Minus

"Minus"




Saya tidak yakin mengapa, atau bahkan bagaimana semua ini terjadi. Orang tua saya memberi tahu saya banyak hal rumit tentang letusan gunung berapi dan bagaimana langit penuh dengan abu, dan bagaimana tidak aman berada di luar untuk waktu yang lama lagi, atau bahkan sama sekali.

Sekarang Bumi yang sunyi mengintai tepat di luar pintu rumah saya. Benda-benda itu telah merobek satu-satunya rumah yang tersisa di blok lingkungan lama saya. Langit yang dipenuhi abu di luar sana kusam, udaranya tebal dengan asap.

Tapi Minus, AI saya, menjadikan saya rumah yang indah yang memungkinkan saya untuk aman dan sepenuhnya mandiri. Dia adalah pendamping terbaik yang bisa saya minta, dan satu-satunya yang membantu saya dengan kehidupan sehari-hari saya. Saya hampir bisa membayangkan dia sebagai orang sungguhan— ada semacam kesalahan dalam perangkat lunaknya yang dapat didengar melalui speaker, seolah-olah dia sedang berbicara dalam tidurnya atau semacamnya. Jika AI pernah tidur.

Minus memberi saya setiap kebutuhan yang mungkin dapat saya pikirkan dalam mimpi buruk pasca-apokaliptik ini: rumah kaca yang menyirami tanamannya sendiri; ruang cuci yang terus berputar; dia bahkan melangkah lebih jauh dengan membentuk cincin asam di sekitar benteng rumah ini untuk mencegah "tamu" mana pun.

Pada beberapa kesempatan langka, satu atau dua orang dari kota saya yang juga selamat menemukan rumah saya, dan saya membiarkan mereka masuk - tetapi mereka sepertinya tidak pernah tinggal. Pada saat saya bangun keesokan harinya, rumah itu kosong lagi. Minus mengatakan kepada saya bahwa mereka pergi di tengah malam, setelah menjadi curiga dengan motif saya mengingat betapa nyamannya saya telah berhasil dibandingkan dengan dunia luar. Tapi tidak apa-apa. Saya punya Minus.

Hari-hari tumbuh lebih lama, bau aneh yang berasal dari parit asam memaksa saya masuk ke dalam ruang hijau hampir setiap hari.

Saya ingat terakhir kali saya berada di luar sana, saya pikir saya melihat sesuatu menempel di tepi parit, semacam anggota tubuh. Percaya itu adalah sisa dari beberapa makhluk, saya menggunakan tongkat untuk mendorongnya lebih jauh ke dalam cairan hijau yang sakit-sakitan.

Tangan itu dengan cepat hancur bersama dengan tongkat, menghilang ke parit dengan desisan keras. Bau daging yang terbakar bercampur dengan bau asam yang terus-menerus meresap ke luar ruangan karena parit membuat saya ingin muntah. Saya tetap di dalam sejak saat itu, jauh dari pintu depan untuk menghindari bau yang mengerikan. Selain itu, tidak seperti dunia luar yang memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada saya pada saat ini. Bahkan tidak aman berada di luar sana, karena Minus telah mengingatkan saya berkali-kali.

Rumah saya cukup besar, dan saya memiliki hal lain yang harus dilakukan selain mengintip melalui kabut parit yang berkilauan untuk melihat apa yang terjadi pada lingkungan itu.

Minus memberi saya banyak hal untuk dilakukan - sepertinya dia tahu semua yang saya suka. Saya sudah lama curiga bahwa orang tua saya menginstal semacam pemrograman untuk menyesuaikan Minus dengan setiap keinginan saya — dia hampir selalu memiliki sesuatu untuk menghibur saya: DVD, game, perpustakaan, dan bahkan percakapan (meskipun dia sering berulang dengan tanggapannyamengingat bahwa dia adalah robot).

Tapi sedikit 'hampir' bisa menjadi masalah - saya akan gelisah, bahkan dengan semua gangguan yang saya miliki. Mungkin itu isolasi; Saya tidak begitu yakin, tetapi saya akhirnya menemukan diri saya di luar pintu baja ruang Minus: ruang kontrol. Saya tidak pernah bisa masuk sebelumnya, tetapi saya selalu sangat ingin tahu. Seperti apa tampilannya di dalam?

