Tidak Ada Dan Tidak Ada

Tidak Ada & Tidak Ada




Burung-burung meluncur keluar dari jalan saya saat saya praktis menyerbu jalan setapak, jauh dari bait suci yang ditinggalkan Tuhan itu.

Beraninya mereka! Beraninya mereka! Saya mengerti bahwa Oracle tidak bisa disalahkan, bahwa mereka hanya jembatan antara kita dan bintang-bintang. Bahwa mereka tidak memiliki kendali atas masa depan, tetapi cara mereka mengucapkannya! Cara mereka mengucapkannya!

Saya nyaris menghindari menginjak burung pipit, makhluk yang terlalu kecil untuk saya lihat dalam kemarahan saya. Mungkin itu pertanda saya harus duduk sejenak di salah satu tangga batu. Tapi tidak!

Duduk sedekat ini dengan kuil akan membuat saya melakukan sesuatu yang gegabah, dan hal terakhir yang saya butuhkan adalah Oracle memanggil saya karena perilaku buruk saya. Saya tidak bisa menghadapi mereka lagi. Tidak setelah ini.

Jadi saya berjalan sepanjang jalan menyusuri jalan taman kuil, keluar dari gerbang depan yang menjulang tinggi, dan menuruni bukitnya, sampai saya berada di pusat desa dengan bendera warna-warni dan bangunan-bangunannya yang cerah.

Jauh lebih jauh, rumput yang begitu tinggi menyapu tangan saya, dan saya berada di lapangan. Bidang saya.

Saya tenggelam ke sepetak tanah, terlalu lelah, terlalu marah untuk peduli bahwa itu akan menutupi seluruh gaun baru saya. Saya tahu itu konyol, tetapi saya sebenarnya ingin mengesankan Oracle.

Saya mencemooh pikiran saya ... lalu gigit bibirku untuk menghentikan air mata, saat interaksi melintas di ingatanku.

"CLARAMUNDE NIGHTSPIKE, MELANGKAH MAJU!" Oracle telah menelepon.

Saya telah melangkah maju, melakukan curtsy dan persembahan hadiah yang diperlukan, kemudian mengambil tempat saya di depan para dai besar Oracle, yang menyaingi milik raja.

Mereka telah melampaui aturan, tangan mereka yang bersinar melukis gambar di langit saat mereka menunjukkan kepada saya gambar-gambar dari masa lalu. Soalnya, Anda membutuhkan masa lalu untuk mengetahui masa depan.

Seharusnya, itu.

"Hari kelahiranmu, kamu diperintahkan untuk datang ke kuilku, seperti yang lainnya pada hari ulang tahun ke-18 mereka, ya?" Saya telah mengangguk. Ini prosedur standar tentu saja, bagi Oracle untuk membahas semua ini.

Setiap kali seorang anak lahir di Oralume, mereka diberi 'masa depan' mereka: Pergi menemui Oracle pada hari ulang tahun ke-18 Anda, dan mereka akan memberi Anda satu kalimat.

Hanya itu saja, satu kalimat yang dapat mengubah pandangan dunia Anda. Satu kalimat yang memberi tahu Anda siapa Anda. Satu kalimat yang memberi tahu Anda siapa tugas Anda.

Dan apa yang dikatakan Oracle kepada saya ?!

Apa yang dikatakannya padaku ?!

"Kamu dimaksudkan untuk menjadi bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa."

Dimaksudkan untuk menjadi bukan apa-apa dan tidak ada siapa-siapa.

Tidak ada dan tidak ada.

Kata-katanya seperti pisau yang masuk ke dalam diriku, dan tiba-tiba udara akhir musim panas mencekik, rerumputan tinggi terlalu gatal, dan lumpur serta kotoran yang meresap ke dalam diriku terlalu dingin.

Apa sih yang diketahui bintang-bintang? Maksud saya, apakah mereka bahkan harus dipercaya? Dapatkah saya benar-benar percaya bahwa ini adalah takdir saya? Bahwa ini adalah masa depanku?

Menjadi bukan apa-apa? Untuk menjadi bukan siapa-siapa?

