Tetaplah Fokus pada Rencana Tuhan atas Hidup Anda

Bacaan Hari ini:
Lukas 9:62 “Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."


Saya bertemu dengan ribuan orang yang berkata kepada saya bahwa mereka ingin dipakai oleh Tuhan, tetapi yang tidak akan pernah dipakai oleh Tuhan. Mengapa? Karena mereka terlalu sibuk. Mereka punya agenda sendiri. Mereka punya rencana, cita-cita, dan ambisi sendiri dan mereka tidak punya waktu untuk-Nya! Di tengah kesibukan mereka, mereka mencoba menyisakan sepotong kecil waktu mereka dari jadwal kegiatan mereka dan berkata, “Saya akan memberikan ini kepada Tuhan.” Tetapi bukan seperti itu cara kerjanya.

Bila Anda serius ingin dipakai oleh Tuhan, Anda harus berkata, “Tuhan, apa yang harus saya tinggalkan? Apa yang harus saya berhenti lakukan? Hambatan-hambatan apa yang selama ini menahan saya dan yang menghambat saya untuk menjalankan perlombaan kehidupan yang Engkau telah persiapkan untuk saya?”

Ada berbagai macam rintangan yang akan menghalangi Anda melaksanakan rancangan Tuhan atas hidup Anda. Salah satu yang paling sulit: gangguan. Yesus berkata dalam Lukas 9:62 "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."

Berikut ini beberapa dari banyak hal yang bisa mengalihkan perhatian Anda dalam menajalankan misi hidup Anda:

Ekspektasi orang lain. Anda harus memutuskan siapa yang akan Anda utamakan dalam hidup. Anda hanya bisa memiliki satu nomor satu.

Hobi. Tidak ada yang salah dengan hobi atau kesukaan. Tapi jika itu mengalihkan perhatian Anda dari melakukan hal-hal yang paling penting, maka Anda harus menghentikannya. 

Masa lalu Anda. Mungkin Anda masih berpegang pada masa lalu Anda —baik itu rasa bersalah atau dendam atau kesedihan. Namun bila Anda terjebak di masa lalu, Anda tidak dapat melanjutkan masa sekarang dan pastinya tak dapat melanjutkan masa depan yang telah Tuhan rancang bagi Anda. Masa lalu Anda sudah lewat. Itu sudah berakhir! Anda harus melepaskannya.

Apa yang perlu Anda lepaskan? Alkitab mengatakan dalam 1 Korintus 10:23, “Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.” Apa maksudnya? Ini artinya: Banyak hal tidak selalu salah, tetapi yang tidak penting banyak. Hidup ini adalah pilihan, “Apakah saya akan melakukan sesuatu yang baik?” Atau “Apakah saya akan melakukan yang terbaik?"

Jika Iblis tidak bisa membuat Anda jadi orang yang buruk, maka Iblis akan membuat Anda sibuk. Ia akan membuat Anda begitu sibuk sehingga Anda tidak punya waktu untuk melakukan hal-hal penting — waktu teduh dengan Tuhan, pelayanan, dan pemberitaan Firman.

Renungkan hal ini:
- Apa hal terpenting dalam hidup Anda?
- Pikirkan beberapa hal baik yang selama ini Anda utamakan dalam hidup Anda. Bagaimana bisa hal-hal tersebut mengalihkan fokus Anda dari melaksanakan misi Tuhan atas Anda?
- Mengapa kita begitu mudah terganggu dengan hal-hal yang kelihatannya baik tapi sebenarnya bukan yang ditugaskan atas Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yeremia 1-3; Kolose 3 : 1-17

Anda harus menyederhanakan hidup Anda dan menyingkirkan segala gangguan agar Tuhan dapat memakai Anda dalam pekerjaan-Nya. Jangan coba untuk melakukan semuanya. Lakukan apa yang paling penting!
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 


No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...