Masker yang Kita Kenakan

Masker yang Kita Kenakan




Penipuan terkuat didasarkan pada kebenaran. Meski begitu, sungguh luar biasa betapa fleksibelnya pikiran manusia. Sangat mudah untuk membuat seseorang percaya pada supranatural. Tidak masalah bagi saya untuk menyulap laba-laba imajiner yang cukup besar untuk berhadapan dengan mobil, dan bahkan lebih mudah untuk membuat orang takut akan hal itu. Saya hanya perlu menunjukkan apa yang paling mungkin mereka percayai, dan kedua pria ini, tampaknya, sedikit arachnophobic.

Saya menyaksikan pemandangan yang sedang berlangsung dari tempat bertengger di dasar tangga darurat. Saya tidak ingin terlibat secara fisik kali ini. Itu adalah bagian kota yang gelap pada jam larut -- bukan saat yang tepat untuk keluar sendirian. Saya kira beruntung bagi pemuda yang meringkuk di ujung gang yang berada di dekatnya. Kedua penyerangnya diblokir dari target mereka oleh janda hitam mengesankan yang mengklik dan mendesis seperti iblis.

Salah satu pria mengambil sekaleng dari berbagai macam sampah dan melemparkannya ke arakhnida, dan itu memantul dari perutnya. Saya tersentak seolah-olah saya telah dipukul. Meskipun laba-laba itu tidak nyata, kekuatan keyakinan bisa sangat meyakinkan. Saya segera menyadari bahwa setidaknya salah satu penyerang telah mendengar tentang saya atau memiliki cukup akal meskipun dia panik untuk mengetahui bahwa janda hitam seperti itu tidak ada.

Dengan tatapan tajam, dia berdiri di tanah dan laba-laba berhenti di depannya. Mengambil sepotong sampah lagi, dia melemparkannya ke arah makhluk itu, dan itu melewati lurus dan memantul ke trotoar di belakangnya. Terkadang keyakinan hanya bisa membuat Anda sejauh ini. Para penyerang tertawa dengan kemenangan gugup. Dengan desahan lelah aku menepis ilusi itu dan itu lenyap. Sepertinya saya harus tetap terlibat.

____

Saya tidak pernah bisa memperhatikan selama kelas matematika. Di margin lembar kerja saya, saya sudah mulai menggambar naga. Itu tampak seperti naga bagiku, tetapi kebanyakan orang lain tidak akan mengenalinya. Itu tampak seperti kelabang bersayap, sosok tongkat yang ceroboh. Tapi bagiku, dia adalah seekor naga.

Saya telah mendengarkan suara guru dan telah mengalihkan semua perhatian saya ke makhluk grafit kecil yang telah saya gambar. Akan sangat menakjubkan jika dia nyata. Saya membayangkan seekor naga sungguhan, bergerak dan menari melintasi halaman. Dan kemudian gambar saya bergeser. Aku berkedip, mulut agape, dan naga itu bergerak lagi.

Perlahan, seolah-olah meregangkan persendiannya untuk pertama kalinya dalam ribuan tahun, nagaku mulai menggeliat di sekitar pecahan dan pembagian panjang. Dia tampak terkurung oleh halaman itu, tetapi dia dengan senang hati melompat-lompat di pinggiran seolah-olah itu adalah taman bermain terindah yang pernah dia miliki.

Ms. Smith dengan marah memanggil nama saya dan saya telah begitu asyik dengan ciptaan kecil saya sehingga saya bahkan tidak menyadarinya. Saya mendapat masalah dan harus tinggal di dalam rumah selama istirahat, tetapi saya sangat terpesona dengan apa yang baru saja terjadi sehingga saya sepertinya juga tidak menyadarinya. Saya yakin bahwa dia telah hidup kembali karena saya. Segera setelah saya berpaling darinya, dia kembali ke posisi yang telah saya tarik, dan sepertinya tidak ada orang lain yang tahu dia pernah pindah. Itu adalah keajaiban kecilku sendiri, dan tentunya karena aku telah menciptakan naga itu, aku telah menyebabkan apa pun yang membuatnya bergerak.

___

Kedua penyerang memiliki pisau, tetapi untungnya tidak ada senjata. Itu adalah senjata terburuk yang harus dilawan. Saya melompat ke celah terakhir antara kaki saya dan trotoar dan mendekati kedua pria itu dengan tenang.

