Kematian Terlihat

Kematian Terlihat




Pembaca yang budiman,

Cerita ini bukan tentang kejar-kejaran mobil atau kejar-kejaran kaki. Ini tentang pengejaran kita terhadap kematian atau pengejaran kematian terhadap kita. Hanya berpikir Anda harus siap.

Pengarang

Berlama-lama menjelang kematian, saya menumbuhkan threadbare, karung plastik rusak yang berputar-putar tertiup angin, tanpa guna. Memang, saya akan menjadi mekanisme bermasalah yang menuntut penggunaan kembali. Saya mengharapkan kematian bahkan menyambut kematian; meskipun saya tidak mengharapkan kematian menjadi seorang wanita.

Kematian melayang melalui dinding kamar rumah sakit saya. Rambut putihnya disapu menjadi French-Twist yang diamankan dengan sisir berlian, yang menghiasi gaun berpayet hitamnya yang menggenang di lantai, saat dia meluncur ke halte yang melayang. Saya menutup, tetapi saat itu penampilan Death membangkitkan penghormatan langit malam berbintang di atas lautan yang gelap. Ketakutan berubah menjadi keheranan.

Kematian lengan memanjang mencapai ke arah saya. Saya secara tidak langsung tertarik padanya. Sosok jam pasirnya, garis lehernya yang chic dengan aksen payudara memikat yang mengarah ke leher yang anggun dan wajah yang halus dengan warna yang mengundang. Ciri-ciri kematian dan mata yang berempati menahan kesurupan saya. Bagaimana kematian bisa terlihat begitu indah, begitu diinginkan? Saya merenung. Tentu saja—bagaimana lagi kita akan menyerahkan semua yang kita ketahui untuk yang tidak diketahui dengan sukarela, kecuali tergoda untuk melakukannya?

Intriknya yang membangkitkan rasa ingin tahu saya dan mengurangi pertahanan saya. Saya hampir lupa mengapa saya berpegang pada kehidupan.

"Tidak, aku tidak bisa mati hari ini," bisikku, meskipun aku tidak punya alasan untuk tinggal. Mungkin, lebih baik saya daripada beberapa orang yang tidak bersalah. Senyum terselubung mengatasi kematian. Dengan anggun, dia duduk.

Berjuang untuk duduk, saya menjadi berliku. Alarm berbunyi. Bunyi bip membuat jantungku melompat dan berdebar lebih keras. Hentakan memenuhi telingaku. Udara beraroma antiseptik mengiritasi lapisan hidung saya. Aku menatap kematian bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya.

 Seorang perawat masuk, membunyikan bunyi bip, lalu menoleh ke arahku, dengan lembut meraih tanganku.

"Kadar oksigen Anda turun. Aku akan memanggil putra-putramu sesuai rencana kita." Dia menatapku menunggu pengakuan atas apa yang sebenarnya dia katakan. Aku berkedip dan mengangguk. Satu air mata untuk yang tak terhindarkan diam-diam menyelinap di pipiku mengakui pengakuan akan maknanya.

Dia meluruskan bantal saya, membantu saya duduk dan menyesuaikan laptop saya. Setelah meletakkan tisu ke air mata saya, dia menyesuaikan masker oksigen saya. Saya merasakan kekhawatirannya dan mencoba mengirimkan rasa terima kasihnya melalui mata yang baik. Dia keluar dengan senyum ramah sebagai balasannya.

Aku dengan cepat melirik Kematian melalui mata berkaca-kaca. Kematian menunggu.

Tahap tawar-menawar saya menyoroti dua kebutuhan. Saya ingin keluarga saya di sini dan menyelesaikan novel saya—tenggat waktu saya adalah hari ini. Mungkin orang lain akan menyelesaikan bab terakhir.

Aku menyeka keringat dari alisku. Saya bisa melihat jantung saya berdebar-debar melalui t-shirt tipis yang mereka izinkan untuk saya kenakan karena perintah jangan menyadarkan ditandatangani. Tubuh kurus saya tahu semua harapan telah hilang; gemetar karena hanya duduk. Saya berharap saya tidak menandatangani DNR. Saya menarik napas. Tidak bisa menghembuskan napas, panik melanda.

Bernapas, bernapas saja.

Terpesona, saya meneliti kematian. Kematian menunggu meraba-raba dengan perkamen kata-kata, memeriksa waktu, tersenyum padaku. Dia mendorong keyboard saya di nampan rumah sakit ke arah saya. Saya menulis dan mengirim file. Aku menghela nafas. Sudut bibir Death terangkat dengan senyum mengingatkan. Dia tampak senang saat dia menarik nampan kembali ke tempat asalnya.