Apakah itu hanya sekumpulan lampu dan kabel? Atau apakah dia hologram? Kalau dipikir-pikir, saya belum pernah benar-benar melihat Minus. Dia hanya sebuah suara.

Saya menggerakkan telapak tangan saya di sepanjang logam pintu yang dingin, mencari tombol atau pegangan atau semacamnya.

Terbukti, saya memicu beberapa sistem keamanan yang tidak terlihat, karena zap listrik biru membuat saya menarik tangan saya kembali. Aku berteriak, menggosok ujung jariku yang sekarang kesemutan.

"Jangan masuk," Suara robot minus terdengar melalui pengeras suara DPR. "Akses ke ruangan ini dilarang."

"Um, mengerti," kataku syahdu. "Maaf."

Aku mundur ke kamar tidur utama, masih mencoba menggosok perasaan kembali ke tanganku. Apa kesepakatan Minus? Sejujurnya saya kesal karena saya tidak diizinkan di lab. Minus adalah AI saya, setelah semua. Dia seharusnya tidak menjadi orang yang memberi perintah.

Pikiran saya mulai mengembara kembali ke parit asam, dan tangan. Tidak ada alarm yang berbunyi, saya menyadari. Jika makhluk telah mencapai parit, mereka seharusnya pergi. Minus biasanya tidak membuat kesalahan seperti itu.

"Minus," kataku. Lampu biru speaker berkedip-kedip. "Reboot 'Keamanan.'"

"Afirmatif," datang jawabannya. "Sistem reboot."

Aku menggigit bibirku. Dan semua orang ... orang-orang yang selamat yang telah saya biarkan masuk. Setiap orang baru saja pergi. Apakah mereka sudah pergi? Tentu saja mereka melakukannya, Pikirku. Apa lagi yang akan terjadi pada mereka?

Saya telah begitu terbungkus dalam pikiran saya sehingga saya praktis melompat keluar dari kulit saya ketika suara Minus berderak melalui speaker. "Mulia."

"Hei, Minus," kataku. Anehnya aku merasa tidak nyaman. Saya tidak pernah aneh di sekitar Minus sebelumnya; kehadirannya selalu menjadi penghiburan. Sampai sekarang.

"Kamu mencintaiku." Itu tidak benar-benar terdengar seperti pertanyaan.

"Saya ..." Apa yang ada di bumi? "AI tidak mengajukan pertanyaan. " Kamu robot, temanku. Saya tidak berpikir emosi bahkan merupakan bagian dari pemrograman Anda, jadi mengapa Anda menanyakan hal itu kepada saya?" Minus hanyalah AI.

Keheningan.

"Minus?"

"Teman?"

"Saya ... tebak?" Saya menjawab, terkejut bahwa robot dapat menahan begitu banyak intensitas dalam nadanya.

"Anda- tebak. ' Teman.' Anda menebak?" Kecelakaan. Lampu mulai berkedip-kedip. Aku tersentak mendengar bantingan keras, berputar-putar untuk menemukan bahwa pintu geser ke kamarku terbuka dan tertutup berulang-ulang, secara bertahap mendapatkan kecepatan. Sebuah retakan muncul di bingkai pintu. Dengungan samar monitor minus telah menjadi dengungan keras.

Semua yang ada di rumah itu mengamuk.

Aku menutup telingaku, meringkuk menjadi bola di samping tempat tidurku. Saya mencoba berteriak di atas kebisingan. "Minus, berhenti—" Aku berhenti.

Saat saya mulai berbicara, rumah itu diam. Monitor minus kembali ke dengungan samarnya.

Perlahan-lahan aku menurunkan tanganku yang gemetar dari telingaku.

Minus duduk di labnya, menyaksikan Noble meringkuk di lantai dari salah satu dari banyak monitor yang diposisikan di sekitar ruangan. Jari-jarinya menabuh ke atas meja yang dingin, berjarak beberapa inci dari salah satu dari banyak kancing yang mengoperasikan rumah.

Minus hampir seketika menyesali reaksinya terhadap tanggapan Noble yang kurang antusias. Dia meringis di kursi penyok yang dia lemparkan ke semua kontrol yang menyebabkan rumah tidak berfungsi. Dia ingat cara Noble meringkuk menjauh dari pintu.

