Tuan Naga

Tuan Naga




Tongkat sparring melesat melewati telingaku, hanya beberapa inci jauhnya dari menjatuhkanku. Saya membalas serangan itu dengan pukulan ayunan dari tongkat kayu saya sendiri, tetapi itu bertemu dengan tongkat Yona dengan cengkeraman. Lengan dan kaki saya terbakar dengan urgensi yang akrab untuk mengikuti guru saya, tetapi saya bisa merasakan tongkat semakin berat di tangan saya.

Selalu terlalu cepat, saya mengikuti palsu Yona di sebelah kiri saya dan mendapati diri saya disambut oleh bumi. Bahu saya menyengat di mana tongkat itu terhubung, dan saya sudah bisa merasakan welt mekar di bawah rompi kulit saya. Aku berbaring di tanah sejenak, menatap rambut abu-abu lelaki tua itu dan janggut yang dikepang. Menyebalkan pantatmu ditendang oleh kakekmu sendiri.

"Kamu pasti lebih cepat dari itu, Katarina." Orang tua itu mengulurkan senjata itu dan aku menggenggamnya, mengangkat diriku berdiri.

Saya meludahi tanah, mencampur darah dan air liur saya dengan kotoran. "Kami sudah berada di sini selama berjam-jam, Yona. Aku terlalu lelah untuk terus berlatih hari ini."

Mata biru Yona berkerut, tapi dingin dan penuh baja. Teguh. Saya seharusnya tidak mengharapkan dia untuk bersikap santai pada saya hari ini, tetapi saya masih berpegang pada serpihan terakhir dari mengasihani diri sendiri yang telah saya tinggalkan. Itu tidak adil.

"Kamu tahu mengapa kami melakukan ini, gadis mudaku. Anda harus siap ketika naga datang untuk Anda. Jika kamu ingin menjadi Raja Naga, kamu harus cukup kuat untuk menanganinya."

Itu saja, aku tidak ingin menjadi Raja Naga. Saya tidak ingin menjadi apa pun selain putri seorang petani petani. Jika ibu saya tidak bersikeras untuk membawa semua anaknya ke Oracle pada hari mereka dilahirkan, maka saya mungkin akan tetap seperti itu sepanjang hidup saya.

Saudara-saudariku semua diberi nubuat yang mudah dan normal: yang ini akan menikah dengan tuan yang kaya, yang ini akan melakukan perjalanan jauh dari negara kita, bahwa seseorang akan kehilangan seorang anak. Mungkin saya tidak ingin masa depan kehilangan seorang anak, tetapi setidaknya masa depan saudara laki-laki saya tidak mendikte seluruh hidupnya. Setidaknya masa depannya mungkin akan terjadi. Tapi milikku? Apa yang disebut "masa depan" saya tidak mungkin terjadi.

"Yang ini akan menjadi Tuan Naga yang hebat." Kata-kata itu bergema di benak saya, diucapkan dalam sejuta suara yang berbeda karena berkali-kali itu telah dibacakan kepada saya. "Dia akan memerintah naga," kata mereka. "Dia akan membawa negara kita keluar dari dominasi budak kita."

Nubuat saya konyol di begitu banyak akun. Dalam semua sejarah, tidak pernah ada Raja Naga wanita. Sama seperti manusia, naga juga tidak menghormati kata-kata seorang wanita. Mereka diketahui menyemburkan api pada wanita yang mencoba mendekati mereka, dan melahap orang-orang yang berani berusaha mengendalikan mereka. Jika fakta ini saja tidak cukup untuk mengungkapkan kegilaan ramalan itu, maka yang berikutnya akan menghentikan semua pertanyaan: naga telah mati tiga ratus tahun yang lalu. Tidak seorang pun, apalagi saya, akan pernah menguasai mereka lagi.

Saya melempar tongkat ke bawah dan pergi. Selama lima belas tahun saya telah berlatih. Sejak saya belajar berjalan, keluarga saya memaksa saya untuk menggerakkan kaki saya untuk berlari. Tahun saya belajar membaca adalah tahun mereka memberi saya buku-buku sejarah tentang naga, untuk mempelajari selera mereka, sikap mereka, cinta mereka. Sementara anak-anak lain seusia saya bersekolah dan belajar tentang dunia tempat kami tinggal dan peran mereka di dunia itu, saya dipaksa untuk belajar tentang dunia yang berakhir berabad-abad yang lalu. Setiap hari saya menyerahkan tubuh saya pada siksaan sparring, mengangkat beban, dan bermil-mil berlari sehingga saya bisa mengumpulkan kekuatan yang dibutuhkan untuk mengendarai naga.

Saya membenci kehidupan yang diberikan kepada saya oleh seorang wanita tua buta yang menyentuh wajah saya dan menyemburkan kata-kata pertama yang muncul di benaknya yang hancur. Saya membenci keluarga saya karena mempercayainya dan memaksa saya untuk menyia-nyiakan tahun-tahun pelatihan saya untuk binatang buas yang telah lama berubah menjadi debu. Yang terpenting, saya membenci diri saya sendiri karena mencoba dan gagal menjadi gadis yang mereka semua pikir saya seharusnya menjadi.

Saya memasuki pondok kecil keluarga saya dan saya menelepon ke rumah. Pintu depan menggantung longgar di engselnya, tersapu oleh badai yang melanda desa beberapa bulan yang lalu. Kami tidak mampu memperbaikinya, sama seperti kami tidak mampu memberi makan lima anak yang tersisa di rumah. Pada usia lima belas tahun, saya adalah yang tertua yang tersisa. Kaydra dan Dart sama-sama menikah pada usia tujuh belas tahun dan tinggal di pondok-pondok yang rusak seperti milik kami, tersebar di sekitar kota miskin.

