Anjing Luar Angkasa dan Kubis

Anjing Luar Angkasa dan Kubis




Mobil kami masuk ke jalan Bibi Juno. Ayah terengah-engah dan menggerutu.

Ibu berbalik ke arahku dan bayinya. "Sekarang anak-anak, kita tidak akan terlalu lama, oke? Anda hanya berperilaku sendiri dan saya yakin Anda akan bersenang-senang dengan Juno "

Ayah meringis.

Kami turun dari mobil. Saya memastikan saya ingat tas saya yang memiliki semua barang penting saya di dalamnya. Kami mengikuti Ibu menyusuri jalan kecil menuju pintu rumah, dan aku bersembunyi di balik roknya saat dia membunyikan bel pintu. Pintu segera terbuka dan di sana berdiri Juno besar, lebih tinggi dari Ayahku, mengenakan celana panjang coklat dan jumper rajutan tangan hijau. Diikat ke pinggangnya adalah sebuah kotak coklat dengan kawat hitam keluar darinya, melekat pada pegangan yang dia pegang di tangannya. Dia melambaikannya di depan kami. Kotak itu mengeluarkan suara klik yang aneh. Wajahnya tegas dan aku mundur darinya ketakutan saat dia memeriksaku dengan benda aneh itu.

"Oh ayolah, Juno. Kamu tahu tidak ada yang keracunan radiasi di sini" cemooh Ayah. Juno mendongak dari mempelajari kotak itu dengan satu alis terangkat.

"Untungnya bagimu mereka belum" dia mengaitkan pegangannya ke sabuk di pinggangnya. Kemudian wajahnya pecah menjadi sinar besar.

"Sayang, babushkas" dia mencubit pipi bayi itu dan kemudian meraihku, menekan wajahku ke pelompatnya yang gatal.

"Tolong, masuklah, sayang" dia menangis pada kami. Dia memiliki aksen yang aneh. Dia menunjuk ke lorong dan Ayah memberi saya dorongan lembut ke depan. Bau kubis rebus dan buku-buku apek menghantam hidungku.

"Ini, di sini tolong" Juno mengantar kami ke sebuah ruangan kecil yang penuh dengan buku dan kertas. Ibu meletakkan bayi itu di karpet dan dia langsung mulai menangis.

"Jangan khawatir" Juno tersenyum pada Ibu "Babushka akan segera bahagia-bahagia" dan dia meraih bayi itu ke pinggulnya dan mulai menggoyangkannya. Bayi itu berhenti menangis, menemukan tutup kotak yang kasar di pinggang Juno dan mengepakkannya terbuka dan tertutup.

"Pergi, pergi, jangan khawatir"

Ibu memang terlihat khawatir. Tapi dia membungkuk, mencium keningku, lalu meninggalkan ruangan. Aku mengintip ke arah jendela untuk melihat orang tuaku menghilang di jalan.

"Ayo sekarang, yang besar" kata Juno dengan tangan terulur. "Datang dan kita akan melihat apa yang harus dilakukan hari ini."

Saya mengikuti melalui pintu ke dapur. Bau kubis rebus sangat menyengat. Lemari-lemari itu sudah tua dan berdebu dan rasanya seperti ada di sekitar saya. Saya meletakkan tas bahu saya di atas meja.

"Ah, apa yang ada di tas cantikmu, gadis sayang?"

Saya mengeluarkan i-pad saya dan beberapa batang sereal cokelat. Juno menarik napas dan berkata dengan keras.

"Tidak, tidak." Dia mengambil i-pad dan melambaikannya di udara "Ini adalah mekanisme untuk mentransmisikan propaganda borjuis. Dan ini (mengambil coco-pops bar) adalah sampah dekaden, dibuat untuk membuat Anda gemuk, gemuk. "

Bayi itu mendongak dari bermain dengan tutup kotak dan meraih bar sereal.

Juno mengambil tongkat yang ada di atas meja dan mengarahkannya ke selembar kertas di dinding. Dikatakan:

Pekerjaan harian 14.08.2018

09.00 - latihan komunal

10.00 - bor bom nuklir

11.00 - pengumpulan perbekalan

12.00 - makan siang

13.00 - Pelatihan astronot junior

15.00 - mekanik mobil

"Jadi" dia menatapku dengan hati-hati dan mengarahkan tongkat itu ke i-padku. "Kamu punya pilihan. Anda dapat duduk sepanjang hari seperti siput borjuis melihat layar Anda dan mengisi diri Anda dengan sampah coco-pops, atau kita dapat memiliki hari belajar pelajaran penting untuk kemajuan umat manusia. Bagaimana menurutmu?"

