Masa depan di tangan

Masa depan di tangan




"Cepat Anwesha! Kita akan terlambat dan aku tidak bisa melewatkan khotbah Ma di hari ulang tahunmu!! Anda melangkah ke masa remaja Anda." Asma berteriak pada putrinya, saat dia buru-buru mengemas beberapa dokumen ke dalam tas tangannya. Anwesha datang dari kamarnya, merajuk dan memutar matanya. Bukan hanya tentang bangun jam 6 pagi pada hari Sabtu Pagi, terlebih lagi pada hari ulang tahunnya yang mengganggu Anwesha, dia tidak akan bangun di lain hari, kapan saja untuk khotbah Ma.


Ma berarti Ibu tetapi Asma tidak mengacu pada ibu kandung siapa pun; sebaliknya dia mengacu pada Ma Savitri. Ma Savitri adalah seorang pertapa religius yang hanya mengenakan kunyit dan membaca buku-buku suci & menyanyikan himne dan mendengarkan lagu-lagu kebaktian dan melakukan ritual dengan dupa dan cahaya. Tak satu pun dari ini mengganggu Anwesha - yang mengganggunya adalah Ma Savitri membaca horoskop. Lebih buruk lagi, Asma mempercayai mereka semua.


*** 


Asma memarkir kendaraan roda dua dan berujung diam-diam ke tempat tersebut bersama dengan Anwesha. Sesi telah dimulai & Ma Savitri duduk di tengah panggung, berbicara tentang bab dari Bhagavad Gita - kitab suci untuk agama Hindu. Sepertinya ada sekitar 50 orang di antara penonton. Asma & Anwesha duduk sendiri di tempat duduk yang tersedia. Asma memperhatikan dengan penuh apa yang diceritakan dan membenamkan dirinya dalam pengetahuan yang dibagikan. Di sisi lain, Anwesha hampir tidak bisa menerimanya. Dalam benaknya, dia mengejek semua orang ini. Dia tidak menentang agama mereka atau sistem kepercayaan mereka; dia hanya membenci fakta bahwa Ma Savitri mengenakan biaya sepeser pun untuk memprediksi masa depan. Prediksinya membuat orang khawatir tanpa henti, merampok hadiah mereka, membuat mereka berhutang budi padanya selamanya. Ini adalah model bisnis Ma Savitri yang menguntungkannya karena menjebak pengikut butanya.


Wacana spiritual membutuhkan waktu hampir satu setengah jam untuk diselesaikan. Setengah jam lainnya dihabiskan dalam jaringan pengikut dan membuat koneksi. Anwesha berharap dia bisa melarikan diri, karena satu jam berikutnya secara eksklusif disediakan untuk orang-orang percaya yang ingin horoskop mereka dibaca. Asma ada di sana selama jam ini - dia ingin memastikan horoskop Anwesha tidak berubah setelah 13 tahun.


Pada hari Anwesha lahir, Ma Savitri telah meramalkan - "Bintang-bintang telah sejajar pada hari keberuntungan ini untuk menunjukkan bahwa putri Anda akan menjalani kehidupan yang kaya - dia akan tinggal di bungalo, dan dicintai oleh semua orang karena perbuatan baiknya dan mendapatkan tunjangan yang tampan. Semua ini hanya jika Anda menamainya dari alfabet 'A'. Ingatlah, bahwa namanya juga harus diakhiri dengan 'A'. Itu, anakku, akan menandakan lingkaran penuh."


Asma tidak ingin satu hal pun dari prediksi di atas berubah. Dia perlu diyakinkan dan karenanya dia ada di sini. Untuk alasan yang sama, Anwesha bahkan tidak memiliki nama hewan peliharaan. Dia selalu dipanggil Anwesha - secara keseluruhan.


Ketika tiba giliran mereka untuk bertemu, Asma bertingkah seperti sedang dilanda bintang. Ma Savitri mengulurkan tangannya &mengundang mereka dengan sepenuh hati - "Halo Asma, senang sekali melihatmu!! Bagaimana kabarmu anakku?". " Saya sudah baik-baik saja, Ma. Bagaimana kabarmu?"


