Jalan menuju Neraka

Jalan menuju Neraka




Lili melihat sekeliling saat dia membantu dirinya sendiri ke biskuit. Itu tidak ada gunanya –, dan tua – tapi dia tidak datang kepadanya untuk memasak. Udara bergetar keras di sekelilingnya, panas dan berat di kulitnya. Dia tidak bisa melihat banyak dari sekelilingnya.

"Saya mendengar bahwa Anda sudah selesai menulis", katanya, dan melihatnya berbalik untuk menatapnya dengan rasa ingin tahu.

"Kurasa aku", dia setuju dengan termenung, berjalan kembali padanya. "Rasanya aneh, akhirnya bisa mengatakan hal seperti itu."

Mereka berdua melihat Kitab itu. Dari luar, itu polos dan sederhana, tampaknya tidak berbahaya. Itu bisa saja membodohinya – itu akan terjadi, di masa lalu. Tapi dia telah tumbuh sejak saat itu.

"Saya mendengar", katanya lagi, "bahwa Anda akan memberikannya kepadanya."

"Kamu mendengar banyak hal, sayangku. Bolehkah saya bertanya siapa yang memberi tahu Anda semua ini?"

Anakmu, Lili berpikir, entah bagaimana anakmu selalu tahu apa yang kamu lakukan sebelum orang lain melakukannya.

"Tidak masalah", katanya sebagai gantinya. "Saya jadi tahu apakah itu benar."

Dia tersenyum, duduk, dan bersandar di kursinya, matanya tidak pernah meninggalkannya.

"Itu. Mengapa lagi saya harus menuliskan semuanya?"

Di atas mereka, matahari terik sekeras biasanya. Gurun bukanlah tempat untuk minum teh dengan musuh terbesarmu, tapi Lili tidak punya banyak pilihan. Dia melihat sekeliling mereka, hanya untuk menemukan bukit pasir yang terbakar dan pantulan berkilauan menari di udara. Mereka sendirian di dunia. Dan dia sepertinya bersenang-senang.

Dia melihat Buku itu lagi.

"Ini akan melakukan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Bukankah kamu seharusnya menjadi orang baik?"

"Orangbaik", dia mengulangi seolah-olah kata itu baru baginya. "Di mana mungkin kamu bisa mendapatkan gagasan ini, sayangku?"

Dia menatapnya. Dia tampak tulus, benar-benar ingin tahu, benar-benar tercengang pada gagasan bahwa dia harus tunduk pada semacam standar moral. Dia merasakan, jauh di dalam tulangnya, keinginan yang marah dan luar biasa untuk menamparnya. Aku membencimu, dia ingin mengatakannya. Tapi dia tahu lebih baik.

Dia memiringkan kepalanya ketika menjadi jelas bahwa dia tidak akan menjawab, dan tersenyum perlahan, seolah hanya memahami maksudnya.

"Aku tidak baik atau buruk, sayangku. Tidak pernah, tidak pernah bisa. Saya berada di atas kriteria ini; Saya adalahkerangka kerjayang dengannya kriteria ini dapat dinilai. Apakah Anda masih belum mendapatkannya, setelah sekian lama? Kami sudah melakukan percakapan ini."

Dia membayangkan dirinya merobek kepalanya dari tubuhnya, membayangkan darah dan jeritan dan kedipan ketakutan di matanya tepat sebelum dia meninggal. Aku membencimu, dia tidak mengatakan, aku membencimu, aku membencimu, aku membencimu. Dan suatu hari, suatu hari aku akan membunuhmu.

Apa yang akan terjadi kemudian, jika dia berhasil, haruskah dia mati? Apakah itu sepadan? Apakah dia akan hidup cukup lama untuk merasakan kemenangan dan kelegaan yang memompa melalui pembuluh darahnya?

"Kami tidak pernah membicarakan hal ini," balasnya. "Buku itu mengubah segalanya."

"Apakah itu?"

"Tentu saja! Apakah Anda menganggap saya bodoh? Apakah Anda berpikir bahwa saya – bahwakita – tidak dapat melihat apa yang Anda lakukan? Anda mengaku berada di atas kuantiti moral, namun di sinilah Anda, menulis kepada umat manusia seluruh buku pedoman tentang bagaimana menjadibaikdengan mengikuti prinsip-prinsipAnda. Menulis ulang sejarah, sehingga mereka mengikuti aturan Anda tanpa pernah tahu lebih baik."

