Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 26, 2018

Tuhan yang Mempertobatkan

Zakharia 12:10-14 Kita yang sudah jatuh dalam dosa dan sudah mati kerohaniannya tidak mungkin dapat bertobat. Namun, jika Tuhan menghidupkan kerohanian kita, tentu saja pertobatan bukan sesuatu yang mustahil (bdk. Ef 2:1-5).Ayat sepuluh menunjukkan Tuhan akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan. Roh itu dicurahkan atas umat-Nya, yaitu keluarga Daud dan penduduk Yerusalem. Dengan demikian, mereka akan memandang kepada aku (LAI: dia) yang mereka tikam. Mereka akan meratapi dia seperti orang meratapi kematian anak tunggal. Mereka akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi kepergian anak sulungnya. Ini menunjukkan bahwa dia yang ditikam adalah aku, kata Tuhan. Ini menyiratkan bahwa Mesias yang ditikam adalah Tuhan sendiri.Tuhan akan memberikan anugerah supaya umat dapat bertobat dan memohon ampun. Mereka harus meratapi Mesias yang mereka tikam. Ratapan yang diberikan akan begitu besar, seperti ratapan di lembah Megido (bdk. 2Taw 35:21-25). Ratapan tersebut akan terj…

Cerpen Sahabat Selamanya

Sudah sekian tahun aku berpisah dengan sahabatku, Dani. Berapa tahun, ya? Biar ku hitung. Hmm, sembilan tahun. Waktu yang lama sekali. Aku berpisah dengan Dani saat kami lulus TK. Dia harus pindah ke Medan untuk mengikuti orangtuanya yang bekerja di sana. Maksudku papanya. Tante Maya, mama Dani tetap dengan usaha butiknya. Dulu, ketika Dani masih tinggal di Bandung sini, di rumahnya yang ada di depan rumahku, aku sering main ke rumahnya dan kadang-kadang aku diberi pakaian yang ada di butiknya. Gratis, tis. Mama sampai nggak enak hati, tapi Tante Maya terus saja memberiku barang-barang dari butiknya. Tidak hanya baju, sih. Tante Maya juga melarang Mama untuk membayar semuanya. "Anggap aja kita ini keluarga, Han" katanya ketika Mama hendak membayar pakaian yang diberikannya untukku. Hmm, sekarang aku kangen Dani. Gimana ya, kabar dia sekarang? Apakah masih gendut seperti dulu dengan rambut batok kelapanya? Aku mengingat-ingat saat aku bermain sepeda dengannya, main ayunan, ke…

Cerpen Delusi Mila

Kosong.

    Kutolehkan kepala ke belakang. Kira-kira sekitar 18 jam sudah tak kudapati sosok yang biasa menduduki bangku di balik punggungku tersebut. Kemana ia? Tak biasanya belum menampakkan diri hingga jam segini.Ah, mungkin dia ketiduran. Bukannya kemarin mukanya kusut sekali?    Berniat melepas penat sesaat, kuberingsut dari tempat duduk mendekati pintu kelas yang terbuka lebar. Melangkahkan kaki serileks mungkin menuju koridor utama yang menghadap taman barat sekolah, tempat paling hijau di seantero sekolah menengah atas ini.    Kuhirup nafas dalam-dalam. Segar. Seperti biasa, beludru bertumbuhkan tanaman apik di sana-sini mampu membius kedua manikku. Pun burung gereja yang berkicau riang mendamaikan pagi. Kusapukan penadangan menikmati seneri kebanggaan sekolahku. Sekilas, situasi pukul enam pagi ini tampak baik, damai, masih lengang dan...'Aku ingin mengakhiri hidupku.'    Dalam pemikiran yang masih mencoba stabil, mendadak kudapati kilatan potongan demi potongan memoa…

Humor Pengalaman

Guru:"Anak-anak, pengalaman adalah guru yang paling baik."
Murid I :"Mengapa pengalaman kok disebut guru yang paling baik, Bu ?"
Murid II :"Karena pengalaman tidak pernah memberikan PR (pekerjaan rumah)."Si Buta Baca Koran Ini kisah tentang seorang buta dan si Amir yang baru ia temui di sebuah
taman. Mereka terlibat dalam suatu percakapan.Tak lama kemudian si orang
buta mengeluarkan sebuah koran dan membukanya. Si Amir heran dan bertanya :
" Mas, katanya buta, kok baca koran ? "
Si orang buta, " Enggak, cuma lihat-lihat gambar aja, kok ."Tongkat Dan PiringSebuah keluarga dengan seorang anak kecil berumur 5 tahun pindah ke kota lain
sehubungan dengan tugas, ternyata lingkungan baru "not really well educated".
Suatu hari si anak sebut saja namanya Tono sedang bermain-main dengan anak-anak
lain, seorang anak memaki Tono, "kon*** ... lu", si Tono cuma bisa heran karena
tidak mengerti apa yang dimaksud anak tadi.
Se…

