Bagaimana dengan sejarah?

Bagaimana dengan sejarah?




Dua puluh. Ada dua puluh baris papan lantai kayu.

Setiap baris tampaknya berisi sepuluh atau lebih papan.

Dua ratus keping.

Mana yang terbesar?

Ada satu ke arah tengah ruangan yang tampak sedikit lebih panjang dari yang lain.

Tapi apakah itu yang terbesar?

Mungkin jika dihitung berdasarkan luas.

Berapa luas persegi panjang lagi?

Panjang sisinya tidak sama.

Ini pasti persegi panjang.

Jay memiliki kakinya di dekat salah satu ujungnya dan dia memakai sepatu ukuran 15.

Bagaimana jika dia kebetulan meletakkan kakinya yang lain tepat di belakang yang lain?

Ayo, Jay, buat pengukuran lebih mudah. Lakukan untuk matematika!

Apakah ukuran sepatu memberi tahu Anda berapa panjang kaki Anda dalam inci?

Mengapa Inggris memiliki satu atau dua angka yang berbeda?

Apakah mereka menggunakan sistem metrik?

Bagaimana dengan negara lain pada label sepatu?

Jika mereka menggunakan sistem metrik, bukankah ukurannya akan sama dengan ukuran Inggris?

Mungkin Inggris memiliki sistem pengukuran sepatu lain.

Mereka memang menggunakan uang mereka sendiri. Tidak ada Euro untuk mereka.

Mengapa mereka memiliki sistem sendiri?

Apakah itu sebabnya tim sepak bola mereka mendapatkan pemain yang begitu bagus?

Bisakah mereka membeli pemain yang lebih baik dengan harga lebih murah?

Saya masih tidak mengerti mengapa LA Galaxy membayar semua uang itu untuk David Beckham.

Bung sampah.

Apakah dia dibayar dalam Euro? Pound? Dolar?

Mengapa dia menamai anaknya Brooklyn?

Serius, apaan sih itu?

Saya nama anak saya Harlem.

Tidak, gores itu .... tunggu, jika Beckham menamai anaknya Brooklyn, apakah itu sebabnya semua orang sekarang menamai anak mereka London?

Serius, Anda lihat berapa banyak orang yang menamai anak mereka "London" sekarang?

London, Paris, Milan .... Nama yang sama yang Anda lihat di setiap butik dan salon Wannabe di kota.

Pria yang satu ini di NY mencoba menjual tas kepada ibu saya dan dikatakan: "Dari Millanne".

Sial lucu.

Seperti orang itu di Balai Kota yang menjual Ray-Bans. Harus disebut Ray Bums.

Simpan itu untuk nanti.

Snap!

Jay menggerakkan kakinya yang lain!

Ayo satu, ayo ...... sial!

Menyeberang.

Mengapa pria selalu menyilangkan kaki di bawah meja mereka?

Saya akan mencobanya.

Hanya perlu menggerakkan kaki saya ke atas dan kemudian mengangkat cek saya dari kursi ....

"Tuan Davies."

Tahi.

"Bisakah kamu datang ke sini dan mengisi silsilah keluarga?"

Apa itu?

"Kamu telah diam sepanjang kelas ini. Saya pikir Anda mengambil semuanya. Ini, ayo."

Omong kosong ini ....

"Oke, jadi kita punya porsi bawah sebagian besar dilakukan. Mengapa Anda tidak mulai dari atas?"

Tidak perlu panik. Pikirkan saya punya ini.

"Baiklah, jadi, di atas, kita punya ...."

Pikir.

"Alfred! Ya, Alfred, memulainya dengan gaya alfabet A."

Sekarang bagaimana? Bukankah kebanyakan dari orang-orang ini begitu-sehingga mereka menamai semua anak mereka dengan nama mereka sendiri? Seperti George Forman tapi setidaknya mereka membiarkan gadis-gadis itu menjadi "Alfreda" dan tidak semua "Alfred"?

"Saya akan memberi Anda satu, Tuan Davies. Yang berikutnya adalah Edward."

"Benar! WASPy nama nomor dua!"

Oke, hot streak di sini.

"Lalu ada pria dengan nama Elon Musk ...."