"Lebih baik", dia menggema, tampak marah untuk pertama kalinya. "Lebih baik, katamu."

"Iya. Dan saya mendukungnya."

"Apa gunanyakamu, sayangku, untuk tidak mematuhi aturanku? Apakah Anda bernasiblebih baikkarena menolak mendengarkan saya? Anda adalah makhluk yang menyedihkan, sendirian, putus asa untuk kehidupan yang dia buang. Jangan berani datang kepadaku dan mengatakan bahwa ini – kemarahanmu, lukamu,kebencianmu– adalah pilihan yang lebih baik. Kamu salah, sayangku. Kamujahat."

"Cukup sudah", Lili mendesis, tersedak keinginan yang melemahkan untuk merobek tenggorokannya dengan tangan kosong. "Akubukankekasihmu."

"Lilith", dia meludah, benar-benar tersinggung sekarang. "Lihat dirimu sendiri. Aku tidak membuatmu begitu. Saya membuat Anda bahagia dan baik - dan inilah Anda, celaka dan buruk. Anda adalah alasan mengapa saya perlu menulis buku itu. Anda adalah bukti bahwa umat manusia lebih baik mengikuti aturan saya."

"Tidak", katanya, tiba-tiba merasa sedih dan kecil, "Saya adalah bukti bahwa Anda lebih suka membuat kreasi Anda sengsara daripada membuat mereka lolos dari naskah yang Anda ingin mereka ikuti."

Ada keheningan yang lama setelah itu, saat dia menggelengkan kepalanya dan menghindari tatapannya, dan menggigit salah satu biskuit lamanya yang terlalu matang dan meringis karena rasanya. Udara panas membebani pundaknya, pasir kering membakar kakinya. Tidak logis, Lili memikirkan Eden.

Taman itu, tanpa diragukan lagi, adalah tempat terindah yang pernah dia tinggali. Itu hijau dan hangat, hidup di luar mimpi terliar siapa pun. Menutup matanya di gurun yang panas terbakar ini, Lili masih bisa mengingat angin sejuk di rambutnya, membawa aroma laut dan jutaan bunga yang telah dilewatinya hanya untuk memberi hormat padanya.

Dia telah memanjat pohon-pohon tertinggi hanya untuk melihat tanah menjadi kecil di bawahnya, hanya untuk menghadapi matahari dengan angin bertiup di wajahnya dan burung-burung berkicau kegembiraan mereka di sekelilingnya. Dia telah berlari dengan harimau dan singa sampai pahanya terbakar, dan kemudian dia berlari dan berlari diam, merasakan kekuatan biadab mereka mengalir dari mereka kepadanya, merasakannya membakar dadanya dan mengosongkan pikirannya. Dia tertawa, tertawa sampai perutnya kram dan dia berguling-guling mencoba berhenti dan mengatur napas, pada Adam membuat wajah lucu ke monyet yang melompat-lompat di dahan mereka ...

Lili kembali ke dunia nyata dengan rasa asam di mulutnya. Dia masih tidak menatapnya.

"Berapa banyak dari saya yang ada di sana?", tanyanya. "Di Buku Anda."

"Banyak pada awalnya", jawabnya setelah ketukan, tampak tenang dan termenung lagi. "Dan kemudian semakin sedikit, saat saya mengeditnya. Anda bukanlah kisah yang ingin saya ceritakan kepada umat manusia."

Itu menyengatnya, untuk beberapa alasan yang menyebalkan. Dia mengabaikannya.

"Kamu memotongku", dia menyadari dengan datar. Dia tidak bergeming saat dia membumikan giginya, sepertinya tidak memperhatikan cara bibirnya sedikit melengkung, seperti binatang yang siap menyerang. Dia menarik satu napas, lalu sedetik. "Bagaimana dengan putra-putramu yang lain? Lucifer, Azazel... semuanya. Apakahmerekaberhasil?"

Dia menghela nafas, menggigit biskuitnya lagi, meringis lagi, meletakkannya.

"Aku menyimpan ular itu", jawabnya akhirnya, membelai Kitab itu dengan punggung jari. "Saya harus, untuk menceritakan kejatuhan Adam dan Hawa dari Eden. Saya memutuskan untuk tidak memasukkan yang lain, untuk alasan yang sama seperti yang saya lakukan kepada Anda."

