta itu. Bagaimana dia tumbuh dari mengetahui bahwa dia adalah sistem planet seseorang dan satu-satunya titik fokus untuk berapa lama dia menginginkannya.

Jadi Anda mengatakan sama sekali tidak ada perbedaan di dunia saat ini dan yang ada di tahun 1920-an? Saya bertanya ketika mata saya menyesuaikan diri dengan kecerahan yang lewat dari armada kendaraan yang tak terduga turun ke jalan.

Saya mengatakan hal-hal berubah pada tingkat yang dangkal. Mungkin kita menganggap mereka berbeda dan mereka mungkin juga melihat bagian itu, tetapi jika kita membangkitkan kenyataan hanya sedikit, semua bagian berdarah, kotor dari permukaan masa lalu dan ... Boom! katanya sambil menjentikkan jari mungilnya, Sepertinya kita kembali ke seratus tahun yang lalu ... begitu saja. Pernahkah Anda berpikir mungkin itu sebabnya kita mendapatkan perasaan begitu sedikit yang berubah?

Secara historis?

Ya...

Yah kita tidak akan diizinkan keluar jika masih di tahun 1920-an, jadi saya pikir banyak hal telah berubah.

Oke, tentu. Tetapi seberapa sering Anda memperhatikan orang-orang yang mencoba menunjukkan bahwa mereka terlihat nyaman di sekitar kita? Upaya konyol di wajah orang-orang ketika mereka tahu mereka harus berusaha sangat keras untuk berpura-pura itu semua "normal"? Dia melemparkan tinju tipisnya ke udara menempatkan kutipan pada kata terakhir saat dia mengatakannya.

Namun, ini tidak seperti kita menghadapi hukuman mati setiap kali kita berjalan keluar dari pintu kita, kataku ketika aku melihat Jo mengambil beberapa langkah lebih jauh dariku, menarik rambutnya ke atas dengan sanggul longgar dan menyulap energi yang dia butuhkan untuk membalasku. Hujan semakin tenang dari menit ke menit dan dia bahkan meninggalkan marquise-berubah-gelembung-kecil-kita sendiri untuk membiarkan beberapa tetes jatuh ke wajahnya. Itu adalah caranya menunjukkan bahwa dia merasa tertantang, seperti ide-idenya sedang diancam atau setidaknya, sangat salah dipahami.

Ini adalah perasaan aneh untuk dibawa, gagasan bahwa ada bagian dari orang lain yang tidak akan pernah bisa Anda pahami sepenuhnya. Bukan karena kurangnya minat atau keinginan atau apa pun yang Anda ingin menyebutnya, tetapi karena jarak yang mendasar dan mendasar antara Anda dan yang lain. Saya merasa bahwa terus-menerus dengan Jo, tetapi saya juga merasa dia terangsang ini adalah banyak orang yang berbeda, bukan hanya saya. Seperti pahlawan wanita dalam film, dia sendiri tampaknya datang untuk alam semesta paralel atau- karena kurangnya waktu bahasa yang lebih baik. Seolah-olah dia lahir di era yang jauh dari pemahaman kontemporer saya bahwa realitas kognitif kita memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda.

Anda melihatnya dari terlalu dekat! Jo berkata dengan nada keras saat dia mendekati tempat penampungan kami sekali lagi. Apakah Anda benar-benar percaya bahwa hari ini sangat berbeda dari abad terakhir karena kita dapat berpegangan tangan atau mencium satu sama lain di depan umum? Apakah menurut Anda ini jujur berarti kita lebih bebas? Atau setara? Ketika seluruh gagasan masyarakat kita tentang kebebasan masih dibangun di atas kita sebagai berbeda ... dan... dan tertindas dan dikendalikan? Oke, ada perubahan kecil, tapi semuanya ada di sini di permukaan. Jika kita meletakkan lensa pembesar sekecil apa pun di tempat kita berdiri hari ini, tidak dapat disangkal untuk melihat betapa miripnya dengan periode waktu yang kita sebut "masa lalu".

Bukankah itu hanya pandangan berlebihan pada situasi Jo? Bagaimana kita bisa merasa bahagia jika kita melihat hidup kita seperti itu? Kataku sambil mengambil beberapa langkah hati-hati ke arahnya, meletakkan helai rambut karamel yang jatuh di wajahnya dan menyelipkannya di atas telinganya. Uap panas dari napasnya menyentuh tanganku dan mengirim beberapa rasa dingin ke leherku.

Lihatlah hidup kita seperti apa... Jujur? Kami telah melihat apa yang dapat dilakukan penyangkalan terhadap suatu bangsa, menurut Anda itulah cara untuk terus berjalan?

Saya tidak bisa mengatakan apa cara untuk terus berjalan. Saya tidak tahu apa yang saya pikirkan atau ingin pikirkan pada saat itu. Yang saya tahu adalah bahwa saya akan senang tinggal di sana, tidak terganggu dan secara ajaib diselamatkan oleh entitas penuh teka-teki yang telah kami diskusikan selama satu jam terakhir. Saya ingin semuanya dan apa pun berhenti berputar dan sebaliknya memberi saya izin untuk berdiri diam, persis di tempat saya berada, untuk waktu yang lama itu mungkin.

Tapi Jo meraih tanganku, menarikku keluar dari bawah marquise dan dengan caranya sendiri yang kesal namun masih anggun, mulai mengantar kami pulang.


By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...