SAPUTANGAN

SAPUTANGAN




Profesor Tripathi menyantap makanannya saat dia duduk sendirian di kantin kampus Universitas Delhi, kadang-kadang mengalihkan pandangannya ke sebuah buku gemuk dengan halaman-halaman menguning yang renyah. Piyama kurta sederhana yang dia kenakan sekarang diwarnai dengan chutney merah pedas dari vada yang dia makan. Meskipun dia dan kurta putihnya berantakan tetapi buku yang dia baca tergeletak tanpa cedera saat dia dengan hati-hati membalik halaman dengan tangan kirinya yang tidak terpakai. Bukan bintik atau tempat. Dia berdiri kontras dengan kepribadiannya sendiri. Terorganisir tetapi tidak terorganisir, teliti namun ceroboh pria ini bertentangan dengan dirinya sendiri dengan caranya sendiri. Dia terkenal dengan insiden seperti itu yang membuktikan bahwa pria ini memiliki beberapa serangga di dalam kepalanya.

Tetapi Profesor Shailesh Tripathi terkenal dengan cara lebih dari itu. Karyanya yang luas tentang Kekaisaran Gupta dan dinasti-dinasti di Selatan dan tesis penelitiannya yang tidak memihak tentang periode kolonial di India telah diakui dan dihormati secara nasional. Pria itu selalu menganggap masa lalu menarik, keakraban di tahun-tahun itu yang terkubur begitu dalam dalam kerangka waktu. Namun dengan studi bertahun-tahun dan evaluasi yang cermat, dia menyadari bahwa baik kehidupan di masa lalu maupun sekarang tidak layak untuk dijalani. Itu pasti mencari nafkah tetapi bukan era untuk menjalani kehidupan.

Shailesh selalu menjadi penganut setia konsep yugas. Dalam agama Hindu konsep yuga atau yang disebut sebagai traktat waktu yang besar telah dibagi menjadi empat bagian. Satya Yug atau periode emas berkembang dan bangkitnya umat manusia sampai puncak dengan kompas moral yang tidak tercemar. Selanjutnya adalah treta yug kemudian dvapar dan terakhir kali yug. Diyakini bahwa dengan setiap yug moral, nilai-nilai dan konsep-konsep kemanusiaan akan mengendur dan berkurang sedikit demi sedikit akhirnya mengarah ke akhir peradaban. Kali yug adalah waktu yang sedang berlangsung dan orang yang menulis dalam sejarah tahu bahwa Kalki tidak akan pernah datang, kata atau memberi tahu penyelamat umat manusia di Kali Yug. Avtar kesepuluh Wisnu.

Profesor Tripathi tidak bisa menaruh pikirannya ke satu tempat. Ide itu membuatnya bersemangat. Kebenaran di lain waktu adalah suatu keharusan untuk diketahui. Tidak peduli siapa yang mengatakan apa. Rasa ingin tahu, obsesinya tidak akan membiarkannya beristirahat. Meskipun dia percaya pada konsep yuga, tetapi dia memanfaatkan keraguan yang cukup untuk mempercayai keyakinannya. Tidak diketahui dan tidak benar sampai terbukti dia berpikir sendiri.

Pergeseran itu singkat hari ini. Profesor telah pensiun ke tempat tinggalnya lebih awal melahap sepiring kulche chole yang duduk di kursi favoritnya. Meskipun dia pernah menikah tetapi istrinya meninggal muda. Dia masih merindukannya, mata cerdas itu dan semangatnya yang gigih. Dia biasa memasak untuknya setiap hari, setiap saat. Tripathi telah kehilangan sebagian dari dirinya ketika dia harus berpisah dengannya. Hal-hal tidak pernah berubah, melainkan dia memastikan bahwa itu tidak pernah terjadi. Tripathi melihat jam dan menyadari sudah larut. Menelan potongan terakhir kulcha dia bangkit untuk mencuci dirinya sendiri dan menjadi segar. Bel berbunyi tepat pukul 6.45. Profesor itu terkesan. Dia menyukai orang tepat waktu, tetapi dia jarang melakukan itu sendiri, orang aneh seperti dia.

Tripathi membuka pintu.

Seorang pria dengan tinggi sedang dan tubuh yang kuat melangkah masuk. Mengenakan kemeja katun dan celana panjang, tontonan pelek emas duduk di hidungnya dan bau aftershave mahal memenuhi ruangan. Dia mengulurkan tangannya dengan namaste hormat.

'Namaskar' katanya menyapa profesor.

'Masuklah ke Bakshi.' Sailesh tersenyum.

Kedua pria itu duduk berhadapan satu sama lain saat mereka berdua menyesap secangkir teh panas.

'Profesor apa yang diinginkan seorang sejarawan dari seorang fisikawan? Kami tidak memiliki kesamaan. ' Bakshi tersenyum.

'Tentu Bakshi? ' Sailesh menyesap dan menutup matanya.

'Terangi saya! Yang tahu segalanya'

Tripathi merasakan nada ejekan yang mengejeknya. Tapi begitulah Bakshi.