"Begitu juga dengan Asma. Saya melihat Anwesha kami juga ada di sini. Semua sudah dewasa. Oh, betapa kecilnya dia ketika aku terakhir memeluknya !! Senang melihatmu Anwesha, kamu tidak terlalu sering datang ke sini."


"Terima kasih" jawab Anwesha setengah hati.


"Jadi, apa yang bisa saya lakukan untuk duo ibu-anak yang menawan?"


Asma berkata "Ma, ini ulang tahun Anwesha yang ke-13. Silakan periksa apakah ada cacat pada horoskopnya." Saat dia berbicara, dia mengeluarkan dokumen yang ada di tasnya. Akta kelahiran, bagan kelahiran, sidik jari Anwesha semuanya dibagikan kepada Ma Savitri.


"Oh, selamat ulang tahun Anwesha sayang... Anda telah berubah menjadi remaja yang cantik &keras kepala pada saat itu. Mari kita lihat apakah ada sesuatu di jalan Anda untuk kehidupan yang kaya."


Ma Savitri membaca satu demi satu dokumen, sepenuhnya fokus. Dia sesekali melakukan beberapa perhitungan dan bolak-balik di antara halaman-halaman. Dia kemudian meluangkan waktu untuk melihat dokumen yang telah dia prediksi. Asma telah melakukan pekerjaan yang patut dicontoh dalam melestarikan dokumen tersebut.


Ma Savitri mendongak dan berkata "Hmm... dalam masa kerja saya, saya belum pernah melihat konsistensi seperti itu. Masa depan Anwesha aman &terjamin. Saya masih mendukung kata-kata saya. Kata yang telah saya ceritakan 13 tahun yang lalu. Tetap berduka atas kekhawatiran, anakku. Saya berdoa untuk Anda."


Dengan napas lega - Asma mengambil cuti Ma Savitri.


Dalam perjalanan pulang - Anwesha berteriak, "Bu, berhenti! Berhenti saja! Saya tidak mengerti.. Mengapa Anda mengikutinya secara membabi buta? Aku bahkan jijik memanggilnya Ma. Dia menipu orang atas nama prediksi dan tidak ada gunanya. Kami tidak berada di dekat pikirannya - dia tidak peduli. Dalam setiap kunjungan kami, saya lebih yakin tentang tipu muslihat bisnisnya. Dia mengatakan horoskop saya tidak berubah sedikit pun karena dia ingin mengamankan kunjungan kami setiap tahun, jika ada yang salah dalam perilaku saya. Dia merindukan bisnis dari akhir kami ketika kami tidak pergi selama 12 tahun ini. Dia tahu remaja sulit ditangani & dia tidak cukup mempercayai Anda untuk menanganinya. Bagaimanapun, Anda adalah orang tua tunggal. Dia hanya menjarah kita. Buka matamu, ibu dan pikirkan sendiri. "


Asma tercengang! Dia tidak memiliki kata-kata untuk mengatasi keberanian putrinya untuk mempertanyakan sistem kepercayaan orang. Asma tidak punya apa-apa untuk dikatakan, lagipula itu untuk masa depan putrinya.


Asma diam-diam menyalakan mesin skuternya dan memberi isyarat kepada Anwesha untuk duduk di atas pilion. Selama ini Asma memikirkan kata-kata Anwesha. Kalau saja Anwesha tahu ...


***


Selama beberapa generasi, keluarga Asma percaya pada horoskop. Kakeknya adalah seorang peramal - dan selain sebagai profesi yang menguntungkan, dia telah menceritakan kepada anak-anaknya kisah-kisah tentang bagaimana penyelarasan planet dan bintang memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Sebelum ayahnya dapat mewariskan profesi itu, dia berakhir dan sementara ayahnya dan saudara-saudaranya menemukan profesi lain, mereka telah meminta Ma Savitri untuk menjadi peramal mereka.


Asma selalu menghormati Ma Savitri meskipun prediksinya tidak benar. Ketika Asma lahir, Ma Savitri telah meramalkan "Pesona planet-planet terlihat di telapak tangannya. Dia akan menjalani hidup yang panjang dan bahagia dengan pasangan hidupnya."


