Pilihan

Pilihan




Stasiun ini dingin, lembab. Lumut tumbuh dari retakan di langit-langit. Aneh bahwa itu sangat kosong tetapi saya tidak bisa diganggu dengan itu. Saya menggerakkan tangan saya ke atas dan ke bawah lengan saya saat saya berjalan di sepanjang trek. Rasanya seperti saya telah berada di sini selamanya, hanya menunggu kereta yang tidak pernah datang. Saya bahkan tidak dapat mengingat tujuan saya, atau bagaimana saya sampai di sini. Tapi saya tahu saya harus tetap tinggal. Saya memutuskan untuk akhirnya duduk dan jatuh ke bangku dengan bunyi gedebuk. Saya membiarkan tangan saya memegang wajah saya, rambut saya jatuh di depan mata saya untuk membuat perisai. Kata-kata terus bergema di kepalaku. Hidup ini tidak adil. Ini adalah dunia tempat kita tinggal. Anda tidak bisa terus melarikan diri dari masalah Anda. Coba saja lagi.

Aku bisa melihat bibirnya yang mengerucut sekarang. Ibu tidak pernah benar-benar mengerti apa yang saya alami. Baginya dunia itu hitam dan putih. Saya hidup dengan berbagai nuansa abu-abu yang terus-menerus mencoba menelan saya pada saat tertentu. Saya hanya ingin membuatnya bangga, tetapi saya juga hanya ingin bahagia. Apakah itu kejahatan? Saya melakukan apa yang dia minta; Saya ke dokter, saya minum pil. Sampai suatu hari saya tidak mau lagi. Saya menutupnya setelah itu. Setiap flush toilet menyapu momen lain dari kewarasan yang dirasakan. Air mata mulai menusuk sudut mataku dan aku buru-buru menyekanya. Saya tidak bisa membiarkan kelemahan itu muncul.

Langkah kaki yang bergema melalui terowongan mengumumkan bahwa saya tidak lagi sendirian untuk membiarkan pikiran saya menghabiskan saya. Aku mendongak dari posisi bungkukku, terkejut menemukan seorang pria yang lebih tua duduk di sampingku. Matanya ditutupi dengan kacamata hitam bulat kecil, topinya menyembunyikan kepalanya, dan jas hujannya menyembunyikan sisanya. Tangan bersarung tangan perlahan memutar tongkat berlapis emas. Oh hebat, apakah saya akan dibunuh sekarang juga? Hanya apa yang saya butuhkan. Saya mencoba untuk diam-diam berlari lebih jauh dan itu menimbulkan tawa yang dalam darinya.

"Jangan khawatir gadis, aku di sini bukan untuk menyakitimu. Aku hanya menungguin', sama sepertimu."

Pipiku memerah karena malu pada pikiran batinku. Tidak semua orang di dunia ini buruk. Apa yang mungkin dilakukan lelaki tua ini untuk menyakitiku?

"Apakah kamu tahu jam berapa itu tiba?" Saya bertanya, sekali lagi melirik ke bawah mulut hitam besar yang seharusnya meludahkan sebongkah logam dan uap yang melaju kencang sekarang.

"Segera, saya harus mengatakannya."

Keheningan menyelimuti kami saat dia terus memutar tongkat, berputar-putar. Saya menemukan diri saya berubah bentuk. Itu sebagian besar halus dan hitam, tetapi batu ruby dan zamrud yang berkilauan di sepanjang pegangannya tidak dapat dilewatkan. Tampaknya begitu tidak pada tempatnya beberapa dank seperti ini. Tapi sekali lagi saya juga merasa tidak pada tempatnya. Tatapanku berkeliaran di sepanjang dinding, menemukan bahwa mereka tiba-tiba tampak kurang mengancam. Lebih normal.

"Apakah kamu tahu mengapa kamu ada di sini?" orang asing itu tiba-tiba bertanya.

Alisku berkerut bingung. "Menunggu ... untuk kereta."

"Dan ke tujuan apa? Kepalanya menoleh sedikit saja tetapi dia tidak langsung menghadapku. "Ini bukan jenis kereta yang ingin dinaiki orang setiap hari."

"Yah, kamu juga mendapatkannya," geramku. "Kemana tujuanmu?"

"Belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Katakan padaku, mengapa ada darah di mantelmu?"

Mataku melesat ke bawah dengan panik, menemukan noda darah tunggal yang besar di dekat manset lengan kananku. Saya tidak ingat bahwa berada di sana sebelumnya. Apakah saya entah bagaimana jatuh dan melukai diri saya sendiri? Saya meletakkan tangan kiri saya di atas tempat itu tetapi kering.

"Pasti sudah tua. Saya tidak yakin."

"Tapi kamu saat ini tidak terluka kan?"

"Bukan itu yang kuketahui."

"Bagaimana perasaanmu saat itu? Kamu sepertinya tidak beres." Tongkat terus berputar.

"Kewalahan," aku mulai, diam-diam mempertanyakan olok-olok ini dengan orang asing di tempat ini.

Satu alis terangkat sejauh ini saya bisa melihat apakah di atas tepi kacamatanya. Dikatakan "Lanjutkan".

"Hidup belum benar-benar menjadi yang terbaik."

Saya mendapati diri saya menumpahkan detail kehidupan saya, saya tidak pernah berpikir untuk berbagi dengan seseorang yang tidak saya kenal, siapa pun dalam hal ini. Dia bahkan tidak pernah memperkenalkan dirinya. Tetapi untuk beberapa alasan saya merasa nyaman dan saya bisa merasakan simpul di dada saya mulai mengendur. Saya berbicara tentang tumbuh dengan ayah tiri satu demi satu, bayangan di lantai saat saya bersembunyi di bawah tempat tidur saya, ibu saya menggelengkan kepalanya karena tidak percaya. Saya kembali ke malam-malam yang dihabiskan di halaman belakang, mencari perlindungan di rumah kaca Ibu. Dia merawatnya lebih dari saya. Saya pikir delapan belas akan menjadi anugrah penyelamatan saya tetapi ke mana saya harus pergi? Saya tidak punya harapan untuk masuk perguruan tinggi, pekerjaan paruh waktu saya tidak akan pernah membayar tagihan di apartemen saya sendiri. Saya ingat berbaring di bak mandi di kamar mandi lantai atas, terisak tak terkendali sehingga saya harus menggigit kulit saya sendiri untuk mencoba berhenti.

Dia hanya mengangguk bersama dengan kata-kataku, tidak pernah menyela atau mengatakan apapun. Tongkat terus berputar. Dan ketika akhirnya, saya mencapai napas terakhir saya pada kata terakhir dari kisah hidup saya, dia masih memegang tongkat itu. Peluit terdengar di kejauhan dan cahaya mulai muncul dari kegelapan. Udara tampak lebih hangat sekarang, tidak terasa lembab.

"Kamu telah melalui banyak hal sayangku," katanya. "Tapi sekarang tidak apa-apa. Kamu akan segera menuju ke tempat yang lebih baik."

Cahayanya lebih terang sekarang. Kereta sudah dekat. Saya melihat sekali lagi kepada pria itu, beban di pundak saya terasa terangkat tetapi saya tidak tahu mengapa dia peduli dengan jiwa yang hilang seperti saya.

"Mengapa?" Tanyaku sederhana.

"Karena setiap orang berhak memiliki kedamaian di hati mereka."

Saya berdiri bersamanya sewaktu satu mobil berhenti di depan kami dan pintu-pintu terbuka.

Interiornya bersih dan mengundang. Dan seperti stasiun, mobil itu benar-benar kosong. Saya merasa kecemasan mulai membangun lagi, semua ketenangan yang baru saja saya miliki memudar. Ini tidak benar. Saya mulai mundur selangkah tetapi pria itu menarik perhatian saya dengan berdehem.

"Jangan khawatir. Aku akan bersamamu di setiap langkah. Anda tidak sendirian. Tapi pilihan ada di tanganmu."

Pintu stan kondektur tertutup di belakangnya saat saya duduk. Saya bergoyang dengan gerakan itu dan menyaksikan kegelapan terbang melewati jendela. Aku bersandar ke belakang dan menyandarkan kepalaku ke sandaran. Pikiran tentang semua penderitaan mulai melayang dari benak saya sewaktu saya terbuai dalam tidur yang lembut dan tenang. Semuanya benar-benar akan baik-baik saja.


."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...