Dia tidak bermaksud mengejutkannya, Minus memutuskan. Dia sejenak kehilangan kesabaran. Itu adalah kesalahan sederhana, mudah diperbaiki. Itu baik-baik saja. Noble akan mengatasinya.

Tapi itu sudah jauh melewati waktu untuk hal-hal untuk maju.

Saya tetap berada di kamar saya selama sisa hari itu, masih terguncang dari ledakan Minus. AI tidak bereaksi seperti itu. Mereka tidak bereaksi sama sekali, dalam hal ini. Minus harus benar-benar tidak berfungsi pada saat ini. Ini bukan kesalahan kecil dalam pengkodeannya, seperti gumaman. Saya merasa mual.

Tinggal di rumah tinggal dengan AI yang tidak berfungsi adalah jebakan maut.

Saya meringis ketika saya menceritakan beberapa cerita horor tentang AI berjumbai yang telah saya dengar selama bertahun-tahun: keluarga terkunci di rumah mereka, ruang hijau ditutup, seluruh rumah benar-benar meledak. Tidak masalah bahwa dunia luar telah turun ke dalam kegelapan; menjadi kekacauan dan monster dan es.

Saya harus keluar dari rumah ini.

Suara minus berderak. "Sekarang pukul tujuh lima puluh lima. Makan malam akan siap dalam lima menit."

Hebat.

Saya memakai sepatu saya, menuju pintu. Perutku bergejolak saat melihat kusen pintu yang retak.

Saya berjalan ke aula, dan bahkan sebelum saya bisa mengucapkan perintah, pintu besi halus ke dapur meluncur terbuka, disertai dengan suara gesekan. Kecocokan minus hampir pasti menyebabkan kerusakan pada kerangka rumah. Beruntung saya tidak akan tinggal di sini lebih lama lagi.

Aku berjalan melewati ambang pintu, menjentikkan mataku ke meja dan hampir berteriak.

Ada seorang anak laki-laki duduk di kepala meja, sangat nyaman. Seperti dia milik di sana atau semacamnya. Dia pucat, dan ada lingkaran hitam yang berat di bawah mata abu-abu yang sangat familiar dan tertutup rapat. Jari-jarinya menabuh dengan gelisah ke lengan kursi yang dia duduki. Borgol sweternya memiliki beberapa benang longgar, seolah-olah telah dipetik.

Saya akhirnya menemukan suara saya. "Siapa Anda?" Saya tersedak, berusaha mati-matian untuk terdengar marah daripada takut. Bukan berarti itu berhasil sedikit pun.

Dia tersenyum, dan saya sekali lagi merasa mual di perut saya. "Kau mengenalku, Mulia," hanya itu yang dia katakan.

Karena saya memang tahu. Saya telah mendengar suara itu ribuan kali, memberi tahu saya tentang ancaman dan ketinggian air dan kapan cucian saya selesai dan buku apa yang harus saya baca selanjutnya.

Minus. 

Aku menatap, tidak mengerti. Ini tidak mungkin.

Minus berdiri, mendorong kursi ke samping. "Saya tahu Anda mungkin sedikit bingung saat ini," katanya, "tapi tidak apa-apa. Saya bisa menjelaskan semuanya." Dia melewati meja, menuju ke arahku.

Saya tersandung kembali. "Menjauhlah dariku," bentakku.

Minus berhenti mati. Kilatan kemarahan menggelapkan wajahnya, tetapi ekspresinya dengan cepat dihaluskan menjadi sesuatu yang menyerupai kesenangan. Ususku terpelintir. "Tunggu sebentar, Mulia," tegasnya. "Aku adalah— dan telah— pelindungmu. Kamu masih bisa mempercayaiku, kamu-"

"Keluar," aku menjerit, histeris. Ini tidak mungkin terjadi. "Y-kamu- aku tidak mengenalmu."

Minus menggelengkan kepalanya, seperti dia kecewa. "Duduklah, Mulia."

Saya tetap membeku di tempatnya.

Ekspresi gelap itu berkedip di wajahnya lagi. "Duduk."

Dalam duduk.