IV saya melawan rasa sakit fisik, tetapi tidak ada obat untuk emosi. Pemisahan tubuh dan emosi ini adalah bukti saya. Memang, tubuh dan jiwa saya adalah entitas yang terpisah.

Rasa berat mengendap di dadaku. Berjuang, saya memaksakan napas dan mendorong napas keluar. Tubuhku terbakar, terbakar dari dalam ke luar, telah membasahi dirinya sendiri dengan keringat. Mengi saya menjadi tak henti-hentinya. Momen-momen saya di planet ini, sebuah planet yang tidak terurai oleh saya, hampir hilang. Kesedihan bergema di dalam hatiku yang hampa saat kehilangan menghantam dadaku. Saya ingin hidup, mengubah semuanya, memulai lebih awal, menyelesaikan lebih banyak, melakukan perjalanan, mencintai lebih keras—lebih dalam, bertahan. Aku ingin lebih banyak waktu sialan—tapi sudah terlambat. Semua yang dibatalkan akan tetap dibatalkan. Semua yang dilakukan akan bertahan. Saya menggeliat dengan ketidaknyamanan pikiran itu; dari semua peluang yang terbuang percuma. Batas waktunya ada di sini—drop-dead cantik dan menunggu—kematian tidak akan disangkal.

Kematian bangkit dan membelai rambutku dengan kuku peraknya yang panjang. Keluarga saya tidak akan datang tepat waktu. Saya memikirkan tentang kehidupan saya yang biasa-biasa saja. Dengan setiap pukulan Kematian menembus rambutku, kenangan mengalir. Rasanya seperti menyaksikan untaian kehidupan diunggah ke suatu tempat yang lebih luas. Kemudian semua tumbuh abu-abu berkabut. Berkecil hati, saya terengah-engah, menentang pernafasan. Saya bertanya-tanya, apakah saya akan melayang keluar dari tubuh saya seperti bulu yang naik? Saya bertanya-tanya, apakah saya sudah selesai, apakah saya mencapai sesuatu? Apakah saya melakukan cukup? Apakah ada Tuhan? Terlepas dari perlawanan saya, napas terakhir saya meninggalkan saya. Mataku terpejam. Saya telah selesai, meninggalkan saya, kata-kata saya, dan keluarga saya. Bagi saya, mereka adalah segala sesuatu yang bisa dibayangkan raksasa, dan tak terukur. Tetapi dalam lingkup alam semesta dan waktu, kontribusi saya untuk dunia ini adalah butiran pasir kecil.

***

Keheningan mengelilingiku. Saya mendengarkan; tidak ada swooshing darah, tidak ada detak jantung, ketenangan — istirahat. Tubuh saya telah mati.

Saya menunggu di dalam mayat. Mendorong diri saya sendiri, saya bekerja keras bergerak melawan daging di atas saya. Saya mendorong goo agar-agar viscid yang mengelupas dari saya saat saya menyelinap masuk, keluar, dan melalui struktur internal saya. Saya bergerak dengan setiap kontraksi internal, bekerja sendiri bebas, karena cairan mengontrak organ dan organ yang diperluas memaksa saya dengan satu atau lain cara sesuai keinginannya. Saya mencapai penghalang bercahaya yang lentur. Kulit saya? Diekstrusi melalui pori-pori, saya dikirim ke telapak tangan Kematian yang menunggu.

Kematian tampak sangat besar, kepalanya bulan purnama ke gaun langit malamnya. Meneteskan lumpur organik, saya menyadari, sayalah yang kecil.

"Di sana, di sana. Jangan khawatir. Kamu akan mengering, dan saat kamu mengering, kamu akan mengembang," kata Death, mengangkatku. Bibirnya mengirimkan gumpalan angin hangat di atas semangatku yang basah kuyup. Saya tumbuh menjadi sosok kurus yang mengambang dalam gaun pijar yang mirip dengan diri saya yang berusia dua puluh tahun dengan semua kenangan dan kemampuan seumur hidup saya.

Keluarga saya masuk sambil menyeka air mata sambil berpegangan pada tangan tubuh saya.

"Saya akan menemui mereka. Mereka membutuhkan saya, saya membutuhkan mereka, saya tidak bisa mati, saya belum selesai."

Suara saya tidak terdengar sewaktu perawat menyibukkan diri memverifikasi yang diketahui, menghibur keluarga saya.

Kematian menghela nafas. Melepaskanku, dia duduk seperti anak kecil yang cemberut.

"Semua makhluk memiliki kehendak bebas. Anda dapat tinggal di sini sebagai hantu dari diri Anda sebelumnya dan mengakhiri kemajuan Anda, menghantui orang yang Anda cintai atau Anda dapat memilih untuk menemukan potensi Anda berikutnya," kata Death.