"Yah kami memiliki hal yang sangat umum di antara kami. Waktu sayangku. Sudah waktunya. Anda masih tersesat dalam memecahkan paradoks dan saya masih tersesat dalam memahami apa yang terjadi di dalamnya.'

'Siapa yang bisa menang melawanmu? Tapi tetap saja mengapa Anda membutuhkan saya. Apakah Anda ingin berdebat dengan anak laki-laki tua? '

Aku butuh bantuan Bakshi. Saya butuh bantuan Anda. '

'Pekerjaanmu selesai bukan. Saya ingin pertemuan sejarah dan fisika. '

Samiran Bakshi telah berusaha untuk menjaga dirinya tetap terkendali. Dia menghormati Tripathi tetapi sekarang dia menemukan emosinya terbang.

"Dengan hormat profesor. Pekerjaan saya belum selesai. Dan itu akan memakan waktu lima belas tahun lagi. Saya baru saja menggores permukaannya. Mesin waktu yang saya buat bukan untuk Anda tumpangan untuk melihat apa yang dimakan Akbar untuk sarapan.'

"Bukan itu yang saya inginkan. Saya ingin penemuan Anda menjawab pertanyaan saya. Itu karena banyaknya alasan yang sama nandini berbicara dengan Anda. Saya ingin menyelesaikan apa yang dia tinggalkan belum selesai. '

Selama sisa waktu baik berbicara maupun berdiskusi, berbagi dan maju ke berbagai diskusi. Samiran pergi dengan 9. Profesor itu tahu dia tidak akan pernah setuju, tetapi dia telah menduga bahwa dia akan dapat menanam ide itu. Dan pekerjaan itu sepertinya sudah selesai.

Lima belas tahun sisanya membutuhkan waktu lebih dari sekejap untuk memudar. Namun, aktif dalam pekerjaan dan ajarannya Profesor Tripathi akhirnya ada di sana menandatangani dokumen 'Tidak keberatan'. Dia telah membawanya ke pers dan media bahwa dia tahu bahwa ini adalah risiko. Bahkan jika dia meninggal hari ini mereka harus tahu dia telah menjalani kehidupan yang damai dan tenang dan ini jauh dari rasa ingin tahunya. Dia mengatakan bahwa apa pun hasilnya hari ini orang-orang tidak boleh kehilangan kepercayaan mereka pada fisikawan karena dia adalah masa depan. Dia adalah cahaya baru.

Profesor Tripathi berjalan di dalam ruangan. Sendiri. Instruksi telah diberikan. Itu adalah pintu kayu kecil yang dia buka terlebih dahulu dan kemudian menghilang ke interior. Bakshi memiliki kendali, dan dia telah memperingatkan profesor untuk memegang baling-baling dalam kendali yang tepat. Sedikit kesalahan bisa berakhir dengan konsekuensi yang bahkan dia tidak yakin.

Profesor itu telah meninggal keesokan paginya. Serangan jantung. Tidak ada yang tahu apakah perjalanan waktu telah berhasil, dan dia tidak mengatakan sepatah kata pun setelah dia datang. Dia tampak tua, dia tampak lemah, dan dia mengunci diri di kamar Bakshi sesudahnya. Tidak menanggapi, tidak menjawab.

Bakshi berjalan-jalan di kamarnya. Ruangan ini memiliki nafas terakhir profesor. Dia tidak tahu apakah dia harus merasa kesal atau sedih. Pria ini selalu menjadi masalah. Dan di sini dia dalam masalah lagi. Massa pecah dalam gelombang yang sudah menyatakan Bakshi sebagai ilmuwan yang gagal dan pembunuh. Asyik dengan pikiran Bakshi tiba-tiba melihat saputangan profesor. Yang bersulam merah muda. Yang ditenun Nandini. Dia mengambilnya merasakan kain di tangannya dan tertegun. Tulisan itu serampangan tetapi dapat diperbaiki dan dengan tinta merah pena profesor.

Samiran Anda telah menciptakan keajaiban.

Sepanjang hidup saya, saya telah membuktikan keyakinan saya dan kali ini Anda melakukannya untuk saya. Ya mesin Anda berjalan melewati dan ya saya ingin Anda percaya bahwa saya ingin beralih kembali di yugs. Tapi bukan itu yang saya inginkan kali ini. Saya selalu tahu Anda adalah seorang pembunuh. Kamu telah membunuh istriku hari itu ketika dia menolak untuk meninggalkanku untukmu. Saya tahu saya tidak bisa membuat Anda digantung karena kematiannya tetapi kematian saya dapat merampok Anda dari semua yang telah Anda peroleh. Saputangan ini tidak meninggalkan bukti dan serangan jantung ini diinduksi. Tidak beruntung mencoba mencari tahu caranya, Anda akan menabrak batu. Saya telah mengaturnya teman saya. Adieu!

~Tripathi

Samiran melihat ke luar jendela. Massa tampak gelisah ketika batu tajam menghantam jendela yang menyakitinya. Darah menetes di lukanya saat agitasi tumbuh.


By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...