Featured post

Forever Friends

1 Corinthians 15:53-55 (NLT) For our dying bodies must be transformed into bodies that will never die; our mortal bodies must be transformed into immortal bodies. Then, when our dying bodies have been transformed into bodies that will never die,this Scripture will be fulfilled: “Death is swallowed up in victory.O death, where is your victory? O death, where is your sting?”I spent last evening in a youth service with grieving young people. The young girl killed in a horrible tragedy had touched many and her kindness rippled through the crowd as many shared of her character even at the tender age of 16. Their sobs racked my heart. Why God? The grief counselors from the local high school were there – all believers – they talked with some, embraced others tightly and prayed with those who requested it. I was moved by the Presence of God in the midst of such sorrow and heartache. Hugging her mother, I prayed peace and strength walking through this week into her new normal. I could see the …

Mengikut Yesus Keputusanku

Mengikut Yesus Keputusanku

Markus 3:7-12

Yesus dan para murid-Nya berjalan dari satu tempat ke tempat lain untuk menyatakan kemuliaan Allah. Misalnya, dengan mengajar, menyembuhkan orang sakit, mengusir roh jahat, dan sebagainya. Tidak heran jika banyak orang mengikuti Yesus. Ia selalu berusaha untuk menyatakan kebaikan bagi orang-orang yang mengikutinya dengan setia. Jangan ragu untuk mengikuti-Nya. Pasti ada kebaikan yang akan dinyatakan-Nya.

"Ada gula, ada semut" adalah peribahasa yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu fakta bahwa orang-orang akan berdatangan jika ada suatu hal yang menguntungkan bagi mereka. Hal tersebut wajar karena setiap orang pasti berusaha untuk mencari kebaikan yang menguntungkan dirinya. Karena itu, ke mana pun Yesus pergi selalu dicari dan diikuti oleh orang banyak. Pesona Yesus telah mengundang banyak orang dari berbagai daerah di sekitar Yerusalem (7). Mereka sudah mendengar banyak hal spektakuler yang dilakukan Yesus. Tidak heran apabila mereka berusaha menemui-Nya untuk melihat dan merasakan kuasa-Nya secara nyata (8).

Yesus tidak menolak banyak orang datang kepada-Nya. Ia selalu membuka tangan untuk menyambut siapa pun. Karena banyaknya orang yang berusaha menemui-Nya, Yesus memerintahkan para murid untuk menyediakan perahu agar Ia bisa berdiri di pinggir Danau Galilea di atas perahu dan orang banyak dapat memerhatikan dari tepian danau itu. Karena itu, carilah kehadiran-Nya dalam setiap keadaan. Yesus menyambut setiap orang yang mencariNya.

Hidup dalam identitas sebagai pengikut Kristus, terkadang mengalami kesulitan. Misalnya, dihina, disakiti, dan keadaan yang tidak menyenangkan lainnya. Marilah kita menjadikan hambatan dan kesusahan sebagai tantangan untuk maju dalam iman dan keteguhan. Iman kepada Yesus ditentukan dari dalam diri kita, bukan oleh keadaan di luar diri kita. Apa pun yang terjadi, marilah kita kuatkan tekad untuk tetap mengikut Yesus. Sebab, inilah iman yang sejati. [JS]

Baca Gali Alkitab 2

Markus 2:18-28

Para pemimpin agama Yahudi begitu memegang erat tradisi yang telah mereka pertahankan turun-temurun, padahal tradisi itu banyak yang tidak sesuai dengan hakikat aturan yang Tuhan buat. Maka kemudian mereka mengeluhkan ketidaktaatan atau kegagalan murid-murid Yesus dalam memelihara tradisi berpuasa (bdk. Im 16:29). Orang-orang Farisi juga berkeberatan karena Yesus memperbolehkan murid-murid-Nya melakukan sesuatu, yang mereka sebut pekerjaan, pada hari Sabat.

Apa saja yang Anda baca?
1. Mengapa murid-murid Yesus tidak berpuasa sementara murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi berpuasa (18-19)?
2. Apakah tiga perumpamaan kecil yang dikatakan Yesus memberikan jawaban atas pertanyaan di atas (19-22)? Jelaskan satu persatu.
3. Tradisi apakah yang dilanggar murid-murid Yesus ketika berada di ladang gandum pada hari Sabat (23-24)?
4. Bagaimanakah kisah Daud bisa diterapkan pada situasi yang Yesus hadapi saat itu (lih. 1Sam 21:1-6)?

Apa pesan yang Allah sampaikan kepada Anda?
1. Mengapa murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi berpuasa (18)?
2. Apakah yang dimaksud dengan anggur baru? Apakah yang dimaksud dengan kantong kulit yang tua? Mengapa keduanya tidak cocok bila disatukan?

Apa respons Anda?
1. Apakah 'anggur baru Yesus' telah mengoyakkan 'kantong kulit tua Anda'? Dalam hal apa?
2. Coba perhatikan peraturan-peraturan di gereja Anda. Adakah di antaranya yang justru membuat orang menjauhi gereja dan tidak mau kembali lagi?

Pokok Doa:
Agar pemimpin gereja secara berkala mengevaluasi peraturan gereja agar sesuai dengan panggilan gereja.

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Malam Pertama

Sepuluh Manfaat Kasih Karunia Tuhan

Menjadi Anak Penerobos Di Dalam Tuhan

Kisah Anak Penyemir Sepatu

Renungan Memperkatakan Firman Dengan Iman

Cacing Kepanasan Aja Tau

Forever Friends

Can QR Codes Be Used For Navigation?

Puisi Ruang Dan Waktu

Cerpen Hikmah Sebuah Kebaikan