Saya cukup terkejut dan sedikit tidak yakin tentang apa artinya semua itu. Saya menyukai gagasan pelatihan astronot. Juno menatapku dengan sangat serius dan aku merasakan beratnya keputusan itu. Aku mengunyah bibirku. Saya memiliki sisa hidup saya untuk bermain di i-pad saya.

"Ayo kita lakukan barangnya."

Dia tampak sangat gembira.

"Luar biasa. Aku harus membiarkan Liaka keluar, dia harus datang untuk latihan. Ayo, ayo"

Saya mengikutinya kembali ke kamar yang penuh dengan buku di mana dia meletakkan bayi itu di lantai. Seekor anjing kecil masuk ke dalam ruangan. Itu menyenggol ke dalam lubang lengan bayi dan dia mulai terkikik dan meraih bulunya yang terjal.

Juno membungkuk, mengangkat anjing itu dan mengangkatnya tinggi-tinggi di atas kepalanya.

"Doggie yang sangat istimewa" dia mengumumkan "Liaka telah ke luar angkasa. Ketika Anda telah ke luar angkasa, Anda harus melakukan latihan harian Anda atau Anda akan menjadi kendur dan tertekan" Anjing itu menggonggong dengan bangga dari sudut pandangnya di atas kepalanya dan dia memutarnya di udara seolah-olah dia sedang terbang.

Bayi itu meraih anjing itu dan mulai menangis, tangannya menutup dan membuka dengan gerakan menuntut. Juno tertawa.

"Jangan khawatir, babushka akan pergi ke luar angkasa suatu hari nanti. Semua bayi Soviet pintar Mereka akan menerbangkan kapal luar angkasa suatu hari nanti" Dia menjatuhkan anjing itu dengan lembut ke lantai dan mengambil bayi itu, mengangkatnya ke udara dan mengirimnya berlayar naik turun melalui ruangan. "Bayi akan terbang" dia tertawa dan bayi itu berteriak gembira dan bertepuk tangan. Kemudian Juno meletakkannya di lantai dan berdiri sangat tegak.

"Sangat penting untuk melatih tubuh dan pikiran Anda." jelas Juno sambil mengayunkan tangan kami. Saya mengikuti gerakannya. Setelah sekitar 15 menit berolahraga, Juno harus duduk di lantai. Anjing itu melompat di sekelilingnya, menjilati dan menusukkan hidungnya ke ketiaknya.

Dia menggendongnya.

"Sebelum dia pergi ke luar angkasa, dia tunawisma, tinggal di jalanan. Kemudian Tim Eksplorasi Luar Angkasa Soviet menemukannya dan melatihnya. Dia adalah doggie yang sangat berani." Dia meraih wajahnya dan menggosoknya di antara kedua tangannya. "Pada ekspedisi terakhirnya dia kembali ke bumi ketika pusat komando kehilangan kendali atas kapalnya. Pesawat ruang angkasanya jatuh kembali melalui atmosfer bumi dengan kecepatan terbesar dan terbakar." Dia melambaikan tangannya di udara seperti api. "Tapi dia melarikan diri di pod pelarian dan mendarat di artic, di sepuluh kaki salju. Tentara Soviet membutuhkan dua hari untuk menggalinya, tetapi mereka menyelamatkannya, lihat, sekarang dia ada di sini dan masih hidup. Mereka membuat parade untuknya, dengan pesawat ruang angkasa model besar di atas truk yang melewati kota dalam riam spanduk dan pita."

Liaka menggonggong setuju. Saya pasti terlihat tidak yakin. Juno mengangkat telinga Lika yang floppy dan berbisik ke dalamnya,

"Gadis tidak percaya kamu bisa menjadi doggie yang berani dan berani"

Liaka mendengus melalui hidung hitamnya yang basah. Juno mendorong dirinya untuk berdiri dan menutup pintu kamar. Ada poster, berwarna-warni, dengan huruf-huruf raksasa dalam bahasa yang aneh. Itu menunjukkan seekor anjing yang tampak seperti Liaka, dalam pakaian luar angkasa, dengan latar belakang planet dan bintang. Aku menarik napas keheranan. Juno tertawa terbahak-bahak dan menampar punggungku.

"Lihat, lihat, ini doggie luar angkasa" dia tertawa dan menggendong bayi itu. Dia melihat arlojinya dan bersiul.

"Saatnya latihan bom" katanya, dan pergi ke pemutar rekaman lama di sudut. Awalnya terdengar suara berderak, kemudian sirene mulai berbunyi.

"Itu peringatannya. Kita harus sampai ke tempat penampungan. Cepat, cepat!"

Kami bergegas keluar ruangan, meninggalkan sirene sambil meratap. Aku menggendong Liaka melalui dapur, keluar dari pintu belakang dan menyusuri taman, mengikuti Juno dan bayinya. Kami menuruni lereng ke sebuah pintu di tanah. Juno menarikku masuk.

