BAHAN RAHASIA

BAHAN RAHASIA




Angin puyuh rambut panjang acak-acakan dan pakaian acak-acakan, AURA STEVENS, menyerbu menuju meja masuk rumah sakit. Aura memiliki penampilan seseorang yang baru saja tersandung dari tempat tidur dan melemparkan apa pun yang bisa dia temukan dengan sedikit memperhatikan penampilannya. Setelah mencapai tujuannya, Aura menjatuhkan dompetnya yang berat ke atas meja dengan bunyi gedebuk kemudian menyapa perawat yang merawat dengan cara yang agak tidak beradab. "Suami saya, Craig, mengalami kecelakaan di tempat kerja. Saya diberitahu bahwa dia dikirim ke rumah sakit ini." Make up, kunci, dan berbagai barang feminin lainnya tumpah ke meja penerimaan saat Aura melewati dompetnya dengan panik mencari sesuatu. "Saya pikir saya memiliki kartu medisnya di sini di suatu tempat."

Perawat yang merawat perlahan bangkit dari kursinya. Dia mendekati Aura dengan cara melucuti senjata yang tenang. "Nona tolong. Saya di sini untuk membantu Anda. Tapi kamu perlu menarik napas dan memperlambat."

"Saya minta maaf," Aura meminta maaf sambil terisak. "Aku tidak bermaksud begitu kasar. Saya sangat malu." Dia memasukkan kembali harta miliknya ke dalam dompetnya saat dia terhuyung-huyung. "Mereka tidak memberi tahu saya apa yang terjadi. Hanya saja Craig mengalami kecelakaan dan dikirim ke rumah sakit ini. Aku memiliki semua pikiran mimpi buruk ini mengalir di kepalaku." Aura mengolesi maskara di pipinya saat dia menyeka air mata dari matanya. "Kami baru saja menikah sebulan yang lalu. Aku masih terbiasa memanggilnya suamiku." Aura praktis ambruk ke meja penerimaan saat dia menangis sedih.

Perawat yang merawat dengan cepat meluncur kembali ke kursinya dan menatap Aura. Jari-jarinya melayang di atas keyboardnya siap mengetik. "Siapa nama suamimu lagi?"

Aura menahan air matanya. "Craig. Craig Stevens."

Perawat yang merawat dengan cepat mengetik namanya. "Craig Stevens. Dia dirawat setengah jam yang lalu. " Perawat tersenyum pada Aura. " Dia memiliki laserasi kecil di lengannya. Dia akan membutuhkan jahitan, mungkin tembakan tetanus, tapi dia akan baik-baik saja."

Aura menghela nafas lega. "Terima kasih. Terima kasih banyak."

Perawat yang merawat terus tersenyum hangat pada Aura. "Terima kasih kembali." Dia memberi Aura clipboard yang berisi formulir medis. "Kamu bisa mengisi ini di ruang tunggu. Saya akan memberi tahu mereka bahwa Anda ada di sini."

*********

Aura menjatuhkan dirinya ke kursi di ruang tunggu rumah sakit. Dompetnya yang besar dan kuat tertatih-tatih di pangkuannya saat dia melihat formulir medis yang disimpan di clipboard.

Duduk dengan tenang di seberang Aura, seorang wanita tua mengintip dari balik bukunya. Dia menatap Aura, dengan rasa ingin tahu, sebelum berseru, "apakah kita sudah bertemu?"

Aura terus melakukan tindakan sirkusnya untuk menyeimbangkan clipboard, mencegah barang-barang jatuh dari dompetnya yang kelebihan beban, sambil berkonsentrasi menjawab pertanyaan pada formulir medis yang terlalu rumit. "Bukan itu yang saya sadari," katanya sambil tersenyum memaksa. Padahal di benaknya, Aura berpikir bahwa wanita tua itu memang mengingatkannya pada seseorang.

Wanita tua itu tampak lega dengan jawabannya. "Maaf karena merepotkan. Hanya saja terkadang aku lupa."

"Tidak repot," jawab Aura acuh tak acuh.