"Apa?"

"Kau tahu, dengan surat funky itu, agak mirip dengan anak Elon Musk ...."

"Permisi?"

"Jay, siapa namanya?"

"Æthelstan."

"Laki-laki saya!"

"Sekarang, Tuan Davies ...."

"Cepat, proyek kelompok, mari kita percepat ini. Emma, siapa lagi?

"Benarkah?"

"Ayo!"

"Edmund dan Eadred."

".... Oke! Sekali lagi, nama WASPy ...."

"Oke, Tuan Davies, kita sudah selesai."

"Tapi kami hanya melakukan empat nama."

"Terima kasih, Tuan Davies."

_______________________

Kembali ke mengukur papan lantai.

Tunggu, apakah ini berarti Emma menggali saya? Dia benar-benar menggali saya! Bagus.

"Tuan Davies, tunggu sebentar selama beberapa menit."

Prosedur standar.

"Saya tahu bahwa Anda tahu bahwa penyelesaian silsilah keluarga adalah wajib. Ini akan ada di final semester."

"Dan itu akan dilakukan. Bahkan pria Elon Musk!"

"Tuan Davies, Anda juga perlu memahami pentingnya berbagai tokoh. Setelah Anda belajar lebih banyak tentang setiap individu, Anda dapat menyatukan semuanya dengan jauh lebih baik."

"Benar, taruh wajah untuk itu."

"Tepat."

"Masuk akal."

"Begitulah cara kita memahami kemanusiaan sambil mempelajari narasi sejarah yang kompleks."

Dia benar-benar mencuri itu dari sebuah film.

"Benar."

"Sejarah sangat menarik ketika tidak semua tentang tanggal dan infanteri, Tuan Davies. Jangan biarkan video game membodohi Anda."

Apa? Apakah dia berbicara tentang Call of Duty? Tidak layak, biarlah.

"Saya akan mengingatnya. Orang-orang dan kepribadian, saya akan menjadikannya sesuatu.

"Kamu akan mendapat manfaat."

"Bolehkah saya mengajukan pertanyaan?"

"Kamu bisa bertanya dua. Pertanyaan Anda adalah satu apa adanya dan sekarang Anda dapat bertanya kepada yang lain."

Orang ini ....

"Oke. Jadi, Anda memberi tahu saya betapa pentingnya memanusiakan sejarah dan menghadapinya."

"Iya."

"Tapi kami sepertinya hanya menempatkan wajah ke Inggris. Kelas ini adalah sejarah Eropa tetapi kami belum belajar apa-apa tentang Spanyol, Italia, Rumania, Kroasia ...."

"Belum ada tempat-tempat itu, Tuan Davies."

"Mungkin tidak dalam nama, tetapi mereka masih ada secara fisik di sana."

"Kita akan menemui mereka pada akhirnya."

"Oke, tapi mari kita lihat apa yang kita pelajari tahun lalu dan apa yang seharusnya kita pelajari selama dua tahun ke depan."

"Maksudmu kurikulumnya?"

"Iya."

"Ada apa dengan kurikulumnya?"

"Satu-satunya wajah yang kita lihat adalah Inggris, AS-"

"Orang Amerika."

"Tidak, karena, jika itu orang Amerika, kami akan memasukkan penduduk asli Amerika, Meksiko, Kanada, Amerika Tengah, Amerika Selatan. Kami bahkan tidak melakukan Amerika dengan benar."

"Baik-"

"Satu-satunya wajah pada dasarnya adalah Eropa Barat dan berbasis di AS. Mungkin beberapa orang Prancis."

"Apa maksud Anda, Tuan Davies?"

Apakah layak untuk pergi ke jugularis? Jika dia tidak mendapatkannya sekarang, apakah itu penting? Persetan, tetap polos.

"Membosankan. Ada sedikit atau tidak ada variasi."

Mengapa dia belum menjawab? Dia hanya menatapku. Apakah saya menghancurkannya? Apakah dia mempertanyakan karir dan pilihan hidupnya? Apakah kita punya waktu? Apakah saya sekarang gurunya?