"Karena kami terlalu berbahaya bagi narasimu?"

"Karena kamu tidak tertarik dengan narasiku", dia mengoreksi dengan lembut, dan di sana lagi, sengatan tepat di tengah dadanya.

Apakah putra-putra Anda tahu itu? Dia hampir bertanya, tetapi dia menahan diri pada detik terakhir. Luci melakukannya, setidaknya. Dia selalu tahu, dan tidak pernah peduli. Dia tersenyum, pagi yang cerah di Neraka, ketika dia mengatakan kepadanya bahwa Kitab itu akhirnya selesai. Dia telah tersenyum senyum Lucifer yang berbeda itu, satu bagian hiburan, dua bagian pembangkangan, dan nol bagian penyesalan.

Dia menggigit biskuitnya, mengunyahnya perlahan saat dia melihatnya – dengan kesabaran, simpati, dan sesuatu yang lain, sesuatu yang sangat memberatkan sehingga dia ingin meludahi wajahnya.

"Harus kuakui, sayangku," katanya akhirnya, "Aku tidak begitu mengerti alasan kehadiranmu di sini."

"Sudah kubilang. Saya mendengar Anda selesai menulis. Kudengar kau akan memberikan Bukumu padanya."

Bahwa Anda menawarkan ultimatum, seperti yang selalu Anda lakukan. Bahwa Anda menjadi bosan dengan orang-orang yang tidak mematuhi Anda, orang-orang yang tidak menghormati Anda. Bahwa Anda menemukan seorang hamba yang setia bersedia untuk mematuhi setiap perintah Anda, seperti yang pernah Anda harapkan untuk ditemukan dalam diri saya dan Adam. Saya mendengar bahwa Anda akan memberi umat manusia versi cerita Anda dan kemudian menghukum semua orang yang berani mempertanyakan naskah Anda.

"Saya. Sudah lewat waktu saya melakukannya." Suaranya menjadi lembut saat wajahnya mengeras. "Diapunya nama, kau tahu, sayangku."

Dia mencemooh. "Begitu juga saya."

"Dia punya nama, kau tahu, Lilith."

Dia merasakan kemarahan naik di tenggorokannya lagi, berbau mencurigakan seperti empedu dan biskuit basi, dan gelombang penghinaan dan kecemburuan yang hebat dan kebencian lama menyumbat pikirannya untuk sesaat. "Saya tidak mengetahuinya," geramnya, "saya juga tidak cukup peduli untuk mempelajarinya. Ini bukan tentang dia."

"Kalau begitu, siapa itu, Nak? Anda?"

Ya, dia hampir berkata, ya, mungkin itu. Apakah itu salah?

"Aku bukan anakmu lagi", katanya sebagai gantinya. "Atau apakah kamu lupa?"

Itu membuatnya marah lagi, karena tidak pernah gagal melakukannya. Dia menikmati, jauh di dalam dirinya, kedipan kekesalan dan kesedihan yang melintas di wajahnya sebelum dia melihat wajahnya lagi.

"Bisa saja. Tidak ada kata terlambat, Lilith – untuk kembali, untuk dimaafkan. Kamu adalah putri pertamaku. Aku membuatmu keluar dari tanah liat dalam gambarku sendiri, tepat di sebelah Adam, dalam beberapa hari pertama dunia. Aku akan selalu mencintaimu."

"Kamu akan selalu ingin aku tunduk pada aturanmu", dia mengoreksi, merasakan kemarahan dan kesedihan membengkak di bagian yang sama di dalam dirinya. "Anda akan selalu ingin saya tunduk. Untuk Anda. Untuk Adam ..."

"Adam sudah lama mati", dia mengingatkannya dengan lembut, seolah-olah dia tidak tahu, seolah-olah dia tidak menari dan menangis dan tertawa selama tiga hari berturut-turut ketika dia pertama kali mendengar. "Dia menjalani kehidupan yang panjang dan bahagia, dan sangat berdosa, namun dia tidak pernah memunggungi saya seperti yang Anda lakukan."

"Kamu tidak pernah memintanya untuk membungkuk padaku dan memanggilku tuannya."

"Aku tidak menanyakannya padamu, anakku. Namun, aku melarangmu untuk melarikan diri dari suamimu dan meninggalkan tugasmu kepadanya dan kepadaku."

