Nasib oleh Bumi

Nasib oleh Bumi




Nasib Oleh Bumi

Oleh Katerina

"Dari bumi kita dilahirkan, dan dari bumi nasib kita akan diketahui."

Ini adalah garis yang terukir di dinding pikiran kita sejak lahir. Anda dapat menemukan jejaknya di mana-mana; di rumah, di dinding batu gua suci, dalam percakapan sehari-hari ... mana-mana. Itu ada dan selalu ada sejak awal kuno desa kami. Kita menyembah garis ini, seolah-olah itu adalah dewa atau dewi, dan untuk mempertanyakannya, akan dianggap sebagai dosa dan dipandang rendah sebagai hal yang sama sekali memalukan pada siapa pun yang berani mengatakan atau memikirkan hal seperti itu. Saya telah tumbuh dengan garis ini menjadi pusat kehidupan saya, dari semua yang kami lakukan, jadi saya harus memujanya sebanyak yang dilakukan orang lain. Saya harus mempercayainya tanpa keraguan apa pun, namun, saya tidak percaya sama sekali.

Saya tinggal di sebuah desa yang dikelilingi oleh semua keajaiban yang dapat ditawarkan oleh alam di pegunungan jauh di dalam dadanya. Di desa saya, dia dihormati di atas segalanya, karena dialah yang melahirkan sungai-sungai dingin dan menyegarkan yang mengalir turun dari puncak gunung; Dialah yang melindungi kita dari badai biadab yang melanda tanah kita setiap beberapa bulan; Dialah yang menyuburkan tanaman kami dan memberi kami banyak; Dialah yang menyediakan apa yang kita butuhkan. Dia telah memberi kita banyak hal dalam kehidupan ini; kelimpahan berlimpah yang tidak dapat kita mulai ungkapkan betapa kita bersyukur, namun meskipun dia menjulang di atas kita dalam setiap aspek kekuatan melawan kita makhluk kecil, kita membuat sudut-sudut tertentu yang telah menjadi sepenuhnya milik kita. Desa saya terbuat dari rumah-rumah kecil dan gubuk-gubuk dari kayu dan batu serta bahan-bahan duniawi lainnya. Kita telah membentuk jalan kita sendiri sewaktu kaki kita berjalan maju mundur, membentuk bumi di bawahnya menjadi jalan yang halus dan kotor, tak terbatas seperti yang dapat dilihat mata; di sana untuk tinggal selamanya. Bahkan ada beberapa jalan tanah yang menuju ke pantai, di mana orang dewasa pergi memancing dan mengajari anak muda trik yang sama, ketika mereka tidak bermain di pasir dan air di bawah angin dingin dan sinar matahari. Melalui kerja keras, desa saya telah menciptakan untaian tanaman dan saluran irigasi, seperti untaian tetesan air hujan yang menetes ke cakrawala. Kami telah membuat sudut ini di seluruh dunia menjadi milik kami sendiri.

Di dasar salah satu gunung dekat desa, ada sebuah gua yang terbuka di depan Anda dan membentang ke terowongan yang agak gelap di mana pada akhirnya, sebuah cahaya kecil berkedip, seolah-olah memanggil Anda untuk mendekat. Saat Anda berjalan melalui gua ke dalam kegelapan, Anda dapat melihat dinding gua menjadi kasar di beberapa ujung dan halus di sisi lain. Anda berjalan merasakan udara menjadi tebal dan lembab saat Anda mendekati ujung gua hanya untuk mengungkapkan lubang besar yang menjulang di atas langit-langit, membiarkan cahaya cemerlang melewatinya ke dalam gua dan ke air berkilauan yang berkilauan di bawahnya di lantai gua. Di kolam, ada ribuan batu bulat kecil yang mengganggu lantainya, dan di sinilah ritual suci berlangsung.

Ketika seorang bayi baru lahir di desa, dalam minggu pertama kelahirannya, orang tua dan beberapa orang lainnya pergi ke gua. Mereka berjalan sampai ke ujung gua dan sesampai di sana, mengambil salah satu batu bundar yang menutupi lantai kolam dan membiarkan bayi itu memegangnya sejenak untuk dirinya sendiri. Ketika orang tua mengambil batu dari bayi, mereka mencelupkan sisi batu yang menunjuk ke hati bayi ke dalam air dan menahannya ke cahaya surgawi gua, untuk menemukan di wajahnya sebuah prasasti nasib sendiri.