Wanita tua itu meletakkan bukunya di atas kaleng ukuran kotak sepatu di kursi di sebelahnya. Dengan mata simpatik, dia menyaksikan Aura bertarung dengan dompetnya sambil berjuang untuk menyelesaikan formulir medisnya. "Apakah semuanya baik-baik saja, sayang?"

Aura mengangkat clipboard dengan frustrasi. "Bisakah mereka membuat bentuk-bentuk ini lebih rumit?" Seolah ingin menandai rasa frustrasinya, barang-barang dari dompet Aura tiba-tiba jatuh ke lantai dan berguling ke berbagai arah. Aura mengutuk dirinya sendiri dengan tenang saat dia membungkuk untuk mengambil barang-barangnya, menyebabkan lebih banyak barang jatuh dari dompetnya.

Wanita tua itu dengan cepat datang untuk menyelamatkan Aura. Dalam satu gerakan anggun, dia mengambil barang-barang dari lantai lalu duduk di kursi di samping Aura. "Sekarang mari kita lihat apakah saya dapat membantu Anda dengan bentuk medis yang sangat buruk itu."

"Kamu sangat baik, sungguh. Tapi kamu sedang membaca," aura terhuyung-huyung malu. "Aku tidak ingin merepotkanmu lebih jauh."

"Oh pish posh," kata wanita tua itu sambil tertawa kecil. "Buku itu sangat mudah ditebak. Aku bersumpah aku pasti sudah membacanya di kehidupan lain." Wanita tua itu duduk di kursi di sebelah Aura dan melanjutkan untuk membimbing Aura dengan ahli melalui pertanyaan-pertanyaan di formulir medis. Dalam waktu singkat, formulir medis telah selesai.

Aura menatap wanita tua itu dengan takjub. "Berapa banyak dari formulir ini yang telah Anda selesaikan?"

Wanita tua itu mengambil kembali kursinya di seberang Aura. "Jujur, itu yang pertama bagi saya. Ini aneh tapi saya pikir saya bisa menjawab bentuk itu dalam tidur saya." Wanita tua itu menatap bangsal rumah sakit utama sambil menghela nafas. "Dalam pernikahan saya, saya adalah orang yang lemah-sakitan, sementara suami saya adalah batu karang. Dia biasanya mengurus hal-hal itu."

Wanita tua itu tiba-tiba beralih ke Aura. "Ya ampun ramah. Di mana sopan santun saya? Kami belum diperkenalkan dengan benar." Dia mengulurkan tangannya, main-main, dengan cara yang terlalu formal dan berbicara dengan aksen Selatan. "Trisha Bangsawan. Saya senang berkenalan dengan Anda."

Aura mendapati dirinya tersenyum lebar saat dia menjabat tangan Trisha. "Aura Stevens."

Trisha duduk di kursinya. "Nah, Aura Stevens, apa yang membawamu ke tempat kami yang bagus pagi-pagi sekali?"

"Suami saya, Craig, mengalami kecelakaan kecil di tempat kerjanya," jawab Aura.

"Jadi kamu menjatuhkan segalanya untuk berada di sisinya. Apakah saya benar?" Trisha bertanya.

Sebagai tanggapan, Aura dengan lucu memberi isyarat pada keadaannya yang berantakan. "Apakah saya setransparan itu?"

"Mereka memang memiliki kekuatan atas kita, bukan?" Trisha merenung. "Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan tanpa Gerald saya."

"Dan Anda?" Aura bertanya. "Kamu menyebut suamimu."

"Iya. Gerald. Dia merasa sedikit di bawah cuaca. Keponakan kami membawanya ke sini tempo hari untuk pemeriksaan rutin," jawab Trisha.

"Kuharap semuanya baik-baik saja," Aura menyuarakan keprihatinannya.

"Oh iya sayang. Gerald sama bugarnya dengan biola. Saya telah mengenalnya sejak kami masih kecil, dan dia tidak pernah sakit. Tidak sekali," jelas Trisha. "Mereka hanya menahannya semalaman untuk observasi. Saya diberitahu."

