Sup Dan Mata-mata

Sup Dan Mata-mata




Musim gugur hampir berakhir dan jalan setapak yang biasanya dilalui Mr. John Anderson dalam perjalanan sehari-harinya dipagari dengan pohon-pohon bercabang gundul yang telah menciptakan selimut daun merah dan kuning menyala di tanah. Terlepas dari gigitan di udara, yang menyebabkan radang sendinya berkobar, Mr. Anderson paling menyukai waktu tahun ini. Dia merasa seperti bangsawan, dikelilingi oleh rakyatnya yang memujanya, saat dia mengocok perlahan dan menyakitkan di karpet merah mengenakan celana panjang, kemeja biru, dan mantel tweed tua. Dia adalah orang tua yang kesepian tetapi, ketika dia menceritakan kisahnya ke pepohonan, dia merasa sedikit kurang sendirian. Pohon-pohon adalah penonton yang tertawan dan kadang-kadang, saat mereka mengangguk dan bergoyang tertiup angin, hampir seolah-olah mereka mendengarkan. Hampir seolah-olah mereka peduli.

Hari ini tidak berbeda. Mr Anderson melangkah keluar dari apartemennya pada pukul empat, mengambil konstitusional singkat, berhenti untuk bernafas di bangku taman dan memberi makan merpati beberapa remah roti dari sakunya. Kemudian dia melakukan percakapan panjang yang sangat sepihak dengan pohon ek. Dia sedang bersiap untuk kembali ke rumah ketika dia mencium sesuatu. Itu adalah bau yang pertama kali dia pelajari untuk dihargai pada tahun 1941 dan itu adalah bau yang dia lewatkan setelah istrinya meninggal beberapa tahun yang lalu. Dia bangkit, merasa cukup suka berpetualang, dan mengikuti hidungnya ke jalan utama. Banyak yang telah berubah sejak dia berada di sana terakhir kali. Ada supermarket baru, beberapa gedung tinggi yang agak jelek dan bermacam-macam kafe kecil. Hidungnya membawanya melewati "Tulip at Twilight", "Pavilion" dan "le Dîner Lunaire" dan berhenti di depan sebuah restoran kecil bernama "The Emerald Petal."

Bertanya-tanya bagaimana semua kafe ini tampak berkembang dalam jarak yang begitu dekat, Mr. Anderson membuka pintu yang menimpali dengan lembut saat dia mendorongnya dan melangkah ke ruang makan yang remang-remang. Seorang pelayan bergegas keluar dari belakang. "Meja untuk berapa Pak? Hanya satu? Apakah Anda ingin duduk di sini?" Dia mengantarnya ke kursi dekat dapur dan baru saja akan berlari dan memberinya menu ketika dia menghentikannya. "Sebenarnya sayang, aku tidak benar-benar menginginkan menu. Um... ada bau indah yang datang dari dapur Anda... itu membawa kembali kenangan ... sup kentang? Nah, kalau begitu, maukah Anda memberi saya semangkuk besar sup? Ya, itu saja. Terima kasih."

Tuan Anderson duduk di kursinya untuk menunggu tetapi dia kembali dalam waktu kurang dari sepuluh menit dengan sup dan beberapa stik roti. Dia sedikit ragu-ragu sebelum bertanya, "Sepertinya tidak ada orang lain di sini. Maukah Anda menemani saya saat saya makan?" Pelayan itu berseri-seri padanya. "Tentu, saya akan melakukannya! Saya punya pertanyaan untuk Anda, Tuan? Tuan Anderson. Saya harus mengakui bahwa sup kentang bukan salah satu favorit di sekitar sini dan tampaknya agak hambar dan tidak beraroma bagi saya, tetapi Anda mengatakan itu membawa kembali kenangan? Maksudku, aku hampir tidak bisa menciumnya ...", dia membuntuti dengan penuh harap.