Tradisi ini terus diterapkan dari generasi ke generasi—siklus tak terbatas—tidak pernah berakhir. Bumi dan desa selalu terhubung, karena bumi memberi kita kehidupan, tetapi itu juga memberi tahu kita nasib kita, atau begitulah kata mereka, memperingatkan kita untuk waspada bahwa kita semua akan bertemu adalah akhir, seperti semua yang ada di permukaan bumi harus. Ketika saya baru saja baru lahir, ibu saya membawa saya ke gua, seperti banyak orang sebelum saya, untuk mengetahui nasib saya. Ketika ibu saya memegang batu saya ke cahaya, dia dikejutkan oleh tulisannya:

"Untuk tumbuh dengan cinta dan terbang tetapi ditakdirkan untuk jatuh terlalu muda. Hati akan memutuskan."

Ibuku menangis. Nasib saya adalah mati muda. Meskipun itu menyakitkan ibuku, dia menyimpan batu itu dan menganggapnya sebagai harta yang berharga, seperti yang dilakukan semua orang ketika mereka menerima masa depan mereka. Karena tempat inilah, dari gua suci ini, garis yang begitu banyak mencerminkan kehidupan kita berasal. Yang terus-menerus mengingatkan saya pada kematian yang tidak saya minta atau ingin saya ketahui. Mengapa? Mengapa saya? Mengapa bumi memutuskan? Ini adalah hidupku. Pertanyaan sepertinya selalu menari di benak saya ketika saya melihat batu saya yang duduk di rak, tetapi tidak hanya di sini. Nasib saya diketahui oleh banyak orang di desa, dan sebagai konsekuensi dari itu, saya terus-menerus diberitahu:

"Nikmati setiap momen.", seolah-olah saya tidak.

"Bagaimana perasaanmu?", seolah-olah mereka mengharapkanku merasa sakit pada saat itu.

Lebih sering daripada yang dapat saya hitung, mereka telah mengatakan hal-hal ini kepada saya, tetapi saya tahu mereka selalu bermaksud baik, bukan kata-kata yang persis membuat saya merasa kesal, tetapi ekspresi yang mereka buat dengan mata mereka dan cara mereka mengatakannya terkadang yang mendorong saya untuk marah. Mereka menatapku dengan mata yang menyedihkan, seolah-olah aku akan mati di hadapan mereka, atau lebih seperti, mereka melihatku sebagai roh daripada makhluk hidup. Mereka akan mati sebanyak yang saya mau. Kita akan menemui akhir yang sama persis, jadi mengapa? —Mengapa saya?

Hari ini, saya menemukan diri saya melarikan diri di tepi sungai yang mengalir di pegunungan saat mereka mengalir sampai ke laut di kejauhan. Saya melihat ke cakrawala sewaktu saya merasakan air dingin dari sungai yang mengalir mengalir melalui kaki saya. Saya selalu datang ke sini untuk menjauh dari itu semua dan hanya menikmati alam di sekitar saya. Aku tidak membenci bumi atau alam; yang tidak saya sukai adalah nasib saya yang tidak pernah bisa saya pilih. Anehnya, meskipun saya telah berada di sini berkali-kali sebelumnya, pada saat inilah saya menyadari sesuatu. Sungai lahir dari pegunungan dan mengalir untuk memenuhi ujungnya di laut, tetapi tidak berakhir sama sekali. Dari sana ia membuat keputusan sendiri karena mengalir bebas di laut yang tidak pernah berakhir. Saya menyadari kebenaran. Saya punya pilihan. Saya pergi ke gua suci dan berdiri di depan air kolam yang berkilauan. Di tangan saya, saya memegang batu saya, dan saya melemparkannya kembali ke kolam tempat batu itu berasal. Saya akan memilih nasib saya sendiri karena hanya saya yang bisa membentuknya.


By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...