"Ayo teman-teman," kataku dengan putus asa. "Apakah kita benar-benar harus melompat langsung ke hal-hal yang tidak menyenangkan?"

Jawabannya adalah ya yang menentukan. Mereka menyerang saya dengan teriakan, dan saya bergegas maju untuk menemui mereka. Garis gelap pakaian saya mulai kabur dengan gerakan saya, memberi saya penampilan awan hitam yang beriak. Itu membuat mereka tidak mungkin tahu ke mana harus menyerang. Tangan mereka hanya jatuh di udara sementara aku berbelok dan menghindari ayunan mereka. Lebih mudah untuk menyerang mereka terlebih dahulu.

Itu adalah pertarungan singkat. Saya hanyalah petarung yang lebih baik dari mereka, dan saya memiliki ilusi yang menutupi penampilan saya sepanjang waktu. Saya memukul salah satu dari mereka di belakang kepala dan dia jatuh ke trotoar. Yang lain mengikutinya segera dan saya menendang pisau mereka keluar dari jalan untuk ukuran yang baik. Saya telah melupakan korban sampai suara di belakang saya hampir membuat saya melompat.

"Anda ... kamu adalah Prisma, kan?"

Aku berputar, berkedip bodoh di balik topengku. "Hah?"

Pemuda itu membuka mulutnya untuk menjelaskan lebih lanjut tetapi dia terputus oleh suara teriakan yang dengan cepat mendekati gang. Saya melihat telepon yang dicengkeram di tangannya.

"Teman-temanmu?" Saya berasumsi.

Dia mengangguk. Kepalaku mulai berdenyut seperti metronom. Sepertinya energi yang saya keluarkan untuk ilusi itu mengejar saya.

"Yah, tetap aman, dan jangan berjalan sendirian lain kali. Aku harus pulang." Saya benar-benar perlu menabrak suatu tempat. Minggu itu cukup melelahkan tanpa insiden kecil ini.

Memotong percakapan lebih lanjut saya berjalan menuju pipa pembuangan dan memanjat dinding. Agak sulit untuk melakukan perjalanan dengan cara lain selain atap dan gang ketika saya mengenakan jas saya. Itu membuatnya jauh lebih sulit untuk berbaur dengan orang-orang biasa ketika saya mengenakan topeng aneh.

Apartemen saya cukup dekat, dan saya cepat di medan yang tidak biasa. Memilih rute yang tidak biasa juga memiliki manfaat lain. Sejauh yang saya ketahui, saya hanya tentang satu-satunya orang yang pergi dengan cara ini, dan informasi itu meyakinkan saya bahwa saya praktis tidak terlihat oleh siapa pun yang tidak mencari saya.

___

Saya berdiri diam sempurna di kamar saya, mencoba membayangkan diri saya membentuk lingkungan saya, menunggu subjek tes saya muncul. Beberapa saat kemudian, teman sekamar saya masuk. Dia tidak keberatan dan terus menyimpan buku-bukunya di atas meja rias. Itu sangat aneh, saya berada tepat di sebelahnya, namun dia bertindak seolah-olah saya bahkan tidak ada di ruangan itu. Saya membuat catatan tenang tentang hasilnya.

"Hei."

Dia melompat, lalu melihat lebih dekat ke tempat saya berada. "Ha! Itu dia! Aku bahkan tidak bisa melihatmu sejenak, aku tidak tahu kamu ada di sana."

"Kamu tidak bisa melihatku?" Tanyaku, menatap lampu yang bersinar hanya beberapa meter dariku.

Dia tertawa pelan. "Ya, kamu baru saja menyatu langsung dengan bayang-bayang."

Saya tersenyum menyadari. "Kamu tidak menyangka aku ada di sana, jadi kamu tidak melihatku bahkan ketika aku berada tepat di depanmu."

Dia menatapku dengan aneh. "Terserah, bung."

___

Saya masuk melalui jendela saya dan menutup tirai di belakang saya. Sambil menghela nafas aku melepas topengku dan menyalakan TV. Berita itu aktif, tetapi saya tidak benar-benar memperhatikan. Saya tidak suka membiarkan ruang kosong dari suara.