Tidak.

Saya menolak untuk menerimanya.

Saya dibangun untuk lebih dari ini. Karena saya tidak mencakar jalan keluar dari kotoran dan lumpur dan kotoran, saya tidak mempraktikkan teknik bertarung saya selama 10 tahun terakhir, dan saya tidak bekerja di pub yang suram dan menjijikkan itu untuk menjadi apa-apa. Untuk menjadi bukan siapa-siapa.

Saya akan menjadi seseorang. Saya akan menjadi sesuatu. Dan jika dunia harus terbakar dan berdarah agar demikian, maka itulah yang akan terjadi.

Saya akan memastikannya.

****

Keesokan paginya saya berangkat lebih awal, rencana itu masih terbentuk di benak saya saat saya berpakaian, mengepang rambut saya, dan pelana kuda saya untuk membawa saya ke istana.

Tidak terlalu jauh, terutama dengan menunggang kuda. Beberapa saat berkendara melalui hutan, dedaunan sudah berubah warna menjadi merah tua dan emas, dan saya berada di depan gerbang depan istana. Di depan tempat di mana saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan berada.

"Kamu terlambat." Nikol melangkah di tikungan dari tempat dia pasti tersembunyi dalam bayang-bayang rumah gerbang.

"Tidak sulit," aku berayun turun dari kuda betinaku, menepuk-nepuk sayap lembutnya saat aku pergi. "Anda mendapatkan surat saya?"

"Saya melakukannya." Nikol menatapku dengan hati-hati. "Dan aku punya kesepakatan untukmu, jika kamu mau membuatnya."

Selama bertahun-tahun saya mengenalnya, Nikol tidak pernah menjadi orang yang berhati-hati. Sebagai Kepala Pengawal Kerajaan, Anda akan berpikir dia akan begitu, tetapi dia sangat pandai menjadi apa yang tidak Anda harapkan. Itulah sebabnya kelelahan di matanya tidak terlalu mengejutkan.

"Dan?" Aku menyipitkan mataku. "Apa yang akan Anda minta saya lakukan?"

"Ada banyak sekali yang tidak menyukai Putra Mahkota," Dia menyesuaikan tuniknya, menolak untuk menatap mataku. "Dan jika Anda menginginkan posisi berdiri, status, maka saya bisa membawa Anda ke Pengadilan. Tapi kamu harus melakukan sesuatu untukku Claramunde."

Aku mengangkat alis, berusaha menahan detak jantungku yang gugup.

"Bunuh Putra Mahkota. Bunuh Dawe. Dan saya akan memastikan Anda memiliki tempat yang berharga."

Kuharap wajahku kosong. Dia tidak dapat melihat bahwa saya takut, bahwa sementara saya yakin tugas itu akan menjadi sesuatu di sepanjang garis ini, itu tidak akan sampai pada tingkat ini.

Jadi alih-alih saya menyembunyikan tangan saya di belakang punggung saya, menempelkan senyum dan berkata, "Anda memiliki kata-kata saya itu akan selesai."

"Itu saja?" Gilirannya untuk menyipitkan matanya ke arahku. "Kamu tidak ragu dengan pembunuhan? Dengan mengeluarkan anggota keluarga kerajaan?" Dia mengerutkan bibir tipisnya. "Saya percaya itu akan membutuhkan jauh lebih meyakinkan daripada ini."

"Keyakinanmu salah tempat padaku Nikol. Saya tidak akan membiarkan ramalan beberapa bintang mendikte masa depan saya. Saya tidak akan membiarkan mereka benar." Aku curtsy karena dia masih Kepala Pengawal Kerajaan, lalu berjalan ke tas pelana kudaku.

Ada empat belati dan tali di dalamnya, yang dengan cepat saya tarik keluar.

Dalam suratnya sebagai tanggapan atas surat saya yang saya terima tadi malam, Nikol telah menyuruh saya untuk membawa sebanyak mungkin.

Tidak ada dan tidak ada?

Ini pasti akan mengubah itu.