"Saya lega mendengarnya," aura menegaskan. Dan itu bukan hanya pernyataan yang diucapkan Aura karena kesopanan. Itu adalah kebenarannya. Dia benar-benar lega. Ada sesuatu yang hangat, mengundang, dan anehnya akrab tentang Trisha. Seolah-olah Aura telah mengenal Trisha sepanjang hidupnya. Dalam upaya untuk menjaga percakapan tetap bergulir, Aura dengan cepat menambahkan, "yah setidaknya sekarang kita adalah orang-orang yang menunggu suami kita dan bukan sebaliknya."

Mereka berdua menikmati tawa yang baik: sebagian sebagai penghilang ketegangan, tetapi sebagian besar karena ikatan mereka berdua berkembang dalam waktu sesingkat itu.

Trisha meraih kaleng di kursi di sebelahnya. "Yah, Aura. Kamu terlihat seperti wanita yang bisa menggunakan sedikit pick-me-up."

Aura menggelengkan kepalanya. "Oh saya tidak bisa. Saya tidak minum."

Wajah Trisha berbinar saat dia terkikik bahagia. "Aku tidak menawarkanmuroh, sayang." Trisha mengupas tutupnya dari kaleng. Di dalamnya ada kue berkilau berbentuk seperti kepingan salju, mistletoes, dan berbagai ornamen Natal lainnya.

"Kue Natal," kata Aura dengan gembira. "Tapi bukankah ini sedikit lebih awal untuk kue Natal?"

"Ada yang bilang bilang," aku Trisha. "Kami tidak pernah bisa memiliki anak sendiri. Saya kira itulah sebabnya Gerald sangat menikmati menjadi sukarelawan sebagai Santa Claus di lingkungan itu. Setelah beberapa saat itu menjadi identitasnya." Trisha menatap aura dengan bangga. "Bagi kami berdua, setiap hari adalah Natal."

Aura memperhatikan untuk pertama kalinya bagaimana pakaian Christmassy Trisha.

 Trisha menawarkan aura kue. "Tolong bantu dirimu sendiri. Saya bersikeras."

Aura menatap kue dengan mata lapar. "Aku seharusnya tidak melakukannya. Saya sedang diet." Dia dengan cepat mengambil kue dan melahapnya, sambil membuat suara-suara enak. "Kue ini sangat enak."

"Bisakah kamu menebak apa bahan rahasianya?" Trisha bertanya.

"Cinta," jawab Aura sambil tertawa.

"Yah cinta adalah bahan utama untuk semua hal baik," tegas Trisha. "Tapi untuk membuat kueku lebih istimewa," Trisha bergerak mendekati Aura seolah-olah dia akan mengungkapkan sebuah rahasia, "Aku menambahkan, menghancurkan, tongkat permen."

Sebuah realisasi muncul di wajah Aura. "Saya suka permen tongkat," katanya sambil tersenyum. "Tidak heran kue itu sangat enak."

"Permen tongkat adalah perwujudan Natal," lanjut Trisha, "dengan tambahan manis, kebaikan minty."

Selama beberapa menit berikutnya, Aura dan Trisha terus tertawa dan makan kue Natal yang lezat. Aura kecewa ketika perawat yang merawat memberi tahu dia bahwa suaminya siap untuk dibebaskan. Sebelum dia pergi, Aura memeluk Trisha dengan erat dan berterima kasih atas kebaikannya.

*********

Keesokan harinya, Aura kembali ke rumah sakit untuk mengambil kartu kunci kerja suaminya yang ditinggalkannya. Yang mengejutkan, dia melihat Trisha duduk diam di ruang tunggu membaca buku. Aura menoleh ke perawat yang merawat dan bertanya dengan sungguh-sungguh. "Maafkan saya, perawat. Bukankah itu Trisha Nobleman yang duduk di ruang tunggu?"

Perawat yang merawat melirik Trisha sambil menghela nafas. "Iya. Dia ada di sini setiap pagi. Seperti jarum jam."