Saya memancing Advil dari laci dan segelas air. Sakit kepala saya harus hilang pada pagi hari melalui tidur sendirian, tetapi tidak ada salahnya untuk mengambil beberapa tindakan pencegahan. Dengan malas, saya mengambil secangkir Ramen kering dari rak dan perlahan mengisinya dengan air. Saya tidak punya energi untuk membuat sesuatu yang lebih baik untuk diri saya sendiri.

Saya meletakkan cangkir di microwave dan menutup pintu, kembali ke sofa untuk melihat apakah ada sesuatu yang menarik terjadi di TV. Saya menyingkirkan majalah dan buku longgar di atas meja kopi untuk memastikan saya punya ruang untuk meletakkan mie saya ketika sudah siap. Saya benar-benar harus membersihkan semua kertas ini. Mungkin saya bisa mendapatkan rak untuk membantu menyimpannya. Tanpa sadar tangan saya mendarat pada permainan yang saya tidak ingat saya miliki.

Ketika saya berusia 15 tahun saya harus membacaThe Importance of Being Earnestdi kelas bahasa Inggris. Biasanya saya suka bermain, tetapi yang ini membosankan dan saya dipaksa untuk melakukannya. Membaca drama bodoh itu telah membuat saya tanpa sadar mengaktifkan kemampuan saya untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Saat itulah saya menyadari bahwa mungkin mukjizat kecil yang telah saya lihat bukan hanya isapan jempol dari imajinasi saya.

___

Tenggorokanku semakin kering. Aku menghela nafas, mengesampingkan permainan, dan berdiri. Saya mengambil beberapa langkah untuk menyeberangi ruangan kecil itu, dan mengambil segelas air untuk dibawa kembali ke tempat tidur. Tetapi ketika saya berbalik, saya melihat diri saya duduk di tempat tidur dengan buku di tangan saya seolah-olah saya tidak pernah bergerak untuk memulai.

Saya akan selalu menyangkal bahwa saya telah berteriak, tetapi tidak diragukan lagi itu adalah suara yang keluar dari mulut saya. Dengan perasaan seperti tersedot ke dalam ruang hampa, perspektif saya menabrak kembali ke tubuh saya sendiri. Sambil menyingkirkan paperback, aku berputar untuk melihat ke sudut ruangan yang kupikir aku telah berdiri di dalamnya. Saya hampir tidak bisa melihat lurus, saya merasa mual dan kepala saya sakit dan berputar lebih cepat daripada naik karnaval. Tetapi ketika mata saya terfokus, saya melihatnya.

Ada sosok spektral berdiri di tempatku. Itu tampak solid, tetapi gelap dan pudar, namun masih tidak dapat disangkalsaya. Tangannya melengkung seolah memegang cangkir, tetapi barang yang saya pikir saya ambil masih duduk di atas meja. Dan kemudian menghilang.

___

Saat itulah saya pertama kali memproyeksikan citra diri saya. Itu juga pertama kalinya saya melihat melalui mata ilusi. Saya akhirnya mencari tahu cara memproyeksikan gambar lain, tetapi butuh waktu lebih lama untuk membuatnya lebih dapat dipercaya, lebih realistis. Itu menguras tenaga. Saya tidak suka melakukan banyak sekaligus, rasanya seperti memisahkan pikiran saya.

Ketika saya masih kecil, saya biasa mengambil cabang willow dan meletakkannya di salah satu ujungnya berulang kali, membuatnya terlihat seperti ujung sapu. Itulah rasanya melakukan begitu banyak proyeksi sekaligus. Ketika saya menepis ilusi, ujung cabang willow saya yang berjumbai akan kembali bersama dengan petir di kepala saya. Penampilan kecil saya di awal malam tidak diragukan lagi adalah penyebab sakit kepala saya saat ini.

Microwave melakukan ping. Dengan mendengus aku menarik diriku dari sofa dan mengambil makan malamku yang mengepul. Saya meletakkan cangkir styrofoam di atas meja dan meletakkan garpu di dekat pangkalan. Terlalu panas untuk dimakan saat ini.

