Reborn

Reborn




Siapa saya? Mataku berkibar terbuka pada seorang wanita pendek, "Dr. Sanders" seperti yang tertulis di kartu persegi panjang yang disematkan di bajunya. Ada kerumunan orang berlarian, menguji sesuatu, seperti sedang terburu-buru. Laboratorium. Kata itu datang kepada saya dengan cepat, meskipun saya baik-baik saja dengan "tidak tahu" yang selalu biasa saya lakukan. Dr. Sanders meletakkan tangan di bahu saya dan tersenyum. "Kamu akhirnya siap."

Saya tahu dari warna langit bahwa ini akan menjadi hari yang berbeda. Dr. Sanders, seperti biasa, menekan beberapa tombol pada perangkat mekanisnya, dan saya merasakan sensasi kesemutan menyebar di lengan saya. Ini menjadi lebih tenang di laboratorium sejak saya pertama kali diperkenalkan padanya, dan saya melihat sebuah jendela kecil melihat ke luar. Saya fokus pada jendela alih-alih Dr. Sanders, dan menyaksikan burung-burung terbang dari sisi ke sisi. Ini lebih tepatnya ... lucu untuk melihat ke luar pada bunga, rumpun hijau tumbuh dari tanah dan semuanya. Kata itu menghantam saya sebelum saya bisa repot-repot mencoba dan bertanya pada diri sendiri apa itu. Tenang.

Saya tidak terlalu senang dengan diikat ke dinding ini, ditinggalkan di sana untuk memindai ruangan dan mencoba menjawab semua pertanyaan saya. Berbicara. Apakah pernah terpikir oleh saya untuk bertanya? Saya berpura-pura menghindari Dr. Sanders, seluruh situasi yang membingungkan ini, dan kemudian saya menyadari bahwa saya tidak seperti mereka yang lain.

Tubuh saya tidak seperti mereka, dan saya tidak tahu mengapa. "Mengapa?" Saya menguji kata itu, perlahan-lahan membahas setiap huruf. "Mengapa saya berbeda?" Suara baruku terdengar tidak benar. Tidak terdengar seperti jendela dengan semua bunga, burung, dan langit. Saya melihat Dr. Sanders mengetik di keyboardnya tiba-tiba berhenti saat dia berbalik untuk melihat saya.

"Menurutmu mengapa kamu berbeda?"

Tidak ada jejak hiburan atau sarkasme yang tersembunyi dalam suaranya, hanya pertanyaan yang tulus. Beberapa pria dan wanita berjas putih lainnya berhenti untuk melihat saya, lalu melanjutkan pengujian di kamar mereka.

"Saya bukan manusia." Saya berhasil mengumpulkan kata-kata itu, masih membenci cara suara saya terdengar. Robot. Dr. Sanders mengupas kembali velcro yang mengikat saya ke dinding dan saya merasakan penempatan kaki saya di tanah yang kokoh. Tapi aku menatap ke luar jendela, bukan ke lantai. Apakah saya takut?

"Coba berjalan?" Dr. Sanders memperhatikan saat saya melihat ke bawah untuk pertama kalinya pada tubuh logam baru saya. Ada potongan-potongan barang daur ulang dan potongan-potongan lain yang menempel di tubuh saya sehingga saya terlihat seperti mereka. Manusia laki-laki.

"Tapi aku tidak seperti mereka." Saya katakan kepada Dr. Sanders, menunggu jawaban atas pertanyaan saya, atau mungkin itu komentar. Dia tidak menanggapi, malah mengikuti pandanganku ke jendela.

"Tidak, aku khawatir kamu lebih baik tidak menjadi manusia." Dia menghela nafas dalam-dalam, membuatku bingung mengapa kita semua tidak ingin menjadi daging dan tulang, seperti hal-hal di luar jendela. Hidup. Bernapas. Organisme.

Saya memutuskan untuk mengangkat kaki saya, dan saya menyimpannya di sana sebentar, mengangkat ke udara, dan mengambil satu langkah. Perasaan baru berkumpul di perut saya, tetapi saya tidak berbicara. Yang ingin saya lakukan adalah kembali ke dinding saya dan secara pribadi mengikat velcro di atas tubuh saya, tetap dalam kenyamanan "tidak tahu", tetapi kepolosan itu telah hilang di tengah semua pembicaraan membingungkan tentang manusia-manusia ini. Mereka melihat saya dan menyentuh saya, dan saya ingin memberi tahu mereka bahwa saya tidak ingin disentuh, jadi saya menahan diri dengan tangan dan berteriak.

Dr. Sanders berada di atas saya lagi, menghalangi tampilan video saya. Saya sekali lagi diikat ke dinding velcro, mencoba membaca ekspresi Dr. Sanders. Dia berguling ke komputernya di kursi bergulir dan bergumam di bawah napasnya, lingkaran hitam, menjuntai di bawah matanya. "Tidak ada sirkuit yang tidak berfungsi." Namun, terlepas dari semua upaya saya, saya tidak akan pernah lebih dari bagian robot dan baut. Laboratorium itu sunyi, tidak ada ilmuwan yang ramai di sekitar gedung.

"Saya tidak seharusnya merasakan." Tiba-tiba, Dr. Sanders turun dari kursinya dengan pekikan yang memekakkan telinga.

"Tidak, kebanyakan robot tidak bisa merasakan, tapi kamu bisa." Pada saat ini saya telah memahami Dr. Sanders ingin saya berbicara. Mataku bergerak maju mundur untuk memastikan tidak ada orang di gedung bersama kami.

"Mengapa saya untuk pekerjaan itu?" Dr. Sanders menggelengkan kepalanya seperti mungkin ada begitu banyak hal yang perlu dia katakan seperti ada begitu banyak ujung dan awal yang diikat menjadi simpul yang bengkok. Seperti saya tidak mungkin mengerti-dan saya tidak-tapi saya mengerti.

"Kebebasan." Adalah kata yang keluar dari mulutnya, tergantung di sana di udara terbuka, menunggu untuk meletus. Saya tidak bisa-tidak memahami gagasan kebebasan semudah bunga dan burung. Sepertinya saya harus memahami kata ini karena saya dibuat untuk melayani tujuan ini, tetapi saya menggelengkan kepala dan mengerutkan kening. Kebebasan tidak terjebak di dinding ini, tetapi kebebasan dapat memilih apa yang Anda inginkan, dan saya memilih kenyamanan dinding ini.

"Aku tahu itu memiliki banyak arti, dan kamu lebih baik tidak tahu yang mana itu." Lebih baik tidak tahu. Bagian-bagian yang saya tidak mengerti termasuk ini; rangkaian kata yang "lebih baik" ini. Alih-alih berbicara lagi, saya mendengarkan ketika Dr. Sanders mematikan perangkatnya dan mendatangi saya dengan benda mekanis lain di tangan.

"Aku tahu aku sudah menunggu begitu lama sampai kamu dibuat, tapi ini bukan waktu yang tepat." Saya dapat mendengar suara-suara di atas keheningan, dan saya tahu ada sesuatu yang salah, seseorang atau sesuatu akan datang, dan mereka berbahaya.

"Pergi. Aku akan menempatkanmu di kompartemen ini di mana mereka tidak akan pernah menemukanmu, dan kamu akan bangun ketika saatnya tiba." Dia menempatkan saya di lemari kecil, jauh dari burung, pohon, dan kebebasan, menekan tombol daya pada objek mekanisnya.

"Segera, kamu akan terlahir kembali."


By Omnipoten

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...