Hanya 2 minggu setelah mengikat simpul, suami pertama Asma telah meninggal dalam kecelakaan yang tidak menguntungkan. Dia menikah lagi dan pasangan itu memiliki seorang bayi perempuan. Ma Savitri berkicau dengan prediksinya yang membuat jengkel sang ayah. Ada masalah di surga. Suaminya percaya Ma Savitri akan memprediksi peristiwa yang kontras dan tidak ingin kesuraman mengatasi Anwesha. Asma, di sisi lain, berharap setidaknya Anwesha memiliki prediksi terkait kariernya. Asma tidak ingin apa-apa selain menyaksikan putrinya menjadi sangat mandiri. Konflik telah berakhir dengan suaminya meninggalkan mereka selamanya.


***


Air mata diam keluar dari mata Asma ketika dia memikirkan semua ini. Anwesha tidak tahu setengah dari peristiwa ini, dia tumbuh menjadi anak dengan harga diri rendah. Tetangga, teman sekelas, guru, semua orang menanyakan keberadaan ayahnya. Ini menghalangi Anwesha. Dia tidak punya jawaban atau teman.


Asma tidak pernah bisa mengungkapkan masa lalunya kepada Anwesha. Karena Anwesha pasti akan berpikir dengan cara ayahnya. Dia telah melengkapi Anwesha dengan pendidikan terbaik dan tidak menyangkal apa pun darinya - dia memfasilitasi apa pun yang diperlukan untuk menghidupkan prediksi itu.


Namun Anwesha hanya mengkritiknya.


***


Untuk belajar Anwesha memiliki akses ke buku teks, bahan referensi dan bahkan memiliki komputer di rumah. Mereka bahkan memiliki generator juga jika listrik mati tiba-tiba. Asma telah bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan untuk memastikan Anwesha memiliki pendidikan yang bebas repot.


Anwesha akan melakukan tugasnya dengan baik tetapi bukan pencetak gol terbanyak. Dia akan bekerja sangat keras, tetapi tidak dengan cerdas. Dia mengeluh bahwa silabusnya sudah ketinggalan zaman dan tidak relevan. Dia lebih suka belajar pajak dan keuangan daripada sains dan sastra. Dia bahkan tidak ingin mencarinya di internet. Dia tidak mau berjalan lebih jauh. Bahkan untuk kepentingannya dan karenanya dia tidak percaya sepatah kata pun dari prediksi itu. Itu bukan dia. Dia telah memutuskan untuk bekerja di perusahaan yang layak. Dia tidak pernah mengejar pekerjaan atau posisi bergaji tinggi. Dia merasa semua hal sudah ditemukan dan tidak ada yang bisa dia lakukan.


Dia tidak terbuka kepada ibunya tentang perasaan mereka. Mereka jarang berbicara tentang Ma Savitri setelah hari itu.


***

5 tahun kemudian


Anwesha bersiap untuk Universitas di provinsi yang berbeda, jauh dari ibunya. Dia sendirian. Dia telah mendaftar untuk gelar Sarjana dalam Sistem Perangkat Lunak. Dirinya yang introvert membenci proyek kelompok & di semester pertama, dia dipasangkan dengan teman sekelasnya - Dev. Itu adalah hari presentasi dan setelah mengerjakannya selama 3 bulan mereka harus menunjukkan apa yang telah mereka terapkan.


Mengenakan formal, Dev tampak seperti kutu buku yang pasti, sangat cerdas dan bekerja cerdas. Minus gugatan itu, Dev memang seorang kutu buku. Dia mengajukan pertanyaan berwawasan & adalah favorit profesor. Perangkat lunak, teknologi, keuangan, olahraga, pertanian, film - ia dapat berbicara tentang apa saja selama berjam-jam; karena begitulah penguasaannya. Dia sangat baik membaca dan memiliki beberapa proyek hobi di berbagai domain. Dia telah menaruh hati & jiwanya untuk proyek ini dan juga telah membantu Anwesha sampai ke akarnya. Anwesha sering merasa terintimidasi olehnya. Dia adalah seorang perfeksionis.