Saluran berita itu melakukan segmen tentang kejahatan lokal. Terlepas dari subjek yang tidak nyaman, reporter itu tenang, bahkan damai. Saya kira mereka baru saja terbiasa dengan pekerjaan ini dan hal-hal ini telah berhenti mengejutkan mereka. Atau mungkin mereka terlalu profesional untuk merasa tidak nyaman. Wajah mereka tampak seperti topeng terkontrol yang tidak memiliki emosi yang kuat. Itu membuat saya merasa tenang hanya dengan melihat mereka, seolah-olah tidak peduli seberapa buruk hal-hal yang didapat, itu hanya akan bersifat sementara.

Saya menunggu Ramen saya sedikit dingin dan menyesap air saya. Rumah saya selalu dipenuhi dengan teh, kopi, jus, atau susu, tetapi saya selalu mengecewakan tamu dengan kekurangan alkohol saya. Saya tidak pernah memilikinya di rumah, saya hanya bersyukur bahwa pengunjung saya tidak pernah mempertanyakan mengapa selalu terasa begitu pahit bagi saya.

___

"Teman-teman, menurutku ini bukan ide yang bagus."

Teman-teman saya menatap saya dengan kecewa.

"Ayo bung," Salah satu dari mereka angkat bicara. "Berhentilah menjadi wuss seperti itu."

"Kamu tidak pernah menyenangkan." Yang lain menggerutu. Beberapa telah memunggungi saya.

"Hei, tunggu!" Saya tiba-tiba menangis. "Kamu benar, guru biologi tidak akan merindukan kita." Aku membual, seringai percaya diri menutupi wajahku. "Kita bisa tinggal di sini selama kita membutuhkannya."

"Bagus," Salah satu pria memotong, "Akan sangat disayangkan jika kamu tidak terjebak." Dia merogoh ranselnya dan mengeluarkan botol berisi cairan kuning. Itu tampak hampir seperti parfum. Saya tahu bahwa itu bukan hal seperti itu.

___

Airnya dingin, tapi tidak cukup dingin untuk melukai gigiku. Itu menyegarkan. Saya meletakkan cangkir dan menombak mie kusut di depan saya. Yang cukup menarik, saluran yang saya tonton memiliki segmen tentang saya. Itu bukan khusus atau apa pun, itu lebih merupakan penyebutan kecil di antara berita khas tentang kejahatan lokal. Saya telah menjadi sedikit legenda urban, pahlawan lokal, bahkan.

"Main hakim sendiri yang menciptakan ilusi ini telah mengumpulkan pengikut pendukung untuk melawan kumpulan musuh mereka ..."

Reporter itu duduk secara profesional dengan pakaian rapi mereka, menatap kamera dengan ekspresi percaya diri yang tersusun. Saya berharap saya bisa terlihat sebagus itu di depan kamera. Sebenarnya, saya ingin jika saya bisa terlihat seperti itu di depansiapa pun. Lebih mudah memakai masker. Oscar Wilde pernah berkata bahwa seseorang hanya akan menunjukkan sifat aslinya ketika mereka bersembunyi di balik topeng. Saya tidak berpikir dia berbicara tentang topeng fisik, tetapi saya mengerti apa yang dia maksud.

"Penduduk setempat telah menjuluki sosok misterius ini" Prisma "karena kemampuan mereka yang tidak biasa untuk mengubah penampilan lingkungan mereka yang mirip dengan gambar pembiasan ..."

Prisma, ya? Saya pernah mendengar nama itu dilemparkan sekali atau dua kali baru-baru ini. Saya bercanda dengan bagaimana rasanya diwawancarai oleh reporter.

Kapan Anda menjadi Prisma? Apa kisah asalmu?

Dan saya akan memberi tahu mereka: Saya menjadi Prisma ketika orang-orang mulai memanggil saya seperti itu. Tapi saya sudah membuat ilusi untuk waktu yang sangat lama, meskipun sulit untuk mengatakan dengan tepat berapa lama.

Dan mengapa demikian?

Ketika Anda masih kecil, Anda dapat meyakinkan diri sendiri tentang beberapa hal gila, dan melihat ke belakang ketika Anda sedikit lebih tua, mudah untuk menghapus apa yang Anda lihat sebagai imajinasi. Saya cukup yakin bahwa ilusi selalu bersama saya apakah saya mendaftarkannya atau tidak.