"Yang mana kamarnya?" Saya kembali ke Nikol yang mempelajari saya seolah-olah dia bahkan belum pernah bertemu saya sebelumnya. Seolah-olah dia bukan orang yang membantu melatih saya dengan senjata. Orang yang membantu saya menjadi brutal dan efisien.

Angka. Dia selalu berpikir saya terlalu lembut.

"Hati-hati Claramunde," kata Rizky. Kemudian, karena dia juga brutal dan efisien, dia menunjukkan kepada saya peta dasar istana, dan mengarahkan saya ke pintu masuk mana yang harus saya gunakan.

"Sepuluh menit." Dia mengatakan, mengangkut membuka gerbang besar. "Lebih lama dari itu, dan aku akan datang menemukanmu sendiri."

"Aku akan keluar dalam lima." Aku menyelinap masuk, kakiku berderak di atas daun sesekali saat aku berjalan menuju menara biru dan emas yang bersinar, bersinar oranye di awal fajar.

Aku menyelinap di tepi taman alih-alih langsung menuju pintu istana, dan berbelok ke sisi kanan tempat jendela Pangeran Dawe berada, dua lantai ke atas.

Biasanya akan ada penjaga yang ditempatkan di sekitar pangkalan, ditempatkan di mana-mana, tetapi Nikol telah memanggil mereka semua untuk rapat sebelumnya. Itu sebabnya saya hanya punya sepuluh menit sampai mereka kembali, dan mengapa saya harus bergerak cepat.

Namun tidak sulit, 10 tahun melakukan ini membuatnya hampir mudah. Saya sudah memanjat setidaknya 20 kaki dari tanah, menggunakan dua belati saya sebagai beliung darurat, dua lainnya (ditambah tali) terselip kuat di bagian dalam korset saya.

Hanya saya dan angin sejuk pagi yang bertiup dari sungai, dan dengan itu aroma rempah-rempah dan daging panggang dari pasar. Hanya tanganku yang tumbuh hampir berkeringat di gagang kulit belatiku. Dan hanya pertanyaan-pertanyaan yang telah berputar-putar lagi dan lagi sejak saya meninggalkan Nikol.

Bisakah saya benar-benar melakukan ini?

Apakah ini akan mengubah sesuatu?

Kemudian, sebuah pertanyaan yang begitu mencolok dan tidak diinginkan terhadap pikiranku yang berputar-putar,

Apakah saya punya perut untuk membunuh Putra Mahkota?

Saya tidak memiliki kesempatan atau keinginan untuk membedahnya, karena saya sudah ada di sini.

Ada tirai di depan jendela, warna merah berani yang cukup tebal sehingga saya tidak bisa melihatnya ke sisi lain.

Tanganku mengikis langkan batu saat aku menyeimbangkannya dengan genting, tanganku yang lain masih mencengkeram gagang belati yang licin. Saya menggoyangkannya di antara panel kaca dan langkan. Jendela muncul terbuka beberapa detik kemudian dengan klik paling lembut.

Yang harus saya lakukan sekarang adalah mencongkelnya, menyelinap melalui tirai, berdoa pangeran masih tidur, lalu menggorok tenggorokannya.

Saya sudah membuat pilihan. Tidak ada penelusuran ulang.

Jadi saya menghirup udara berkabut terakhir, mengencangkan kepang saya, merapikan gaun lilac saya sebaik mungkin, lalu dengan lembut membuka jendela.

Ada cukup banyak cahaya fajar yang menyingsing untuk saya lihat.

Kamarnya merah dan emas, pasti cocok untuk seorang pangeran. Ada perapian marmer besar di salah satu ujungnya, meja mahoni di tengah ruangan, jendela dan pintu yang mengarah ke berbagai bagian ruang tak berujung, karpet merah ruby mewah yang bisa saya rasakan bahkan melalui sol tebal sepatu bot saya.

Dan Putra Mahkota sendiri.

Dia diterangi oleh satu batang cahaya, membuat rambutnya terlihat seperti emas yang baru dipintal dan wajahnya diukir dari batu yang sempurna.