Cara Mr. Anderson melompat pada kesempatan untuk menjawab pertanyaannya, orang akan berpikir bahwa dia telah menunggu sepanjang hidupnya untuk menceritakan kembali kisah ini, dan dalam beberapa hal, dia telah menunggu untuk waktu yang sangat, sangat lama. Dia memberi tahu istrinya hampir setengah abad yang lalu, ketika mereka pertama kali bertemu dan itu membuatnya menangis sehingga dia menguburnya jauh di dalam dirinya dan tidak pernah menceritakannya lagi. Berikut kisahnya-

Saya berusia dua puluh enam tahun ketika perang pecah melawan Jerman dan saya memiliki pekerjaan yang sangat saya nikmati di sebuah toko barang antik di London. Saya ingat, pada hari yang sama kami menyatakan perang terhadap Jerman, Parlemen mengumumkan Undang-Undang Layanan Nasional dan kami semua harus mendaftar untuk layanan karena kami bukan layanan penting seperti pertanian atau obat-obatan. Joseph dan Edward, anak laki-laki yang bekerja dengan saya, mereka segera wajib militer sehingga kami menutup toko. Saya sedang menunggu untuk melihat ke mana pemerintah akan mengirim saya dan tidak banyak yang bisa dilakukan sehingga saya harus membaca makalah dengan lebih menarik dari biasanya. Saya akhirnya menjawab iklan di koran. Angkatan laut menginginkan gambar Prancis. Saya telah menghabiskan satu tahun atau lebih di Marseilles karena serangan konsumsi yang saya miliki ketika saya berusia empat belas tahun jadi saya mengirimi mereka foto-foto saya dan, dengan iseng, saya menulis surat kepada mereka dalam bahasa Prancis tentang saya tinggal di sana. Nah, apakah Anda akan mengetahuinya! Kantor pos salah menaruh surat saya dan hal berikutnya yang saya tahu saya mendapat telepon misterius yang meminta saya untuk datang wawancara untuk posisi khusus sehingga saya dapat melayani negara saya.

Saya memiliki ingatan yang cukup, (saya masih bisa memberi tahu Anda semua tentang astrolabe pelaut yang kami miliki, atau sejarah lengkap jam kukuk kuno yang duduk di sudut toko), jadi saya masih tahu alamat yang diberikan pria di telepon itu kepada saya. Datanglah ke Victoria Hotel, 8 Northumberland Avenue di London katanya. Jadi, padatanggal 9 Agustus 1940, pukul empat sore saya melakukan hal itu. Pria yang mewawancarai saya adalah orang yang serius. Mengenakan topi bowler, berbicara sepenuhnya dalam bahasa Prancis. Ingin tahu juga, hampir usil. Ingin tahu semua yang pernah terjadi pada saya, berapa banyak bahasa yang saya gunakan, siapa orang tua saya, apa yang saya lakukan ... Dia terus dan terus selama beberapa waktu. Bahasa Prancis saya agak berkarat pada awalnya tetapi saya segera merasa nyaman. Saya pikir mungkin mereka ingin saya menerjemahkan beberapa dokumen "hush-hush" untuk mereka. Bayangkan keterkejutan saya ketika dia bertanya apakah saya bersedia menempatkan diri saya dalam bahaya demi Inggris. Memberi saya giliran yang cukup tetapi saya mengatakan kepadanya bahwa saya bersedia. Saya cukup muda untuk berakhir di front perang jika saya mengatakan tidak, jadi saya pikir saya mungkin juga menempatkan diri saya dalam bahaya di mana saya memiliki beberapa pendapat dalam masalah ini. Kemudian dia menjabat tangan saya dan mengatakan kepada saya bahwa saya akan segera mendengar kabar dari mereka. Siapa "mereka" yang belum saya bangun tetapi ketika saya bertanya sebanyak yang saya dapatkan hanyalah senyum diam-diam sebelum saya berakhir di luar berkedip di bawah sinar matahari.

Mereka menelepon saya kembali dalam waktu kurang dari seminggu. Mereka mempertanyakan patriotisme saya kali ini. Bertanya kepada saya mengapa saya ingin melayani Inggris. Menusuk saya sampai saya hampir terbang dari pegangannya. Kemudian mereka memberi tahu saya siapa mereka. "Pak Anderson, saya bagian dari BUMN. Eksekutif Operasi Khusus. Tugas kita adalah mengoordinasikan sabotase, subversi, dan propaganda rahasia melawan musuh di luar negeri." Saya mengetahui kemudian bahwa Churchill ingin menggunakan BUMN untuk, dalam kata-katanya, membakar Eropa tetapi, selama wawancara itu, yang mereka katakan kepada saya hanyalah bahwa jika saya menjalani pekerjaan itu, saya mungkin menemukan diri saya diikat ke parasut, membuat langsung menuju Prancis yang diduduki Jerman. Saya bilang saya akan melakukannya.