Firman Tuhan Kunci Pertumbuhan Hidup

Baca: Mazmur 119:97-104"Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan." (Mazmur 119:99)Kekristenan itu lebih dari sekedar agama, melainkan sebuah hubungan dengan Tuhan; dan yang menjadi dasar sebuah hubungan adalah komunikasi yang baik. Tuhan berkomunikasi dengan kita dengan berbagai cara, terutama sekali melalui firman-Nya. Sementara, kita berkomunikasi dan Tuhan melalui doa-doa kita. Karena itu perlu sekali kita belajar mempertajam pendengaran kita akan suara Tuhan supaya komunikasi dua arah ini dapat berlangsung dengan baik.Ketika kita tekun membaca dan merenungkan firman-Nya setiap hari kita bisa mengerti apa yang menjadi kemauan Tuhan, kehendak-Nya, isi hati-Nya dan jalan-jalan-Nya. Firman Tuhan adalah standar tertinggi dan mutlak untuk setiap bidang kehidupan orang percaya, sebab firman-Nya "...bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.&…

Firman Tuhan Kunci Keberhasilan Hidup

Baca: Yesaya 55:1-13"demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya." (Yesaya 55:11)Karena merupakan perkataan Tuhan sendiri maka setiap tulisan dalam Alkitab/Injil mengandung kuasa luar biasa. Jangan sekali-kali meremehkan atau menganggap sepele firman Tuhan karena ada dampak luar biasa bagi orang yang senantiasa tekun membaca dan merenungkan firman Tuhan, sebab firman yang diperkatakan dengan iman tidak akan pernah kembali dengan sia-sia. Pemazmur menyatakan bahwa orang "...yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil." (Mazmur 1:2-3).Ingin mengalami keberhasilan di segala aspek kehidupan ini? Jangan sekalipun membiar…

Cerpen Berat Sahabat

Suara alarm di handphonenya tak mampu kalahkan udara dingin pagi ini. Seharusnya remaja yang baru duduk di bangku 2 SMA ini sudah harus bangun 10 menit yang lalu, tapi gadis bernama lengkap Aeldra Dwi Alana itu masih melingkar di pembaringan. Hampir setiap pagi Ibu kost turun tangan membangunkannya."El... Sudah jam 06.30, lo udah bangun?" Tanya Bu Nani. Tak ada jawaban. Wanita berkepala 4 itu kembali mengetuk pintu, kali ini agak keras."Ayo bangun El, nanti kamu telat lagi ke sekolah.""Iyaa..." Beberapa menit kemudian gadis itu keluar sambil merapikan ikat pinggangnya."Lo gak mandi?" selidik Bu Kost sambil mengendus.El nyengir, "Apa gunanya parfum kalau El harus mandi setiap pagi."Bu Nani hanya menggeleng dan membiarkan gadis itu berlalu
"El..." seorang gadis bertubuh mungil dengan pita pink di rambutnya berdiri di pintu kelas. Keysha memang selalu datang lebih awal.Keysha dan El adalah teman baik sejak duduk di bangku kelas 1…
  • Perasaan Yang Menyerang Bertubi-tubi - Mengapa Ada Sebuah Rasa?ini Hanyalah Sebuah Pertanyaaan Kebodohan,Sebab Rasa Timbul Dari Sesuatu Hal Yang Muncul.Begitu Banyak Yang Muncul Di Dalam Kehidup...
    3 bulan yang lalu
  • How to Advance Through Our Adversity - Romans 8:18, 26-28 What would happen if we approached a fork in the road and found two signs, one reading “Road of Comfort” and the other, “Road of Adversi...
    5 bulan yang lalu
  • TAKING IT CAPTIVE - 2 Corinthians 10:3-5 (KJV) For though we walk in the flesh, we do not war after the flesh: 4 (for the weapons of our warfare are not carnal, but mighty th...
    5 bulan yang lalu
  • The Faith Mission 1886-1964 - By Duncan CampbellOver eighty years ago, a young man with life before him was sitting on a hillside on the Island of Arran. Below, on the Firth of Clyde, s...
    5 bulan yang lalu
  • When it is just you! - Passage: John 1140 Then Jesus said, “Did I not tell you that if you believed, you would see the glory of God?” 41 So they took away the stone. Then Jesus l...
    5 bulan yang lalu
  • Switch On the Light - Bible Reading: Ephesians 5:8-14Though your hearts were once full of darkness, now you are full of light from the Lord. Ephesians 5:8Picture yourself st...
    5 bulan yang lalu
  • The Length Of God's Love - By Rick Warren “I know that your love will last for all time, that your faithfulness is as permanent as the sky” (Psalm 89:2 TEV). There’s a limit to human...
    5 bulan yang lalu

Postingan populer dari blog ini

Bunga Di Kasih Tanda Cinta PadaMu

Humor 3 Drakula

PENGERTIAN NUBUATAN NABI YESAYA

Cerpen Keindahan Berbalut Jilbab Warna Ungu

Cerpen AHS

ORSAKTI KUMBANG TAK BERSAYAP YANG MENGGAPAI BUNGA

Meme & Momo

Cerpen Kasih Ibu Tak Batas Waktu

Cerpen Gak Bisa Tidur

Cerpen Cintaku Tak Berlisan

Thank's You