Sungguh memalukan bagiku untuk membunuh seseorang yang begitu cantik.

Meski begitu, aku menggenggam gagang belatiku cukup keras agar buku-buku jariku berubah menjadi putih tulang, saat aku berdenting ke arah tempat tidur.

Dia tepat di depanku sekarang, napasnya lambat dan lembut, kebalikan dari diriku saat aku menekan bilahnya ke tenggorokannya.

Tapi saya terlalu lambat. Dan saya tidak menekan sekeras yang seharusnya.

"Wai--" Dia terputus saat aku menekan tanganku ke mulutnya.

"Jangan. Pindah." Saya menekan bilahnya cukup dalam agar garis merah tipis muncul. Hanya sedikit lebih jauh dan saya harus--

"Aduh!" Saya menarik kembali tangan saya, menjabatnya. Apakah dia benar-benar hanya--

"Aku akan membuatkanmu kesepakatan!" Dia mendorong dirinya lebih jauh ke atas di tempat tidur, sudah menekan satu lengan putih ke darah di tenggorokannya. "Aku akan membuatkanmu kesepakatan!"

"Tidak." Saya mengambil langkah lebih dekat, meraihnya.

Saya gagal! Saya benar-benar gagal! Bagaimana saya bisa sebodoh itu--

"Apa pun yang majikan Anda bayarkan kepada Anda, saya akan menggandakannya!" Dia mengulurkan telapak tangan, seolah-olah itu akan menghentikanku.

Aku hampir mendengus. Tapi kata-katanya memberi saya jeda.

"Apa yang membuatmu berpikir aku bekerja untuk seseorang?"

"Saya pasti dibenci oleh lebih banyak orang daripada yang saya kira sebelumnya, jika penduduk desa menyelinap ke kamar saya untuk membunuh saya. Anda harus dipekerjakan." Mata biru langitnya tampak melembut sejenak. "Kecuali aku benar-benar salah dan kamu adalah penduduk desa yang marah. Lucu, karena aku tidak ingat menghancurkan hatimu - tunggu tunggu!"

Aku punya belati lain di tanganku sekarang. "Apakah saya dipekerjakan atau tidak tidak masalah." Saya mengangkat bilahnya, tetapi--dengan gerakan yang begitu cepat sehingga saya hampir melewatkannya--itu terhubung dengannya beberapa saat kemudian.

Aneh, saya bahkan tidak menyadari bahwa dia mungkin memiliki senjata padanya, paling tidak belati yang begitu tipis sehingga terlihat hampir seperti jarum jahit.

"Aku mungkin tidak tahu apa hadiahmu, tapi aku masih bisa menawarkan sesuatu yang lebih baik padamu."

"Aduh?" Saya mencoba untuk fokus pada matanya, dan bukan bentangan lebar dadanya yang telah terungkap dengan gerakannya. "Dan apa itu?"

"Bunuh Kepala Pengawal Kerajaan sebagai gantinya. Sebagai imbalannya Anda dapat memiliki tempatnya. Jika saya benar dalam pemikiran saya bahwa Anda menskalakan dinding ini hanya dengan beberapa bilah, menghindari penangkapan dari penjaga yang seharusnya kembali dari pertemuan pagi mereka, dan bahwa Anda benar-benar seorang pembunuh yang dikirim untuk membunuh saya, maka itu kualifikasi yang cukup untuk posisi itu.

"Dan apa yang membuatmu berpikir aku tidak akan menyalakanmu dan membunuhmu, jika posisi ini milikku?" Aku perlahan menurunkan pedangku, dan dia melakukan hal yang sama.

Dia mencondongkan tubuh ke depan dan tersenyum. "Kalau begitu aku hanya berharap bahwa sebagai pembunuh ke-22 yang dikirim untuk membunuhku, kamu benar-benar mendaratkan pukulan mematikan." Dia melemparkan belati ke nakasnya. "Begitu? Apakah kita punya kesepakatan?"

Mungkin saya bodoh. Mungkin saya akan berakhir menjadi bukan apa-apa dan tidak ada siapa-siapa, atau mungkin hanya karena posisi Kepala Pengawal Kerajaan terdengar bagus.