Saya dikirim ke kamp pelatihan di suatu tempat terpencil, Hanya Tuhan yang tahu di mana, dan mereka menempatkan kami untuk bekerja sejak kami tiba di sana. Kami tidak melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam perang, dan Anda bisa tahu karena mereka juga telah mendaftarkan sekelompok gadis. Faktanya, ketika perang akhirnya berakhir dan mereka mengatakan kepada publik bahwa mereka telah mengirim gadis-gadis ke Prancis untuk memata-matai ada rona dan tangisan sehingga pemerintah segera menutup jebakannya tentang seluruh subjek. Saya tidak berpikir siapa pun selain orang-orang di museum perang benar-benar memiliki petunjuk seberapa besar para wanita itu bertanggung jawab atas kemenangan kita. Faktanya, seseorang menyelamatkan saya, tetapi itu datang kemudian dalam kisah itu. Pokoknya, perempuan, laki-laki, kita semua berlatih bersama. Minggu pertama mereka melemparkan segala macam barang ke arah kami; Kode Morse, peta, pesan rahasia, itu tidak terlalu membuat saya kesal, karena, seperti yang saya katakan sebelumnya, saya memiliki ingatan yang hebat. Tapi kemudian mereka menodongkan pistol di tangan saya dan saya membeku. Butuh waktu lama bagi saya untuk bisa menarik pelatuknya, apalagi mengenai target tetapi akhirnya saya sampai di sana. Saya tidak berpikir saya pernah sepenuhnya nyaman.

Ada beberapa tahap pelatihan dan dibandingkan dengan minggu-minggu berikutnya minggu pertama adalah sepotong kue. Mereka benar-benar paranoid, orang-orang di BUMN, dan saya kira mereka punya alasan bagus untuk mempertimbangkan bahwa mereka menangkap mata-mata Jerman dengan cara yang paling konyol. Mereka mengomel salah satu dari mereka di Skotlandia karena dia bersepeda di sisi jalan yang salah dan yang lain ketahuan memesan bir sebelum makan siang. Mengapa itu menjadi masalah? Oh karena penjatahan pemilik pub tidak diizinkan menyajikan alkohol sebelum tengah hari. Jika Anda berasal dari bagian-bagian itu, Anda akan tahu itu, itulah sebabnya polisi mendapatkan tangan mereka. Agak inane bergerak jika Anda bertanya kepada saya. Sebagai hasil dari semua ini, mereka menjadikannya misi mereka untuk membuat kita hidup dan menghirup bagian kita. Kami hanya bisa berbicara bahasa Prancis sepanjang waktu. Tentu saja, kami juga mendapat bantuan dari Nona Atkins. Dia memberi kami semua detail tentang kondisi di Prancis, pembatasan perjalanan, jatah, dan semua itu. Dia bahkan memberi kami pakaian dan memiliki saku berisi tembakau Prancis, beberapa uang receh, rintisan teater dan sampah lainnya untuk memperdalam penutup kami. Wanita cantik. Memastikan kami mendapat bayaran dan tetap berhubungan dengan ma dan pa.

Kami belajar bagaimana menghindari Nazi, bagaimana bertahan hidup di pegunungan, jika kami harus melarikan diri melintasi Pyrenees ke Spanyol, bagaimana terjun payung melompat, menangani bahan peledak, mencuri, menguping, menggunakan tinta tak terlihat, menahan siksaan ... Singkatnya, semua yang Anda lihat di film yang mereka ajarkan kepada kami. Kemudian kami menjalani tes. Mereka memberi saya waktu sembilan puluh enam jam untuk masuk ke sebuah gedung di Plymouth dan mencuri beberapa kertas tanpa ditangkap oleh polisi. Cegukan pertama datang ketika kontak asli saya, Higgs, gagal muncul. Kemudian seorang wanita muda menghampiri saya dan memperkenalkan dirinya sebagai pengganti. Namanya Christine... atau Christina... lucu bagaimana itu satu hal yang tidak dapat saya ingat. Dia sangat menarik, dan mengajukan segala macam pertanyaan tentang tugas saya dengan cara yang menawan dan begitu saja. Saya hampir lengah. Setelah menyia-nyiakan beberapa jam melakukan obrolan ringan dengannya, saya tiba-tiba tersentak ke akal sehat saya membuat beberapa alasan dan melesat. Semuanya berjalan lancar setelah itu sampai saya mengerumuni pipa pembuangan gedung. Saya memiliki satu kaki di jendela ketika senter bersinar di wajah saya dan saya ditangani oleh bobby lokal.