Seperti yang diharapkan, profesor dan panelis menyukai proyek mereka dan membujuk mereka untuk mengajukan penawaran untuk investor. Mereka percaya itu adalah solusi yang menguntungkan. Dev sangat gembira - dia tahu itu inovatif. Mereka telah mengerjakan aplikasi perencanaan pesta


Di sisi lain, Anwesha membeku. Ini sepertinya tekanan padanya. Sebuah overachievement. Itu terutama rencana Dev, dia hanya memainkan perannya. Dia merasa dia mendapatkan pujian untuk apa-apa.


Setelah mereka turun dari panggung, Anwesha berkata, "Dev, aku tahu ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan untukmu. Anda selalu ingin menjadi pengusaha, memecahkan masalah, memberi orang pekerjaan. Saya beruntung saya mendapat kesempatan untuk belajar dari Anda ... tapi saya hanya,... Maksud saya, saya tidak ingin berbagi ini dengan Anda. Ini produk ANDA. Saya memainkan peran yang sangat minim. Sejujurnya saya di dalamnya untuk akademisi. Saya tidak nyaman melempar sesuatu yang bergairah untuk saya ...."


Dev tidak bisa mempercayai telinganya. Dia menatap lurus ke matanya dan berkata - "Apa yang kamu katakan pada Anwesha? Apakah Anda dalam keadaan pikiran yang benar? Memang benar saya mengerjakannya, tetapi Anda telah membagikan beban kerja saya. Apa yang memakan waktu 3 bulan sekarang, bisa memakan waktu 6 bulan jika saya sendirian. Saya membimbing Anda, Anda belajar &menerapkan dengan benar. Meskipun saya memberi Anda barang-barang minimalis, Anda melakukan pekerjaan dengan baik. Meskipun komponen baru dikodekan oleh saya, tanpa kontribusi Anda, kami bahkan tidak akan memiliki produk minimum yang layak. Apa yang juga tidak Anda pikirkan adalah dokumentasi - yang membawa 10% dari total tanda. Anda memastikan Anda melakukannya secara menyeluruh, orang awam dapat memahami produk kami karenanya. Anda pantas menjadi bagian dari ini sebanyak yang saya lakukan. Ini adalah upaya tim karena suatu alasan. Anda telah menjadi aset besar untuk proyek Anwesha, jadilah satu untuk diri Anda sendiri juga. Anda melakukan seperti yang diarahkan, itu hanya setengahnya. Setengah lainnya adalah tempat keajaiban terjadi. Sejauh ini, Anda hanya memiliki & hampir tidak ada melalui semuanya. Saya ingin Anda menjalaninya. Saya ingin Anda percaya pada diri sendiri. Melanjutkan proyek ini dapat menanamkannya dalam diri Anda. Pikirkan tentang itu. Luangkan waktumu."


Dev sangat serius saat dia berbicara.


18 tahun kehidupan melintas di depan mata Anwesha. Ibunya, Ma Savitri, dia menjadi siswa yang pemalu di sekolah, mengeluh tentang silabusnya, perkelahian dengan ibunya pada hari ulang tahunnya yang ke-13, tiga bulan Universitas terguncang dengan cepat. Dia akhirnya tahu di mana masalahnya. Bukan ibunya yang percaya pada Ma Savitri; juga bukan pendidikannya yang sudah ketinggalan zaman. Itu ada di dalam dirinya. Pandangannya. Dia menangis.


"Saya tidak tahu harus berkata apa kepada Dev. Saya melakukan seperti yang diarahkan karena saya diintimidasi oleh Anda. Saya merasa seperti kami sedang bertanding. Saya memiliki masalah kepercayaan. "


"Anwesha, aku akan merasa jika kamu meninggalkan proyek seperti itu. Pikirkan tentang itu. Saya tidak mengharapkan jawaban sekarang, tetapi jika Anda menolak tawaran itu - saya ingin alasan yang valid. Saya tidak berniat bersikap kasar kepada Anda, saya ingin Anda menyingkirkan kepercayaan diri yang rendah sebelum Anda berubah menjadi dewasa. Perjalanannya menjadi sangat sulit saat itu. Kerjakan diri Anda saat masih ada waktu. Aku akan meninggalkanmu dengan itu."