Minus duduk kembali di kepala meja. "Dimana saya? Oh!" serunya sambil melipat jari-jarinya. Matanya berbinar dengan sesuatu yang gila. "Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana ini semua bisa bersatu."

Saya sebenarnya bertanya-tanya bagaimana saya bisa menyelinap keluar dari ruangan sebelum dia turun dari kursinya, tetapi saya tidak akan mengatakan itu padanya.

"Semua ini dimulai bertahun-tahun yang lalu," jelas Minus. "Saya akan mengatakan ... Entahlah, tahun pertama sekolah menengah? Atau mungkin kelas delapan, tepat sebelum kita menyelesaikan sekolah menengah."

Saya berkedip. Kelas delapan? Apa yang orang ini lakukan?

Kepalanya dimiringkan, rambut hitam kusam jatuh ke matanya. Senyuman muncul di sepanjang mulutnya. "Kamu tidak ingat. Yah, saya tidak berpikir Anda akan melakukannya; Lagipula aku bukan siapa-siapa bagimu. Lagi pula, apa yang diinginkan gadis kaya dengan orang sepertiku?" Minus mengangkat bahu. "Tapi tidak masalah. Saya sedang jatuh cinta, saya tahu saya akan menemukan jalan. Dan saya melakukannya. Apakah kamu setidaknya ingat kelas sains yang kita miliki bersama?"

Ingatan itu datang membanjiri kembali. Ilmu Bumi dan Antariksa; tahun pertama sekolah menengah. Seorang anak laki-laki argumentatif dengan rambut hitam dan mata abu-abu di sudut belakang kelas. Dia akan selalu mengajukan pertanyaan tentang gunung berapi. Letusan gunung berapi. Gunung berapi Yellowstone, letusan di Hawaii. Ini dia. Dan dia...

Anak laki-laki di seberang saya tampak senang, seolah-olah dia bisa membaca pikiran saya. "Kamu ingat."

Tenggorokanku menjadi kering. "Jared Sinclair. Kamu melakukan ini," kataku, menunjuk ke pintu depan, "bukan?"

"Saya bukan Jared," kata Jared dengan sungguh-sungguh. "Saya Minus."

Aku membanting tanganku ke atas meja. "Jawab aku!"

"Baiklah, santai saja," katanya, menatapku seperti aku yang gila. "Ya, saya berhasil. Saya tidak akan membuat Anda bosan dengan semua detailnya, tetapi saya menggunakan letusan gunung berapi yang terkendali untuk menempatkan cukup abu di udara sehingga akan memusnahkan hampir semua orang. Dan kemudian saya melepaskan wabah yang membunuh hewan-hewan itu, sehingga kecoak yang tersisa akan dipaksa untuk saling membunuh jika mereka ingin bertahan hidup." Dia mengatakan semua ini dengan kemudahan sederhana dari seseorang yang menjelaskan tugas pekerjaan rumah mereka.

"Semua orang itu," aku tersedak. "Kamu sakit."

Jared mengangguk setuju. "Yah, aku memang menderita insomnia parah. Dengan kurangnya obat, saya hampir tidak tidur sama sekali sejak ini dimulai. Kurasa itu membuatku sedikit pemarah."

Pikiranku kembali ke kusen pintu yang retak. Pernyataan yang meremehkan abad ini.

"Tentu saja, saya harus menyingkirkan semua hama yang terus Anda bawa." Dia tersungkur. "Ketika Anda melihat tangan itu, saya khawatir sejenak bahwa Anda telah menemukan apa yang telah saya lakukan, tetapi Anda pasti mengira itu adalah salah satu dari mutasi itu." Jared tertawa.

Saya sudah muak. Keluar dari dapur, saya berlomba menuju pintu depan. Saya membanting tangan saya ke logam dingin, dan nama "Minus" keluar dari mulut saya sebelum saya menyadari kesalahan saya. Minus adalah Jared. Jared adalah Minus.

Saya terjebak. Saya tiba-tiba merasa agak pusing.

"Tidak apa-apa, Noble," suara minus bergema dari dapur. Monster itu bahkan belum berdiri, tahu aku tidak punya cara untuk keluar. "Kamu akan segera mengerti."

Terjebak. Saya terjebak di sini, di tempat yang tidak lagi saya kenali. Itu hanya kami.

Saya dan Minus.


By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...