Pada titik inilah, pintu restoran menimpali lagi dan pelayan terkejut karena lamunannya. Dengan seringai minta maaf dia pergi untuk menyambut pelanggan baru, mendudukkan mereka dan membawakan mereka makanan mereka. Tuan Anderson mengalihkan perhatian penuhnya ke supnya. Itu masih cukup hangat. Dia menyesap beberapa teguk kecil, membiarkan setiap suap berputar-putar di mulutnya sehingga dia bisa merasakan setiap partikel. Di antara setiap sendok dia menarik napas dalam-dalam beberapa kali, menghirup aroma sup. Dia terlihat cukup aneh mengendus-endus dengan cara itu tetapi dia juga terlihat puas dan bahagia. Ketika pelayan kembali, dia melanjutkan tepat di mana dia tinggalkan.

Saya bertarung seperti neraka, saya melakukannya, tetapi bobby itu memiliki cadangan dan hal berikutnya yang Anda tahu saya diborgol di sel penjara. Saya sengsara. Saya telah gagal. Mereka telah memberi saya nomor untuk dihubungi jika saya benar-benar terjebak tetapi saya bertekad untuk tidak menelepon mereka. Saya memutuskan untuk memperlakukan seluruh situasi seperti kemunduran sementara dan ketika mereka datang untuk menginterogasi saya, saya berbohong pantat saya. Saya tidak begitu tahu bagaimana itu terjadi, ada begitu banyak adrenalin dalam sistem saya, tetapi entah bagaimana, saya berhasil meyakinkan mereka untuk membebaskan saya. Bahkan, saya mendapat pengawalan polisi kembali ke gedung dan saya mendapatkan kertas dengan waktu luang sekitar dua jam. Saya telah lulus ujian. Hadiah saya? Saya dijatuhkan di udara di atas Lyon. Saya memiliki peralatan saya, beberapa pil untuk membuat saya tetap terjaga, sianida jika saya pernah menemukan diri saya terjebak tanpa harapan untuk melarikan diri, dan sebotol rum gratis.

Anda tahu bagaimana saya mengejek orang-orang Jerman yang segera tertangkap? Yah, saya seharusnya tidak melakukannya karena dua hari setelah tugas saya di Prancis, Jerman mendapatkan saya. Tingkat kelangsungan hidup rata-rata adalah sekitar enam minggu dan saya dikurung dalam dua hari. Suram bukan? Saya kemudian mengetahui bahwa itu bukan sepenuhnya salah saya, jaringan kami telah disusupi selama beberapa bulan, tetapi tentu saja tidak membantu bahwa Nazi menemukan setumpuk laporan intelijen yang disembunyikan di kaki kursi berlubang di apartemen saya dan di kasur saya. Setelah itu saya tidak mungkin mengikuti sandiwara menjadi tidak mengerti dan menyangkal semua tuduhan mereka, meskipun saya tetap melakukannya sampai salah satu dari mereka meletakkan ujung laras senjatanya di wajah saya. Kemudian saya pikir lebih bijaksana untuk diam.

Saya dipenjara di Mauzac bersama dengan sebelas agen lainnya. Itu bukan waktu yang menyenangkan dan saya akan mengampuni Anda detail penyiksaan karena itu membuat Evvie (istri Tuan Anderson) menangis ketika saya memberi tahu dia tentang hal itu. Sejujurnya saya rasa saya juga tidak bisa menghidupkannya kembali. Itu adalah beberapa bulan yang gelap dan harus saya akui, ada banyak kali merasa ingin mengunyah tablet sianida itu dan mengakhiri rasa sakitnya. Kami semua dua belas bertahan dan saya yakin tidak ada yang mengkhianati satu informasi pun kepada para itu.