"Tuan Davies, ketika Anda kuliah, mendapatkan bujangan, kemudian master, bekerja di tiga museum paling bergengsi yang pernah ada di dunia, dan kemudian memperoleh gelar doktor, kita dapat melakukan diskusi ini. Jika tidak, Anda membuang-buang waktu saya."

Dia mendapatkan barang-barangnya. Dia akan keluar dari pintu. Persetan.

"Sama seperti Anda membuang waktu saya dengan sekelompok pria dan wanita yang sedarah dari generasi ke generasi dan kemudian bertanya-tanya mengapa anak-anak mereka mengenakan kostum Nazi di Vegas!"

_______________________

Penahanan hari Sabtu.

Bukan penahanan pagi.

Penahanan hari Sabtu.

Pria itu begitu sibuk dengan keluarga yang bahkan tidak terhubung dengannya.

Serius, apa kesepakatannya?

Kita seharusnya menghabiskan hari menyebarkan pupuk dan menyiapkan ladang.

Sekolah swasta lho?

"Ini hukumanmu, anak muda, kerja manual!"

Setidaknya mereka membiarkan kita mendengarkan sesuatu saat berada di luar.

"Yo, Andrea, bagaimana kabarmu di sana?"

Man, bahkan ketika membalik burung itu, dia lucu. Dia punya cat kuku hitam hari ini.

"Oh, ayolah, 'Drea, kesengsaraan mencintai perusahaan!"

"Diam, aku sedang mendengarkan podcastku."

Podcast? Sekarang?

"Apakah kita tidak merasa cukup dengan itu selama seminggu?"

Sekarang dia kesal. Earbud telah ditarik keluar. Cemberutnya surgawi.

"Lihat, numbnuts-"

Tunggu, apakah dia baru saja mengutip ibuku?

"Ini, program ini di sini, ini milikku. Ini kedamaian saya, meditasi saya, apa pun yang Anda ingin menyebutnya. Jangan merusaknya."

"Tentang apa ini?"

"Semua omong kosong yang tidak mereka ceritakan padamu di kelas sejarah."

"Benar, jadi apa yang kita bicarakan?"

Dia menatap. Kakinya mengetuk. Apakah dia menyukaiku?

"Bagaimana CIA membunuh orang di seluruh dunia."

"Oh, seperti bagaimana mereka berencana untuk membunuh Patrice Lumumba, kan?"

Sial, matanya melebar seperti burung hantu.

"Anda tahu tentang itu?"

Tentu saja, mengapa saya tidak?

"Iya. Ini bukan rahasia."

"Bagaimana Anda tahu?"

"Yah, dokumen telah dideklasifikasi untuk sementara waktu ...."

"Tidak, dipshit, bagaimana kamu tahu tentang Lumumba?"

"Ayahku memberitahuku."

Kenapa dia menatapku seperti itu?

"Mengapa dia peduli?"

"Tentang apa?"

"Tentang Lumumba."

"Entahlah, dia mencintai DRC."

"DRC?"

"Republik Demokratik Kongo."

Untuk seseorang yang memberikan getaran "Saya benci pemerintah", dia mengeluarkan energi FBI yang serius.

"Apa yang bisa Anda ceritakan tentang DRC?"

"Saya tidak tahu. Ada banyak."

"Apa yang harus saya ketahui?"

"Saya bukan ahli ...."

"Untuk usia kita dan di sekolah kita, kamu adalah hal terdekat yang aku punya. Jadi, apa yang harus saya ketahui?"

Di sinilah menjadi rumit.

Di mana Anda mulai?

"Yah, saya harus mengatakan bagaimana, Anda tahu, jelas ada banyak sejarah sebelum kolonialisme."

"Tidak begitu jelas bagi semua orang."

"Iya."

"Apa yang menonjol tentang itu sekarang?"

"Ini adalah negara besar dengan keragaman linguistik dan budaya. Ada banyak sekali hutan, bukit, gunung, dan lingkungan yang berbeda. Banyak sumber daya alam."

"Hmmm. Karet, kan?"

"Iya. Itu dan hal-hal lain."

"Kamu tidak ingin berbicara tentang Leopold, kan?"

"Tidak juga."

"Oke. Saya mengerti."