Dia harus tertawa. Sedikit, tawa tidak percaya pada awalnya, tetapi kemudian dia mencoba untuk berhenti dan menemukan bahwa dia tidak bisa. Tawanya berubah menjadi raungan, semakin besar dan besar, dan tetap saja dia tidak bisa mempercayainya.

Lili telah melarikan diri dari Eden, dan cibiran yang mendominasi di wajah Adam, dan telah dihukum karenanya setiap hari setiap tahun sejak saat itu. Dia telah menangis tersedu-sedu dan berpikir panjang dan keras untuk mengakhiri hidupnya. Dan kemudian sesuatu yang aneh telah terjadi ...

"Aku menemukan kebebasan jauh darimu", katanya begitu dia selesai tertawa. "Aku menemukan kebebasan dan kekuasaan di Neraka, bersama dengan semua putramu yang jatuh. Mereka adalah malaikat dan aku adalah manusia, dan bersama-sama kita menjadi iblis, sesuatu yang sepenuhnya di luar kendalimu. Apakah Anda tahu seperti apa itu? Apakah Anda tahu berapa banyak umur panjang dan bahagia yang akan saya korbankan untuk sedetik dari perasaan itu?"

Dia merasakan amarahnya, meledak di sekitar mereka seperti ledakan yang nyaris tidak terkendali, merasakan udara bergetar di sekelilingnya dengan janji pemusnahan. Waktu berhenti bergerak. Dia tersenyum pada bukit pasir yang tidak bergerak yang membentang selamanya di depannya.

"Aku bukan milikmu untuk dikendalikan lagi. Saya tidak pernah benar-benar begitu. Butuh waktu lama bagi saya untuk mengetahuinya ... Saya tidak akan membiarkan Anda melakukannya kepada mereka juga. Saya akan membakar Buku Anda sebelum mereka mendapat kesempatan untuk membacanya."

"Kamu anak yang kurang ajar, naif, dan berdosa. Kamu pikir kamu siapa, sayangku? Menurut Anda, siapa Anda pernah? Saya tidak takut pada siapa pun di antara Anda. Aku kasihan padamu, dan caramu yang salah arah. Anda tidak akan pernah diselamatkan."

Saya sudah, pikirnya. Saya menyelamatkan diri saya sendiri, dan Anda tidak ada di sana untuk menyaksikannya. Dia memikirkan tentang orang asing dari seorang pria di suatu tempat di Mesir, mengangkat kepalanya ke langit dan meminta bimbingan. Luci telah mengetahui namanya, tetapi dia tidak cukup peduli untuk mengingatnya. Dia berpikir tentang membakar semak-semak dan loh tanah liat yang membawa firman Tuhan, dan tentang semua jalan lain yang tak terhitung.

"Saya tidak perlu menabung", katanya akhirnya, dan untuk pertama kalinya, mampu benar-benar mengabaikan ejekan dan ketidaksetujuannya yang jelas. "Saya tidak membutuhkan apa pun dari Anda. Saya akan berkeliling dunia dan berbisik di setiap telinga bahwa saya dapat menemukan tentang kesenangan pelanggaran. Saya akan membatalkan pekerjaan Anda bata demi bata. Inilah keselamatan saya."

"Lihatlah dirimu sendiri, Lilith. Sedih dan pahit, dimakan hidup-hidup oleh kerinduan Anda akan kehidupan yang Anda tolak sendiri, dengan kejam ingin menyangkalnya kepada semua orang lain sebagai hukuman atas ketidakbahagiaan Anda sendiri. Berani katakan padaku bahwa ini adalah pilihan yang lebih baik."

Dia melihat Kitab dari mana dia telah dipotong dan memikirkan dirinya sendiri, dari semua cerita yang telah dia jalani dan semua pelajaran yang telah dia ajarkan. Dia berpikir tentang malaikat yang jatuh memotong sayap mereka, terbakar seperti bintang saat mereka menyelam ke bawah.

"Mungkin itu", dia tersenyum di tengah panasnya gurun yang berkilauan. "Mungkin aku akan menulis buku seperti milikmu, untuk menjadikan umat manusia hakim atas ketidaksepakatan kita."

Mungkin aku akan membunuhmu suatu hari nanti, tambahnya dalam keheningan pikirannya. Anda, dan Buku bodoh Anda.

Dia tidak pernah melakukannya, tentu saja. Dia tidak pernah bisa.


."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...