Nikol dan saya tidak pernah akur benar-benar hebat.

Pikiran saya sudah berenang dengan kemungkinan apa artinya ini bagi keluarga saya. Apa artinya bagi saya.

Aku menyelipkan belatiku kembali ke korsetku. Ulurkan tangan ke arah pangeran, dan goyangkan.

"Kami punya kesepakatan, Yang Mulia." Tangan Pangeran Dawe hangat melawan tanganku yang membeku.

"Luar biasa." Dia melepaskan tangan saya dan saya hampir melewatkan kontak singkat. Hampir. "Datanglah ke istana saat matahari terbenam. Aku akan memberitahu para penjaga untuk membiarkan seorang wanita muda kurus dengan gaun kotor dan wajah cantik yang menakutkan, yang menggunakan nama itu ...?"

"Claramunde Nightspike." Aku sudah menyesal memberinya namaku, masih berusaha melawan rona merahku atas pujian aneh yang dia berikan padaku. "Aku akan kembali dengan gaun baru sehingga kamu bisa melupakan bagian yang kotor."

Dia terkekeh saat aku bergerak menuju jendelanya. Saya sudah mencari tempat di mana saya bisa mengamankan tali saya.

"Nyonya Claramunde?"

Aku berbalik begitu aku berada di langkan, untuk menemukan dia masih menyeringai. "Iya?"

"Ada alasan mengapa 21 upaya lainnya tidak pernah berhasil." Dia mengedipkan mata. "Jika Anda mencoba sesuatu, jangan menjadi nomor 22 yang mengecewakan."

"Oh Yang Mulia," saya selesai mengikat tali saya dan berbalik untuk memberinya senyum termanis saya. "Anda akan menemukan bahwa saya sama sekali tidak mengecewakan."

Saya mengumpulkan rok saya dan naik ke langkan, lalu tanpa melihat ke bawah, saya meraih tali dan melompat.

Hanya butuh beberapa menit yang tergesa-gesa melalui taman, sebelum saya datang ke kuda saya menunggu di dekat gerbang. Nikol, bagaimanapun, tidak terlihat.

Untuk sesaat saya bertanya-tanya apakah dia tahu. Jika dia tahu bahwa saya membuat kesepakatan melawannya, dan di mana saya memiliki gagasan tentang kekuatan yang akan saya gunakan.

Tapi tidak, itu tidak mungkin. Dan mungkin jika dia tahu, saya akan dapat memenuhi kesepakatan saya dengan Dawe di sini dan sekarang.

Ketika dia tidak muncul untuk beberapa saat lagi saya naik ke atas kuda saya dan kami berangkat kembali ke rumah. Warna dan aroma kota tidak lagi sejelas yang saya tumpangi di sini. Seperti kemarin dalam perjalanan saya kembali dari Oracle. Tidak, hari ini pikiran saya terlalu penuh pada nubuat dan pilihan dan posisi Pengadilan.

****

Saya menghabiskan beberapa jam berikutnya berdebat tentang apa yang harus dilakukan. Dan pada saat saya sampai pada kesimpulan saya, matahari sudah terbenam.

Jika Nikol meninggal maka saya tidak akan lagi memiliki guru senjata, dan sebanyak saya tidak menyukai aturannya dan perlakuannya terhadap saya, dia cukup berguna.

Jika Putra Mahkota Dawe meninggal maka saya tidak akan memiliki posisi berpangkat tinggi di Pengadilan. Saya akan menjadi apa pun yang dapat ditemukan Nikol untuk saya, yang mungkin tidak terlalu banyak sama sekali.

Saya memeriksa ulang apakah belati saya ada di tempatnya, disembunyikan dengan hati-hati di bawah lipatan rok saya, dan diselipkan ke tempat-tempat yang tidak dapat Anda lihat. Kemudian sewaktu saya berjalan ke pintu, saya melihat bayangan saya. Agak pucat, gemetar, tapi bertekad.

Saya tidak akan menjadi apa-apa dan tidak ada siapa-siapa.


By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...