Aku Akan Menempatkan Bintang-Bintang Kembali Di Langit

Aku Akan Menempatkan Bintang-Bintang Kembali Di Langit




Hal terakhir yang saya lihat adalah langit berbintang. Itu indah. Sangat cantik. Sayang sekali saya tidak pernah meluangkan waktu untuk benar-benar menghargainya sampai sekarang. Saya seharusnya belajar astronomi daripada bisnis. Sial, saya seharusnya mempelajari apa pun selain bisnis. Apa yang saya pikirkan? Tunggu, tidak, saya seharusnya tidak memikirkannya sekarang. Langit itu indah, dan hanya itu yang penting.


Saat saya menatapnya, mudah untuk melupakan bahwa saya saat ini berdarah di trotoar. Mengapa hal itu terjadi lagi? Saya tidak ingat. Tidak masalah.


"Sebenarnya, itu cukup penting."


"Yesus!"


Tiba-tiba, saya tidak melihat ke langit lagi. Aku melihat mayatku sendiri, dan itu membuat perutku sakit. Atau, yah, itu akan terjadi jika saya punya perut. Saya mencoba melihat tangan saya, tetapi saya tidak punya. Saya tidak memiliki tubuh untuk dibicarakan apa pun, dan sebaliknya tampaknya menjadi semacam kesadaran mengambang. Keren, keren, tidak apa-apa, ini baik-baik saja.


"Maaf, tapi itu bukan aku. Jika Anda beruntung, Anda akan bertemu dengannya nanti. Sebelum itu, kami memiliki beberapa pekerjaan yang perlu diselesaikan."


"Tidak, tidak, aku tidak bermaksud ... kamu hanya mengejutkanku saja." Saya katakan, mencari sumber suara. Saya tidak melihat apa-apa. "Tapi, eh, kamu siapa? Kematian? Setan?"


"Kamu menyanjungku, tapi tidak, aku tidak begitu penting. Saya Servius."


"Aduh? Maaf, tapi aku belum pernah mendengar tentangmu sebelumnya."


"Tidak perlu meminta maaf. Sangat sedikit yang melihat saya, dan lebih sedikit yang masih memiliki kesempatan untuk menyebarkan nama saya. Tapi bagaimana dengan Anda? Kamu menyebut dirimu apa?"


"Maksudmu namaku? Aster. Namaku Aster."


"Apakah kamu ingin hidup, Aster?"


Saya hampir menjawab pertanyaan itu, tetapi sesuatu menghentikan saya. Saya melihat kembali ke mayat saya sendiri, dan saya tidak bisa tidak memperhatikan bahwa itu sendirian. Tidak ada yang ada di sekitar untuk membantu saya, terlepas dari kenyataan bahwa saya keluar di tempat terbuka. Tentunya seseorang pasti pernah melihat saya, bukan? Apakah mereka sengaja mengabaikan saya? Dan ke mana penyerang saya pergi?


"Kamu tidak perlu menjawab saat ini. Kami punya waktu." Servius meyakinkan saya. "Sampai saat itu, mengapa kamu tidak memberitahuku tentang hidupmu? Bagaimana bisa sampai seperti ini?"


"Saya ..."


Saya mencoba mengingat masa lalu saya, tetapi ingatannya berbeda. Saya tidak mengingatnya dari sudut pandang saya sendiri, melainkan dari luar, seperti seorang pengamat. Mereka terdistorsi, pasti, tetapi tidak salah. Hanya berbeda.


"Yah, aku dibesarkan di kota yang sama ini. Saya tidak pernah pergi, tidak pernah merasa bisa. Ayah bekerja di bank, dan Ibu tinggal di rumah bersamaku ketika aku masih kecil. Mereka adalah ..."


Saya pergi untuk mengatakan yang baik. Saya ingin mengatakan yang baik, tetapi saya tidak. Kenangan yang terdistorsi itu mengaburkan pikiranku, membuatku ragu. Saya melihat ibu saya dengan ikat pinggang, dan saya melihat seorang anak menangis. Saya melihat ayah saya berteriak di bagian atas paru-parunya, dan saya melihat seorang anak terlalu takut untuk berbicara. Saya melihat anak itu mencuri makanan dari dapur setelah tidur dengan perut kosong, menyaksikan anak itu menyembunyikan memar dan luka di bawah pakaian longgar.


"Mereka adalah ... y'know, orang tua. Mereka bertingkah seperti orang tua orang lain. Bagaimanapun, saya pergi ke sekolah, dan itu-"


Saya melihat anak yang sama pergi ke sekolah. Saya melihat seorang guru menyerahkan kertas kepada anak itu dengan lingkaran merah besar di atasnya, dan anak itu membuang kertas itu. Saya melihat anak itu duduk di kelas, bingung dan tidak dapat fokus karena semua orang tampak baik-baik saja. Anak gagal lagi dan lagi, sampai kegagalan adalah apa yang diharapkan anak.