Apakah dia melakukannya?

"Kamu tahu bagaimana kita mempelajari semua tentang raja dan ratu?"

"Tentu saja. Bagaimana mereka semua menikah satu sama lain, dll."

"Itulah yang saya katakan!"

"Uh, ya, aku, cukup yakin seluruh lorong tahu bagaimana perasaanmu tentang keluarga kerajaan."

"Benar. Bagaimanapun, sebelum Negara Bebas Kongo dibentuk, ada beberapa kerajaan, kerajaan, dll."

Dia mengubah posenya. Pikirkan dia menyuruhku untuk melanjutkan.

"Jadi, ada satu kerajaan yang satu ini, Kekaisaran Luba, dan mereka ada selama ratusan tahun. Para penguasa menghargai seni, memiliki sistem pemerintahan yang mampu bertahan selama beberapa generasi, menggunakan sistem perdagangan yang kompleks, dan, Anda tahu, pada dasarnya membunuhnya."

Kepalanya dimiringkan. Dia masuk.

"Namun, bagian yang menurut saya paling keren adalah Mbudye Society."

"Apa?"

"Mbudye. Mereka adalah sekelompok pria yang dilatih untuk menjaga sejarah rakyat mereka tetap hidup."

"Jadi, apa yang mereka lakukan? Apakah mereka seperti biksu yang duduk di biara atau semacamnya?"

"Tidak, mereka menjaga sejarah tetap hidup dengan kata-kata mereka. Pikirkan tentang itu, mereka adalah penjaga gerbang sejarah kekaisaran. Mereka adalah buku sejarah berjalan."

"Jadi, tidak ada kepala yang mencukur?"

"Jangan."

"Mereka akan bangun dan mulai berbicara?"

"Mereka menggunakan alat yang disebut Lukasa. Ini cukup obat bius, sebenarnya. Mereka akan memegangnya di tangan kiri mereka dan kemudian melacaknya dengan tangan kanan mereka."

"Seperti papan Ouija?"

Benarkah?

"Uh, tidak cukup."

"Tapi bagaimana itu membantu mereka mengingat sesuatu?"

"Kamu memikirkannya seperti kita sedang belajar di kelas."

"Apa?"

"Ini tidak dimaksudkan untuk menjadi Titik A ke Titik B ke Titik C."

"Nah, lalu hal macam apa yang seharusnya?"

"Mbudye bisa melafalkan sejarah dengan cara mereka sendiri. Tidak semuanya harus .... Anda tahu, seperti garis."

"Linier."

"Apa?"

"Kata yang Anda cari. Linier."

"Itu poin A ke titik B ...."

"Iya."

"Gotcha. Oke, jadi bagian dari apa yang membuat Mbudye semakin keren adalah bagaimana mereka memasukkan mitos ke dalam sejarah mereka. Anda tidak harus semua dipotong dan dikeringkan dengan itu."

"Adakah yang secara khusus yang menonjol?"

"Apa maksudmu?"

"Ada Mbudye tertentu?"

"Jangan."

"Mengapa tidak?"

"Karena bukan itu intinya."

"Katamu."

"Yah, ya, menurutku, bukan itu intinya."

"Mengapa?"

"Karena perannya lebih besar dari individu. Lebih besar. Ini bukan tentang garis keturunan dan pengenalan nama-merek."

"Kamu bilang Pangeran Harry punya merek?"

"Tentu saja, dia punya merek, semua bangsawan itu punya merek."

"Bukankah Mbudye adalah merek?"

Sebelum saya bisa menjawab, dia menyeringai.

"Aku bercinta denganmu. Saya pikir saya mengerti maksud Anda. Peran pemelihara sejarah lebih dihargai daripada kemuliaan individu."

Ya, dia kurang lebih mengerti.

"Jika itu hanya sebagian dari apa yang ditawarkan DRC, saya dapat melihat mengapa Anda sangat menikmatinya."

"Ada banyak hal untuk itu. Apalagi sebelum Kapten Big Beard datang."

"Apakah keluargamu memiliki hubungan dengan negara?"