"Katarina!" Teriakan seorang anak menarik perhatian saya menjauh dari pintu dan masuk ke dapur yang berdebu. Jurang menghampiriku, tangan kecilnya dilapisi tepung dan debu. Aku menangkapnya dan mengayunkannya meskipun ada kelelahan di anggota tubuhku dan teriakan yang datang dari welt di bahuku.

"Ibu mengajariku membuat roti! Apakah Anda ingin mencoba sepotong?"

Aku mendongak dan menangkap ekspresi wajah ibuku. Kulitnya dilapisi dengan kerja keras selama bertahun-tahun dan sedikit istirahat, kerja membesarkan tujuh anak di negara miskin di mana satu-satunya hal yang dibagikan para penguasa secara gratis adalah lebih banyak pekerjaan. Rambut hitamnya, yang dulu sangat cocok dengan naungan saya, bergaris-garis abu-abu dan mengingatkan saya pada burung-burung yang terbang di atas desa kami, tidak pernah repot-repot mendarat di tempat yang kotor seperti milik kami. Saat aku menatap mata birunya, aku tahu pada akhirnya aku akan tumbuh menjadi dia, ketika keluargaku akhirnya melepaskan mimpi Tuan Naga dan memungkinkanku untuk mengambil tempat yang seharusnya dalam kenyataan. Saya akan gagal semuanya, dan tidak ada yang akan percaya bahwa prestasi yang mereka minta dari saya tidak mungkin sejak awal.

"Saya pikir roti itu dimaksudkan untuk makan malam, Ravine." Aku berkata dengan lembut, cukup keras untuk didengar ibuku. Saya melihat bahunya sedikit rileks. Tentu saja, tidak ada cukup makanan untuk ngemil tanpa tujuan.

Saya menurunkan saudara perempuan saya ke lantai dan berjalan ke kamar lain yang menampung tujuh tempat tidur. Bundel yang tersebar di lantai tidak banyak, tetapi mereka mengalahkan tidur di atas jerami, itulah yang dilakukan banyak keluarga. Saya mengambil selimut saya dan menggulungnya, mengikatnya dengan panjang tali dan mengayunkannya ke punggung saya. Di dapur saya melangkah di sekitar ibu dan saudara perempuan saya di tempat yang sempit dan mengambil kulit air saya, sudah penuh dan siap untuk pergi. Saya menyelipkan pisau pengupas ke dalam bundel, melindungi tindakan saya dengan tubuh saya. Itu saja. Itu semua yang harus saya sebut milik saya sendiri.

"Pergi ke suatu tempat?" Ibuku menatapku dengan curiga, tangannya terus menguleni adonan di atas meja.

"Aku akan mendaki untuk meregangkan kakiku." Kataku, bertemu dengan tatapan ibuku.

Dia mengangguk sekali, emosi berkedip-kedip di wajahnya terlalu cepat untuk saya baca. Mungkin dia tahu saya tidak berencana untuk kembali. Dia melihat saya tumbuh semakin muak dengan nubuat dan perlakuan dari keluarga saya selama bertahun-tahun, dan saya bertanya-tanya apakah dia selalu tahu itu akan terjadi. Saya berbalik ke ambang pintu dan tidak melihat ke belakang.

Matahari berada di sisi bawah busurnya di langit, tetapi saya punya waktu berjam-jam sebelum malam tiba. Saya meninggalkan desa saya dan menuju pegunungan di kejauhan, akhirnya bersyukur atas sesuatu yang telah diberikan semua pelatihan saya kepada saya: stamina. Tidak butuh waktu lama bagiku untuk meninggalkan kehidupan bodoh ini.

Lucunya, yang berhasil dilakukan keluarga saya selama bertahun-tahun pelatihan adalah mengajari saya cara hidup sendiri. Saya memiliki semua pengetahuan dan alat yang saya butuhkan untuk bertahan hidup di hutan belantara. Saya bisa menyalakan api, menangkap makanan saya sendiri, dan membela diri dari makhluk apa pun yang membuat kesalahan dengan menyerang saya. Saya memiliki semua yang saya butuhkan untuk memulai hidup baru di sini. Aku tersenyum pada diriku sendiri saat memikirkan tongkat Yona dan betapa kesepiannya tanpa aku menerima pukulan darinya.

Matahari akhirnya mulai terbenam saat saya mencapai pegunungan, desa kecil saya hanya setitik di kejauhan. Udara menjadi dingin tanpa adanya sinar matahari, dan saya merasakan angin sejuk membungkus saya seperti selimut. Saat gunung-gunung menjulang di kedua sisi saya, peradaban jatuh lebih jauh di belakang. Saya tidak percaya saya melakukannya. Saya benar-benar meninggalkan semuanya.

Gelombang harapan yang hangat mengalir melalui saya pada kemungkinan tak terbatas yang bisa dimiliki hidup saya. Saya bisa hidup sendiri selama bertahun-tahun, dan jika saya bosan saya bisa melakukan perjalanan ke negeri lain dan menemukan seseorang untuk menetap. Saya bisa melakukan apa pun yang saya inginkan. Saya bebas. 

Bukan harapan yang membuat saya hangat sekarang; Udara telah berubah menjadi panas di pegunungan gua ini, dan itu berputar-putar di sekitarku dalam tarian liar. Saya mulai berkeringat sekarang, tapi itu tidak mungkin benar. Matahari telah terbenam dan bintang-bintang menghiasi langit di atas kepala. Dari mana panas ini berasal?

Kegelapan terganggu oleh kilatan cahaya oranye terang. Api, dihembuskan dari atas.


By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...