"-baik. Sekolah baik-baik saja. Tapi, bagaimanapun, saya mendapat pekerjaan di pusat kota setelah lulus universitas. Ini-"


Saya melihat anak itu mulai menggambar. Saya melihat anak tersenyum untuk pertama kalinya saat baris dimasukkan ke halaman dan detailnya menjadi jelas. Lekukan pipi, kilau mata, lilitan bibir, semuanya diciptakan dengan cinta seperti itu, fokus seperti itu. Ini tidak sempurna, bukan dengan tembakan panjang, tetapi ada potensi. Segera setelah itu, saya melihat gambar itu dicabik-cabik, dibuang ke tempat sampah, ditinggalkan dan dilupakan ketika anak itu didesak untuk menempatkan potensi itu di tempat lain.


"-y'know, bukan passion-ku, tapi itu membuat atap di atas kepalaku dan makanan di atas meja, jadi aku tidak bisa mengeluh ..."


Saya mencoba mengatakan lebih banyak, tetapi saya ragu-ragu. Servius angkat bicara.


"... Tidak bisakah kamu?"


"Apa?"


"Tidak bisakah kamu mengeluh? Dari apa yang kamu tunjukkan padaku, hidupmu sepertinya membuatmu sangat tidak puas."


"Astaga... Bisakah kamu melihatnya juga? Ingatanku, ada yang salah dengan mereka. Apakah Anda melakukan sesuatu pada mereka? Apakah itu sebabnya mereka semua aneh?"


"... Saya akui, saya memang mengubah ingatan Anda sedikit saja." Servius berkata dengan hati-hati. "Tapi, itu tidak dilakukan untuk membodohimu, Aster. Sebaliknya, saya mengizinkan Anda untuk melihat hidup Anda dengan jelas, tanpa bias atau kekhawatiran."


"Apa? Mengapa? Itu kacau! Kamu tidak bisa begitu saja melakukan itu pada seseorang!"


Aku mendengar Servius menghela nafas. Mereka tidak terdengar kesal atau apa pun, tetapi lebih dari itu menyakitkan.


"Saya minta maaf, tetapi saya perlu melakukannya. Kamu harus melihat kebenaran hidupmu, Aster."


Jika saya memiliki tubuh, itu akan bergetar. Saya merasakan kemarahan yang mendalam mengambil alih pikiran saya, akhirnya menghalangi ingatan itu.


"Aku sudah tahu yang sebenarnya! Saya menjalani hidup saya, saya tidak perlu Anda memberi tahu saya seperti apa rasanya! Kamu tidak tahu hidupku lebih baik dariku!"


"Aster... Apakah menurutmu hidupmu normal?"


"Iya? Itu baik-baik saja, sayabaik-baik saja, tidak peduli apa yang Anda pikirkan terjadi."


"Apakah orang yang baik akan melakukan apa yang telah Anda lakukan?"


"Apa?"


"Lihat dirimu sendiri, Aster. Anda tidak diserang."


Saya melihat kembali ke tubuh saya. Ini adalah pertama kalinya saya melihatnya dengan baik, tanpa kejutan atau gangguan. Masih aneh, melihat kulitku yang pucat atau mataku yang kosong. Pendarahan dari kepalaku telah melambat, dan cengkeramanku pada pistol menjadi kendur.


Tapi, tunggu, kenapa aku memegang pistolnya?


Oh.


"Aduh."


"Aku akan bertanya lagi padamu, Aster. Apakah Anda ingin hidup? Apakah Anda ingin kesempatan kedua dalam hidup ini yang telah Anda buang dengan begitu kejam?"


Saya menatap tubuh saya sendiri, tidak bisa bergerak, tidak bisa berpikir. Angin malam bertiup melalui saya, seolah-olah saya tidak pernah ada di sana sama sekali. Apakah saya ingin berada di sana? Atau apakah saya ingin pergi saat saya datang, sepenuhnya sendirian?


"... Hidupku tidak normal, kan?"


"Tidak semuanya."


"Bisakah ... Masih bisakah saya memperbaikinya? Atau sudah terlambat untuk itu?"


"Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki sesuatu. Ini akan membutuhkan waktu dan usaha, tentu saja, tetapi jika Anda mau, itu bisa dilakukan. Apakah Anda menginginkan itu?"


"... Ya. Saya pikir saya melakukannya."


"Baiklah. Selamat tinggal, Aster."


Dalam sekejap mata, saya merasa diri saya kembali. Darah basah di punggungku, detak jantungku, angin sepoi-sepoi melewatiku, semuanya begitu banyak. Dan aku menatap langit berbintang yang indah itu, aku merasakan air mata mengalir dari mataku dan tawa keluar dari dadaku.


Itu indah. Sangat cantik.



."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...