"Belum tentu. Ayah saya belajar tentang Lumumba di perguruan tinggi dan dia pergi ke lubang kelinci untuk belajar lebih banyak tentang negara. Lumumba memberi jalan kepada Leopold, tetapi dia ingin tahu lebih banyak tentang apa yang ada sebelumnya."

"Keingintahuan, eh?"

"Hanya itu."

Sudah berapa lama kita berbicara? Sial, saat itu hampir tengah hari.

"Aku akan menyelesaikannya di sini. Bayangkan kita hanya punya beberapa menit lagi sampai api penyucian selesai."

Dia meletakkan earbud-nya kembali ke tempatnya dan kembali bekerja.

Tuan Knolls datang.

"Sialan, Davies, bisakah kamu setidaknya berpura-pura selesai? Jika ada yang melihatmu mengendur, aku harus tinggal di sini lebih lama untuk mengawasi pantatmu."

"Maaf, Tuan Knolls."

"Selesaikan saja. Penn State bermain dalam satu jam dan saya ingin pulang."

_______________________ 

Kembali ke kelas.

Ada silsilah keluarga itu lagi.

Aku ingin tahu seperti apa silsilah keluarga bagi Kekaisaran Luba.

Lebih baik lagi, siapa pria berbeda yang merupakan bagian dari Mbudye? Bagaimana kisah mereka? Dari mana mereka berasal?

"Yo, perhatikan."

Siapa yang memberi saya catatan? Siapa yang melakukan itu lagi?

Tidak ada nama.

Mungkin beberapa bajingan mencatat "kamu gay" lagi.

Mari kita lihat, buka, lihat ....

Tunggu, apa?

Ini.... seorang Lukasa?

Andrea.

Di mana dia duduk?

Oke, tidak terlalu jelas, berbaliklah sedikit, mungkin bertindak seperti Anda menyesuaikan diri.

Dimana dia?

Di sana, sisi lain ruangan.

Sial, catatan itu butuh perjalanan.

Dia tidak melihatku melihat. Bagaimana jika dia tidak peduli?

Tunggu, kenapa dia tidak peduli, kirimi aku gambar?

Ini cukup baik, sebenarnya. Tidak terlalu berbeda dengan foto-foto yang ayah tunjukkan padaku.

Manik-manik, seluk-beluk, alur.

Dia mengerti.

"Tuan Davies, apakah catatan itu Anda miliki?"

Aaand begitu saja.

"Maaf, saya mencoba menemukan mereka dan mengeluarkan ini dari tas saya."

"Cepat kalau begitu."

Pindahkan tas sedikit, berpura-pura diinvestasikan, keluarkan buku catatan acak, dan kembali untuk tidak peduli.

Lebih banyak pertempuran, lebih banyak konflik, lebih banyak pernikahan.

Semua bergerak semulus Pinto bibiku di jalan raya.

Bagaimana orang ini bangkit dan memberi kuliah kepada kita tentang betapa pentingnya memahami sejarah untuk memahami masa kini, namun, tidak memiliki keinginan untuk memahami mayoritas penduduk dunia?

"Dan seperti yang Anda lihat, kami sekarang memasuki asal-usul Kerajaan Inggris."

Bukankah kita melepaskan diri dari kerajaan tersebut?

Mengapa kita terus belajar tentang orang-orang ini?

"Kami akan mengambil ini besok."

Oke, keluar seperti biasa tapi pelana di luar ruangan.

"Aku suka menggambarmu."

"Oh, terima kasih. Saya mencari beberapa gambar ketika saya sampai di rumah dan berpikir ada baiknya mencoba membuat sketsa."

"Keren. Di sini."

"Tidak, tidak, itu milikmu."

"Benarkah? Terima kasih."

"Terima kasih. Saya tidak akan pernah mendengarnya jika bukan karena Anda menggiring tentang hal itu."

Sarkasme dan senyuman. Bisakah dia berhenti menemukan cara untuk menjadi begitu cantik?

"Dengar, aku harus jaminan, tapi bisakah kamu dan ayahmu mengajariku lebih banyak kapan-kapan? Saya membaca sebuah artikel di situs web di mana gambar itu tentang Kerajaan Lunda dan kedengarannya cukup keren."

"Tentu. Kapan saja."


By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...