The Austen Era

The Austen Era




Saya selalu suka membaca, bukan karena saya punya pilihan lain. Kedua orang tua saya adalah guru sastra dan saya telah dikelilingi oleh buku-buku sepanjang hidup saya. Setelah berjam-jam mendengarkan pidato orang tua saya tentang bagaimana sastra dapat memengaruhi kehidupan seorang anak, saya akhirnya mencobanya. Beberapa penulis pertama, Tolstoy, Stendhal, Flaubert, atau Dostoevsky sebenarnya bukan "satu-satunya", jadi saya mulai melihat ke dalam sastra Inggris, dan ini dia - Jane Austen. Itu adalah hubungan cinta-benci, setidaknya pada awalnya, tetapi setelah "Sense and Sensibility", saya menemukan "Kebanggaan dan prasangka" dan saya langsung jatuh cinta. Dari beberapa halaman pertama, saya memuja Elizabeth dan saya ingin menjadi seperti dia, saya mulai berbicara seperti dia, saya mulai membaca lebih banyak dan lebih banyak lagi, hanya agar saya memiliki pendapat tentang setiap subjek. Seiring berjalannya waktu, saya bahkan mulai bertingkah seperti dia, hanya ingin dikelilingi oleh orang-orang yang suka membaca dan memiliki pendapat yang sangat kuat.

Semakin tua, menjadi dewasa saya pindah ke London untuk lebih dekat ke tempat semua keajaiban terjadi. Saya pindah ke flat dan membawa banyak buku saya. Saya tidak bisa berhenti membaca dan berkat saran teman saya, saya memutuskan untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan penerbitan, hanya agar saya bisa membaca lebih banyak lagi. Setelah berkali-kali membaca ulang buku-buku Jane Austen, saya meminjam beberapa gaya dari era itu – sekarang saya mengenakan gaun panjang yang elegan, dengan sepatu kulit dan topi setiap kali cerah atau sepasang sarung tangan setiap kali saya merasa ingin meningkatkan kepercayaan diri. Saya tidak bisa merasa cukup.

Sekarang, di sini saya, dalam perjalanan pulang, hanya untuk membaca kembali buku yang luar biasa itu sekali lagi, setelah hari yang menegangkan di tempat kerja. Ketika saya memasuki rumah, saya melepas topi dan sarung tangan saya dan meletakkannya di dekat cermin di lorong, lalu saya melepas sepatu bot kulit saya dan melihat bayangan saya – saya terlihat seperti salah satu karakternya. Saya menyalakan ketel dan pergi ke rak buku besar di ruang tamu. Ketika saya mendekatinya, saya bisa mencium aroma indah dari buku-buku tua dan debu yang hanya membawa saya kembali ke masa lalu ketika saya tinggal bersama orang tua saya dan saya biasa bermain di perpustakaan sementara mereka merah. Saya biasa mengolok-olok mereka karena menghabiskan banyak waktu membaca dan tidak memperhatikan apa yang terjadi di dunia nyata – konyol saya, mereka tahu bahwa "dunia nyata" adalah yang ada di buku, yang dapat menyeret Anda selama berjam-jam atau berhari-hari.

Saya menyeret jari saya ke semua penulis itu, masing-masing dari mereka sangat berbeda dan dalam hal yang sama sangat berbeda, bakat mereka membuat Anda ingin tersesat di dunia yang mereka ciptakan. Siapa yang akan menjadi? Seorang Bronte mungkin? Atau mungkin beberapa Shakespeare? Bagaimana dengan beberapa sastra Prancis – mungkin beberapa Dumas? Tetapi sebelum saya dapat memikirkannya lebih jauh lagi, saya meletakkan tangan saya di salah satu dari banyak salinan berbeda dari buku favorit saya yang saya miliki, "Kebanggaan dan prasangka". Peluit kecil ketel menghidupkan saya kembali dan saya berbalik dari rak buku.

Dapur kecil dipenuhi dengan bau hujan yang mengguyur di luar, bukan karena saya mengeluh, saya menikmati hujan. Saya meninggalkan buku di atas meja dan pergi untuk mematikan ketel sehingga saya bisa membuat secangkir teh yang enak untuk diri saya sendiri. Beberapa menit setelah itu, saya meletakkan cangkir panas saya. Teh di atas meja kopi dan duduk di sofa. Dengan kaki di bawah saya dan kepala di tangan saya, saya mulai membaca kalimat-kalimat yang begitu terkenal itu. Mister Bingley baru saja pindah dan nona Bennet semakin tidak sabar, meskipun Tuan Bennet kesal. Fakta bahwa ibu mereka akan bertemu Tuan Bingley, tetangga barunya, dan calon menantunya membuat semua orang tidak sabar dan setelah beberapa tarian, Charles Bingley langsung tertarik pada putri tertua Bennet, Jane yang cantik dan pemalu. Pertemuan antara temannya Darcy dan Elizabeth kurang ramah, dia menolak untuk berdansa dengannya karena dia tidak cukup cantik.