Saya melihat dua pilihan yang muncul entah dari mana tepat di belakang kematian. Yang satu tampak seperti badai putih dan biru yang berputar berlawanan arah jarum jam. Yang lainnya berwarna putih di atas hitam, senar beludru hitam bergerak sedikit seperti untaian karpet halus. Putih berputar-putar seperti badai hanya searah jarum jam. Itu menyerupai lubang cacing.

"Apakah terang lebih baik daripada gelap? Apakah satu surga?" Tanyaku.

"Tidak ada yang lebih baik, keduanya berbeda. Saya menemukan surga dan neraka tidak tergantung pada jalan mana yang kita pilih. Perubahan adalah yang terpenting pada akhirnya," kata Death.

Saya berhenti. Semakin banyak dia berbicara, semakin saya mengenalinya—tarikannya pada saya. Kami saling belajar.

"Ya, aku adalah gambaran dirimu, yang suatu hari akan menjadi dirimu," Death menjawab pertanyaanku yang tak terucapkan. Saya tidak bisa membayangkan menjadi wanita yang anggun, tetapi Kematian telah berbicara.

"Apakah kamu siap untuk menyelesaikan, untuk berevolusi menjadi kekuatan yang lebih tinggi dan lebih kuat? Apakah Anda akan bekerja untuk menerima dan menciptakan masa depan yang tidak diketahui? Apakah Anda siap untuk berubah?" Kematian bertanya.

Sebuah pemikiran samar, ingatan kuno tentang penandatanganan kontrak dengan Alam Semesta datang kepada saya. Warna saya menjadi cerah dan saya berbalik ke Kematian. Perjalanan saya berakhir.

Kematian memeriksa waktu dan memegang kontrak di hadapanku. Tercetak di perkamen yang menguning itu membentangkan judul--Pelajaran yang Ditujukan Untuk Semua Orang. Saya menaruh cap jempol saya pada kontrak. Tanda air muncul. Lengkap. Saya telah menyelesaikan kontrak yang telah dibuat Semesta sebelum saya. Saya telah belajar untuk bertahan hidup, saya telah belajar untuk bertarung, saya telah belajar untuk berbicara, saya telah belajar untuk mencintai.

L.I.F.E.--Pelajaran Saya Yang Ditujukan Untuk Semua Orang telah selesai. "Aku sudah selesai," kataku, bergerak menuju Kematian. Aku berbalik sejenak dan menatap kembali ke ruang rumah sakit tempat tubuhku terbaring dan keluargaku berduka. Bukan itu yang saya lakukan, itu yangsaya lakukan. Saya telah mempersiapkan diri untuk apa yang ada di depan. Saya

"Ikuti aku," kata Death. Kami melangkah ke dalam angin topan yang mengalir melalui kami, meninggalkan kami tidak terluka seperti angin melalui pepohonan, kemudian kami terjun ke mata badai. Kami jatuh bebas ke atas menuju lubang cacing. Kematian melingkari lengannya di sekitarku.

"Kami memasuki pusaran yang Anda sebut lubang cacing, pegang erat-erat, berteriak jika Anda harus," kata Death.

Saya melakukan keduanya. Cahaya terang datang dari segala arah, tekanan hampir mencabik-cabik saya, kami berbalik tanpa henti dalam pusaran cahaya dan gelap yang membelai. Suara kekerasan yang tidak duniawi melengking. Kami memperluas, menyusut, dan mengguncang sampai cahaya berubah menjadi topan warna. Kami mempercepat kemudian melambat, seolah-olah meludah, tergelincir hingga berhenti. Tentakel beludru gelap menempel padaku. Kematian tidak dapat ditemukan di mana pun. Saya ditahan dalam bola cahaya oleh untaian energi beludru gelap yang memandang ke bawah ke planet saya. Saya tinggal di isyarat bintang menunggu kehidupan saya selanjutnya dimulai. Saya hanya berharap bahwa cahaya saya memberi penghiburan seperti bintang-bintang selalu menghibur saya.

Tujuh tahun kemudian, saya mendengar bisikan keluarga saya. Saya membisikkan kembali Desiderata untuk menenangkan badai dan kesengsaraan mereka dan memberi tahu mereka bahwa mereka tidak sendirian.

"Kamu adalah anak Alam Semesta, tidak kurang dari pepohonan dan bintang-bintang, kamu memiliki hak untuk berada di sini." Kemudian saya berterima kasih kepada Max Ehrmann lima bintang di atas dan di sebelah kiri saya.


."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...