Kemudian pada bulan Juli 1941 sinar harapan pertama menembus jeruji penjara kami. Istri Jean-Pierre Bloch, Gaby, berhasil menyelundupkan beberapa kaleng sarden yang dia datangi untuk mengunjunginya. Jean- Pierre berhasil memberikan kaleng tersebut kepada Georges Begue, operator nirkabel BUMN yang berada di sel yang berdekatan dengannya. Georges berhasil melakukan keajaiban pertama yang akhirnya menyebabkan pelarian kami. Dia menggunakan kaleng untuk membuat kunci pintu penjara. Kemudian padatanggal 15 dia membuka kunci semua sel kami dan kami menyelinap keluar. Itu adalah pengalaman yang mengerikan. Pada satu titik kita semua berbaring rata di tanah saat senter penjaga menerangi ruang inci di atas kepala kita. Jantung saya berdebar begitu keras, saya terkejut kami tidak memiliki setiap penjaga penjara di tumit kami.

Kami berhasil mencapai tepi hutan sebelum bunyi lonceng alarm berbunyi. Itu adalah suara gemuruh yang menyewa melalui pedesaan. Kemudian kami mendengar lolongan anjing di kejauhan. Pengejaran pun dilakukan. Kami tidak akan bertahan setengah jam seandainya kami sendirian, tetapi untungnya bagi kami, kami memiliki pemandu. Ternyata penyelamatan kami telah diatur oleh Virginia Hall, salah satu mata-mata paling sukses di seluruh Prancis. Saya mengetahui jauh kemudian bahwa jailbreak inilah yang akhirnya melambungkannya ke puncak daftar paling dicari Gestapo dan menempatkan Klaus Barbie, tukang daging terkenal di Lyon, di jejaknya. Berkat kami, Jerman sangat marah sehingga mereka membanjiri pedesaan Prancis dengan lebih dari lima ratus agen Secret Service mereka dan memaksa Hall, dengan kaki kayunya, untuk melarikan diri melintasi pegunungan yang tertutup salju ke Spanyol. Jadi, sementara kami adalah sedotan yang mematahkan punggung unta dan mengirim ratusan agen yang mengejar Hall, dia tidak kekurangan berkah.

Dia telah mendirikan lebih dari selusin rumah persembunyian dan telah mengatur transportasi untuk kita semua. Kami berpisah dan bersembunyi di hutan sementara seorang pemburu sedang berjalan tepat di belakang kami sebelum perlahan-lahan menuju ke Lyon sambil menutupi jejak kami di setiap langkah di jalan. Dia bertemu kami di Lyon. Virginia. Ketika saya tersandung ke rumah persembunyian terakhir yang sangat lelah sehingga saya hampir tidak bisa mengangkat kepala saya, dia menemui saya di pintu dan menyodorkan sekaleng kentang panas dan sup daun bawang di tangan saya sebelum tertatih-tatih pergi. Itu adalah hal terbaik yang pernah saya rasakan. Itu tidak memiliki krim atau banyak garam atau merica, itu tidak setengah kaya seperti ini tapi Ya Tuhan rasanya dan berbau seperti ambrosia. Itu berbau kebebasan dan harapan dan keamanan. Itu adalah hal pertama yang saya makan dalam beberapa bulan yang bukan bubur atau roti keras dan kental.

Sup ini, membawa saya kembali ke momen itu. Ketika dalam semua teror itu yang bisa saya rasakan hanyalah cahaya hangat di perut saya. Sejak itu saya suka memberi tahu orang-orang bahwa jika Anda pernah menemukan diri Anda dalam sup, minumlah. Anda akan menemukan bahwa Anda hangat dan kenyang dari dalam dan, sebagai bonus, ada lebih sedikit sup untuk ditenggelamkan. Mereka menatapku seperti aku gila.

Pelayan itu tertawa. Tuan Anderson membayar supnya dan berdiri perlahan. "Saya ingin kembali besok untuk mangkuk lain" katanya. Pelayan itu tersenyum, "Saya juga suka itu. Mungkin kamu bisa menceritakan beberapa cerita lagi?" "Iya! Aku lebih menyukaimu daripada pepohonan." Dengan perpisahan samar ini, Mr. Anderson pulang ke rumah.


By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...