"Dan jika saya setuju, apakah saya akan menjadi orang dewasa yang sukses?" Anwesha mencoba menjelaskan apakah prediksi itu akan menjadi kenyataan.


"Itu tergantung pada bagaimana Anda melakukan riset pasar produk di domain kami. Sementara itu, saya akan melihat apakah demo yang kami miliki memenuhi standar hukum."


***


Anwesha menyukai apa yang didengarnya. Ini seperti Dev percaya padanya & berakar untuknya meskipun dia tidak melakukannya. Untuk siswa yang rajin seperti dia, dia tidak ingin mengecewakannya. Dia tidak hanya melakukan riset pasar tetapi juga menemukan beberapa agen pitching.


Mereka membutuhkan tujuh kompetisi pitching untuk disetujui investor. Bahkan kemudian, proyek harus diubah menjadi stent tertentu. Ada pekerjaan yang harus dilakukan di samping beban kursus. Mereka ditinggalkan dengan sedikit atau tanpa waktu luang. Dia sibuk; dan dia mulai menyukainya. Dengan begitu, dia tidak punya waktu untuk pembicaraan Ma Savitri. Teman-teman sekelasnya yang sebelumnya bertanya tentang ayahnya sekarang ingin mengetahui usaha akademisnya selanjutnya. Dia mendapati dirinya sangat ingin tahu dan bersemangat tentang apa yang Dev dan dia bangun.


Keberhasilan proyek datang 2 tahun kemudian. Mereka merasa dihargai - mereka berdua dapat menghapus sebagian besar pinjaman pendidikan mereka dan masih memiliki jumlah yang layak untuk berbelanja secara royal pada diri mereka sendiri. Anwesha & Dev segera mulai mengerjakan proyek mereka berikutnya. Kali ini tentang pengiriman makanan & mereka menemukan kesuksesan dalam waktu satu tahun.


Segera mereka mulai mengerjakan inventaris, menciptakan platform untuk teknologi, melatih orang, memiliki konsultasi. Tanpa ragu, mereka dianugerahi sebagai "Siswa Keluar Terbaik". Mereka diundang ke talkshow, radio. Mereka melakukan lokakarya dan mereka menjalani kehidupan terbaik mereka.


***


Itu adalah Ulang Tahun ke-23 Anwesha dan dia merayakannya bersama Asma. Dia sangat bangga dengan putrinya. Anwesha telah membantu ibunya secara finansial setelah kewirausahaannya yang sukses. Asma mengira Anwesha akan menemukan kesuksesan dengan menaiki tangga posisi ketika dia bergabung dengan sebuah perusahaan, tetapi pada usia 22 putrinya adalah salah satu pendiri beberapa usaha. Dia mampu membeli tempat berperabotan dengan pertanian. Prediksi Ma Savitri memang menjadi kenyataan meskipun dia telah menghentikan latihannya setelah sakit kesehatan.


"Bu, apakah kamu pernah mengunjungi Ma Savitri setelah dia berhenti? Bagaimana kesehatannya ?."


"Ya, dia baik-baik saja. Dia telah meramalkan saya akan menjalani kehidupan yang dicintai dengan kekasih saya ... ternyata saya menjalani kehidupan yang memuaskan dengan putri saya."


"Itu terlalu murahan ibu. Dalam kasus saya, prediksinya positif. Tapi itu tidak berkontribusi pada masa depan. Tindakan saya berhasil. Dev percaya padaku & menunjukkan jalannya. Ma Savitri bisa saja melakukan hal yang sama kepada murid-muridnya alih-alih memberi mereka prediksi yang tidak lengkap. Saya tidak bisa menyampaikan ini ketika saya berusia 13 tahun."


"Enggak apa-apa. Selamat ulang tahun sayang. Juga, apa pendapat Anda tentang Dev? Haruskah kita bertanya kepada Ma Savitri tentang prediksi romantis itu?"


Duo ibu-anak itu terkekeh saat bintang-bintang di atas mereka berkelap-kelip.



By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...