Tentang ilusi Anda, bagaimana Anda membuatnya begitu meyakinkan?

Saya akan tersenyum di balik topeng saya, dan kemudian menjawab: Sederhana saja. Setiap penipuan yang baik didasarkan pada kebenaran. Anda hanya perlu membuatnya cukup meyakinkan untuk target Anda. Saya tahu lebih baik daripada siapa pun bahwa jika Anda ingin menciptakan ilusi, itu harus menjadi sesuatu yangingindipercaya seseorang ....

___

Ruang ganti anak laki-laki selalu bergema dengan percakapan. Itu adalah kebisingan latar belakang yang sudah biasa saya lakukan. Tapi di tengah semua obrolan yang biasa saya mendengar nama saya dipanggil. Saya berbalik untuk melihat salah satu teman saya menatap saya dengan penuh harap.

"Saya lupa pakaian olahraga saya," jelas Rizky. "Aku ingin kamu meminjamkanku milikmu."

"Tapi kemudian.." Aku menatap tumpukan kain di tanganku dan kemudian kembali padanya. "Apa yang akan saya pakai?"

Dia mengangkat bahu. "Hanya pakaian biasa atau semacamnya."

Saya ragu-ragu, memikirkan betapa kesalnya guru P. E jika saya mengatakan saya lupa pakaian saya lagi. Pakaian itu dengan cepat direnggut dari tanganku.

"Cari tahu jenius," kata teman saya. "Ini bukan masalah besar."

Saya mencoba untuk gagap mencari alasan mengapa saya harus menyimpannya, tetapi lengan yang berbeda tiba-tiba melingkari bahu saya. Aku menoleh untuk melihat wajah yang kukenal memberiku tatapan meyakinkan.

"Lihat bung, ini bukan masalah besar," kata pendatang baru itu. "Kami berteman, Bung." Dia berkata dengan senyum malu-malu. "Teman-teman tetap bersatu."

Kami berteman. Saya tidak bisa membantahnya.

___

Ponsel saya berdengung, menarik saya keluar dari lamunan saya. Itu adalah pemberitahuan dari kalender digital saya, pengingat bahwa saya sedang makan malam bersama keluarga saya Jumat ini. Mereka adalah orang-orang baik dan mereka peduli padaku, tapi mungkin terlalu berlebihan untuk apa yang nyaman. Makan malam akan menyenangkan, tetapi percakapannya mungkin sedikit kurang menyenangkan. Ini mungkin membuat stres, tetapi itu tidak akan terlalu sulit. Saya memiliki pekerjaan tetap, kehidupan sosial yang sebagian besar palsu, dan pasangan romantis yang sepenuhnya imajiner. Saya hanya harus membuat mereka percaya.

Aku menghela nafas. Saya sebenarnya punya pacar beberapa bulan yang lalu. Dia manis, atau setidaknya saya pikir dia; ada lebih banyak baginya daripada apa yang dia pilih untuk disajikan. Potongan-potongan itu, yang dia sembunyikan, itu ... tidak baik. Tapi lebih buruk dia menipu saya. Atau mungkin lebih buruk bahwa saya telah jatuh cinta padanya dengan mudah. Itu sangat sederhana ketika saya ingin itu benar. Lebih mudah baginya untuk menenun kebenaran saya menjadi sesuatu yang lebih cantik untuk dilihat.

Itu adalah ilusi yang dibuat dengan sempurna, yang bisa menyaingi ilusi saya sendiri. Tetapi alasan itu bekerja dengan sangat baik adalah karena saya ingin mempercayainya. Ilusi hanya dapat bertahan ketika target bekerja dengan ilusionis, dan saya akan mengetahuinya dengan mudah. Kebenaran dapat dengan mudah menjadi kebohongan sehingga kadang-kadang tampaknya mustahil untuk membedakannya.

Setiap orang yang pernah saya tipu, bahkan ketika saya hanya menyulap lelucon dan trik sulap, mereka semua memiliki sedikit kebenaranyangbisa dimanipulasi.

Cara mereka memandang dunia, cara mereka berpikir, itulah kebenaran bagi mereka. Saya hanya perlu menunjukkan apa yang akan mereka percayai. Itu membuat ilusi terkuat, yang didasarkan pada kebenaran.


."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...