"Kami sedang diserang"

Dia membanting pintu dan berjongkok di sudut ruang bawah tanah yang kecil. Saya tidak bisa benar-benar melihat apa-apa, tetapi dia meraih lengan gaun saya dan menarik saya ke tanah. Kami merangkak di bawah meja tipis yang terbuat dari logam. Setelah beberapa menit bersembunyi Juno mulai mencari-cari.

"Kamu tahu cara menyalakan lilin?"

Dia memukul korek api dalam kegelapan. Tiba-tiba ruang itu diterangi dan saya melihat sekeliling dengan kagum pada tumpukan kaleng yang melapisi dinding dan lantai. Di seberang kami ada tempat tidur kecil dengan selimut wol hijau di atasnya, dan di lantai di bawah kaleng dan kaleng nasi Ambroisa. Juno keluar dari bawah meja dan meletakkan lilin di dudukannya. Dia memberi saya kotak korek api. Jika orang tua saya ada di sini, mereka akan cocok.

"Cahaya" dia mendesakku. Saya menggosok korek api di sisi kotak, menyalin apa yang telah dia lakukan. Tidak ada yang terjadi. Dia memegang tangan saya dan menggerakkannya dengan cepat, memukul korek api di seberang kotak. Nyala api meledak hidup-hidup dan aku mundur karena terkejut. Wajah Juno diterangi dari bawah oleh korek api dan tampak goulish dalam setengah cahaya. Dia tertawa, menampar kakinya dan kemudian mengulurkan lilin untuk saya nyalakan.

"Anda harus belajar terang dengan korek api. Apa yang akan Anda lakukan jika listrik padam?"

Kemudian dia pergi ke pipa hitam panjang di dinding dan melihat ke ujungnya. Dia memberi isyarat kepada saya untuk melihat, dan saya mengarahkan mata saya ke ujung pipa. Hebatnya, saya bisa melihat ke luar.

"Ada antek Imperialis di luar sana?" tanyanya. Saya tidak tahu apa artinya itu. Saya menebak dan menggelengkan kepala.

"Bagus, bagus. Kita bisa keluar sekarang, tapi kita harus memeriksa radiasi."

Dia mengambil benda pokey dari ikat pinggangnya dan menyembulkannya keluar dari pintu. Kotak itu mengeluarkan suara klik samar dan dia mempelajarinya dengan saksama. Ketika dia senang dia membuka pintu.

Bayi itu memimpin jalan keluar ke dalam cahaya, merangkak melintasi tanah di taman dan mendapatkan tanda berumput di lutut bayinya tumbuh. Juno berjalan melewati kami, melambaikan poker dan melihat kotaknya.

"Jika ada bom, kita harus tinggal di bunker setidaknya selama 6 bulan, sampai radiasinya hilang."

Liaka telah menemukan tongkat. Saya melemparkannya untuknya, dan dia menggonggong sambil berlari ke taman. Kami tidak punya anjing di rumah dan saya ingin terus bermain.

Juno masuk ke dalam, lalu muncul kembali dengan beberapa tas belanja.

"Saatnya mendapatkan persediaan" dia mengumumkan. Dia mengulurkan kemeja kecil dengan empat lubang kaki, dan anjing itu berdiri dengan sabar sementara dia mengenakannya padanya. Itu tampak seperti setelan luar angkasa yang dikenakan anjing di poster.

"Saat kita keluar, doggie suka pamer!" Juno tertawa.

"Apakah itu pakaian luar angkasanya?" Saya bertanya dan dia mengangguk dengan bangga. Dia memberi petunjuk padanya dan menyerahkannya kepada saya.

"Kamu harus mengambil Liaka." Dia menggendong bayi itu dan mengayunkannya ke pinggulnya lagi. Saya sangat bersemangat untuk memegang pimpinan Ika dan dia berlari dengan gembira di samping saya sampai ke toko-toko. Di toko buah, pria di belakang till berkata "Halo kawan-kawan" ketika kami masuk. Liaka menggonggong. Saya sekarang yakin dia mengerti semua yang dikatakan manusia.

Juno memindai semua buah dan sayuran dengan proddernya, kotak itu mengklik sepanjang waktu. Dia membawa kubis terbesar yang pernah saya lihat, dan kami memiliki buah persik yang berair. Bayi itu memiliki wajah yang benar-benar cumi-cumi dan berantakan pada saat kami kembali.

Ketika kami masuk, kami pergi ke dapur dan meletakkan kubis di atas meja. Aku melepaskan pimpinan Liaka, dan Juno memintaku untuk melepas jasnya.

"Letakkan di rak, di ruang buku."

Aku melewatinya dan Liaka mengikutiku, menggonggong di rak untuk menunjukkan di mana harus meletakkan jasnya. Di rak ada seekor anjing mainan, yang terlihat seperti Liaka dan juga mengenakan pakaian luar angkasa. Liaka mengendusnya.