Saya terus membaca ulang beberapa bagian, saat saya meminum secangkir teh panas saya. Bau itu membuat saya merasa seperti berada di sana, di ballroom yang sama. Saya tidak takut bahwa saya tidak bisa menari di sana, ketika saya tumbuh dan menemukan literatur semacam itu, saya tahu saya harus belajar bagaimana menari tarian mereka dengan benar. Saya meletakkan cangkir saya di atas meja kopi di depan saya. Setelah beberapa jam membaca mahakarya ini dan melihat perjuangannya, Darcy dan Elizabeth melewati dan melihatnya melamarnya untuk kedua kalinya, membuat hatiku meleleh.

Saya meletakkan buku itu. Saya selalu menyukai buku ini, sejak pertama kali dibaca saya menyadari bahwa itu akan menjadi buku favorit saya. Saya pergi ke dapur dan mencuci cangkir. Mata saya terasa berat dan saya sudah cukup larut, karena matahari terbenam sudah. Dalam perjalanan ke atas, saya membawa beberapa buku lagi, kalau-kalau saya ingin membaca nanti.

Saya mencoba membaca beberapa halaman dan saya tetap tidak bisa fokus – pikiran saya masih di tempat Pemberley yang indah itu.

"Apa yang bisa saya bantu dengan nona?" pria anggun di depan saya menyapa saya dengan membungkuk.

Saya memandangnya dengan tidak percaya dan saya tidak yakin harus berkata apa padanya. Mengapa dia begitu sopan padaku? Saya menatap diri saya sendiri dan saya hampir berteriak pada kenyataan bahwa saya mengenakan gaun panjang yang indah, seperti yang dari awal abad ke-19. Itu memiliki lengan panjang dan berwarna putih dengan jaket mencolok merah muda muda yang indah. Tidak mungkin-

"Maaf Pak, tapi bisakah Anda memberi tahu saya tahun berapa ini?" gilirannya untuk melihat saya dengan tidak percaya. "Maaf, tapi sepertinya aku lupa tanggal hari ini" tambahku.

Dia memberi saya senyum manis dan memberi tahu saya bahwa ini adalah musim semi tahun 1819 - rahang saya ternganga. Saya membutuhkan semua kekuatan saya untuk menjaga senyum di wajah saya. Sekarang, mengapa saya ada di sini? Sepertinya saya berada di Inggris, berdasarkan arias di sekitar saya dan cuaca.

"Apakah Anda datang ke sini untuk bertemu nona Darcy?" pria itu bertanya lagi kepada saya, karena dia tampak agak gelisah dengan seluruh situasi. Saya mengangguk setuju. Elizabeth Bennet – Darcy sendiri. Itu saja! Saya sedang bermimpi. Oh, betapa saya berharap itu bukan hanya mimpi. Pemuda itu membawa saya ke dalam kastil dan mengirim seseorang untuk mengambil barang bawaan saya. Dia mencoba beberapa kali untuk menemukan sesuatu untuk dibicarakan – mengatakan beberapa hal tentang cuaca, atau tentang ladang yang mengelilingi Pemberley. Saya mengajukan beberapa pertanyaan lagi tentang pemilik kastil.

Saat dia membukakan pintu untukku dan membawaku ke dalam sebuah ruangan besar, penuh dengan lukisan, akhirnya aku melihatnya. Dia bahkan lebih cantik dari yang saya bayangkan – rambut cokelat mudanya jatuh di bahunya dalam gelombang yang ceroboh dan mata cokelatnya tampak seperti bersinar di bawah sinar matahari. Saya menyapanya dan sebelum saya bisa mengatakan apa-apa lagi, dia datang tepat ke arah saya dan melingkarkan lengannya di leher saya. "Senang bertemu denganmu lagi. Sudah lama sekali sejak terakhir kali aku melihatmu." Aku tersenyum padanya dan ketika dia mencoba berbicara lagi, bibirnya terbuka tetapi satu-satunya suara yang keluar dari mulutnya adalah suara keras yang mengganggu BIP!! BIIP!! BIIIIP!! Tidak! Tidak! Tidak! Belum... Saya baru saja sampai di sini, saya tidak ingin kembali ke sana.

Saya membanting tangan saya pada jam listrik sehingga akhirnya akan diam. Saya ingin tinggal di sana, hanya sedikit lebih lama. Air mata mengalir di pipiku saat aku mengingat kastil yang indah itu, dengan pemandangan yang menakjubkan dan bersama Elizabeth – itu sempurna! Mengapa saya tidak lahir di era itu? Saya ingin kembali ...


By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...