Juno muncul di belakangku.

"Ah, kamu telah menemukan mainan babushka kecilku." Dia mengambilnya dan menyapu debu dari punggungnya. "Yang ini telah bersamaku selama bertahun-tahun. Ketika saya berusia lima tahun, Bibi saya mengirimkannya kepada saya dari Rusia."

Dia menyerahkannya padaku.

"Untukmu" katanya.

Kami kembali ke dapur. Saya duduk di kursi. Laika melompat ke pangkuanku dan aku merapikan bulunya saat dia menyenggol dadaku. Juno menderu dan berkata, "Doggie adalah temanmu selamanya sekarang."

Saya sangat senang memiliki teman baru. Dia hangat di pangkuanku.

Juno mulai memotong kubis raksasanya. Dia mengobrol tentang hal-hal yang tidak benar-benar saya mengerti. Dia membiarkan saya memotong beberapa kubis di atas talenan kayu.

Saat Juno sedang mengeluarkan panci raksasa untuk kubis raksasanya, bel pintu berbunyi. Juno berjalan menyusuri jalan setapak. Aku mendengar suara Ibuku, dan kemudian dia muncul di pintu dapur.

"Sudah waktunya untuk pergi anak-anak" dia bernyanyi dengan gembira. Saya kaget. Kami bahkan belum sampai ke pelatihan astronot, dan Liaka masih duduk di pangkuanku. Air mata mengalir di mataku. Saya mengedipkannya. Ibu menggendong bayi itu dan mengerutkan hidungnya ketika dia melihat betapa kotornya dia.

"Aku akan memasukkan Ellie ke dalam mobil" katanya, dan membawa bayi itu keluar.

Aku memeluk Liaka dan air mata besar mengalir di pipiku dan ke kepalanya yang berbulu. Dia mendongak dan menjilat hidungku.

"Dia akan merindukan teman barunya" kata Juno, dan kemudian dia melihat bahwa aku menangis.

"Tidak menangis, tidak menangis." Dia menepuk punggungku dengan lembut.

Kami pergi ke mobil tempat Ayah menunggu. Liaka melompat-lompat di bawah kakiku dan aku memeluknya terakhir kali sebelum aku masuk ke dalam mobil.

Sesampainya di rumah saya langsung pergi ke kamar saya dan keluar mainan anjing di rak saya.

Saya mengetik 'anjing luar angkasa' ke dalam i-pad saya. Banyak gambar muncul dari Liaka, terlihat sangat bangga dengan pakaian luar angkasanya. Saya duduk di tempat tidur saya untuk membaca artikel tentang dia. Dikatakan dia adalah anjing pertama di luar angkasa. Saya tersenyum bahagia melihat foto hitam putih dia duduk di pod luar angkasa. Tapi kalimat berikutnya menarik napas dariku. Dikatakan bahwa kapsul itu menjadi terlalu panas dan Liaka telah meninggal di luar angkasa. Air mata langsung menyengat mataku. Yang bisa saya pikirkan hanyalah anjing di luar angkasa, sendirian dan mati. Saya menangis begitu keras sehingga Ibu saya datang untuk melihat apa yang sedang terjadi.

"Ada apa acar?" tanyanya.

Ayahku muncul di belakangnya dan mengejek, "Mungkin Juno yang gila itu menceritakan kisah-kisah gilanya. Sudah kubilang kita seharusnya tidak meninggalkan mereka bersamanya."

Ibu mengocoknya.

"Apakah ini yang membuatmu menangis?" tanyanya sambil mengambil anjing mainan itu.

Aku mendengus. "Liaka sudah mati" aku berhasil di antara isak tangisku.

"Sayang, jika Liaka masih hidup, dia akan berusia 61 tahun sekarang." Ini membuatku melolong lebih keras.

"Anjing Juno belum pernah ke luar angkasa. Dia hanya suka berpura-pura. Kamu suka bermain pura-pura dengan teman-temanmu, bukan."

Saya mengangguk.

"Ketika Juno masih kecil, Bibinya pergi bekerja di Program Luar Angkasa Soviet. Dia mengirim mainan ini untuknya. Dia mengatakan semua orang di Rusia menyukai anjing-anjing pemberani. Juno sedang menunggu Bibinya pulang, tapi dia tidak pernah kembali. Ketika Juno mengetahui bahwa Liaka telah meninggal, dia berjanji akan mendapatkan doggie spesialnya sendiri."

Aku meremas anjing mainan itu ke dadaku.

Malam itu saya membuat kapal luar angkasa dari kotak sereal dan saya dan Liaka terbang ke luar angkasa, melewati matahari dan bintang-bintang. Kami mengorbit bulan dan semua orang di bumi merayakan betapa beraninya kami.


By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...