"Aku tidak mengerti," seru Aura. "Kupikir dia datang ke sini kemarin untuk menjemput suaminya. Mengapa dia kembali?"

Perawat yang merawat menatap Aura dengan bingung. "Aduh. Anda tidak tahu. Cara kalian berdua berbicara tempo hari, pikirku ..."

Perawat menarik Aura ke samping dengan diam-diam. "Sudah lebih dari setahun yang lalu suami Trisha datang ke sini untuk diperiksa," kata perawat yang merawat kepada Aura. "Dia adalah orang tua yang baik hati. Dia tampak seperti Sinterklas."

"Apakah kamu mengatakandiaseperti dalam bentuk lampau?" Aura bertanya.

Perawat yang merawat menanggapi pertanyaan Aura dengan anggukan. "Semuanya tampak baik-baik saja. Kami menahannya semalaman untuk observasi hanya sebagai tindakan pencegahan," lanjut perawat itu, "tetapi dia meninggal pada malam hari."

Aura TERENGAH-ENGAH.

"Trisha dan keponakan mereka datang menjemputnya keesokan harinya, mengira semuanya benar seperti hujan," cerita perawat sambil melirik Trisha dengan sedih. "Saya ingat Trisha membagikan kue Natal yang lezat kepada semua orang. Dia memberi tahu kami bahwa tongkat permen adalah bahan rahasianya."

Air mata mengalir di mata perawat yang merawat saat dia melanjutkan ceritanya. "Kami tidak tahu bahwa Trisha sudah menunjukkan tanda-tanda Alzheimer. Trauma kematian suaminya pasti mempercepatnya. Bagi Trisha, setiap pagi adalah tombol reset. Dia bangun dan memanggang sepetak kue Natal, berpikir bahwa dia akan menjemput suaminya dari rumah sakit. Keponakannya tidak tahan melihat bibinya terus-menerus menghidupkan kembali kengerian hari itu, jadi dia meminta kami untuk bermain bersama. Dalam beberapa menit, saya akan memberi tahu wanita tua yang manis itu bahwa suaminya harus tinggal satu malam lagi hanya sebagai tindakan pencegahan. Sayangnya, dia tidak bisa diganggu karena obat yang kami berikan padanya. Kemudian keponakannya akan datang untuk membawanya pulang. Dan besok, kita harus melakukannya lagi." Sebuah telepon di meja penerimaan tiba-tiba RINGS. "Itu pasti keponakan Trisha sekarang."

Perawat yang merawat mengangkat telepon dan menjawabnya. "Iya. Aku akan memberitahunya sekarang."

Aura dengan berani menahan air matanya. "Bisakah aku memberitahunya? Silahkan."

*********

Di ruang tunggu, Aura duduk di seberang Trisha.

Trisha mengintip dari balik bukunya. Dia menatap Aura, dengan rasa ingin tahu, sebelum berseru, "apakah kita sudah bertemu?"

Butuh semua kemauan Aura untuk tidak menangis. "Tidak, Bu, kami belum. Saya baru saja mulai menjadi sukarelawan di rumah sakit. Ini hari pertamaku."

"Selamat hari pertama," kata Trisha manis sambil meraih kaleng di kursi di sebelahnya. "Saya kebetulan memiliki hal yang sangat penting untuk merayakan kesempatan itu." Trisha mengupas tutupnya dari kaleng dan memperlihatkan kue Natal yang berkilau di dalamnya.

Aura akan mengunjungi Trisha di ruang tunggu rumah sakit setiap pagi. Dia menghargai setiap momen yang dia habiskan bersama Trisha. Selama waktu inilah Aura mulai mengingat musim panas yang dia habiskan bersama neneknya ketika dia masih sangat muda. Aura sering duduk di teras dan memperhatikan neneknya saat dia bekerja di kebunnya dengan perhatian dan dedikasi seperti itu. Taman neneknya begitu indah dan sempurna, seperti sesuatu yang keluar dari dongeng. Setelah Aura mewarisi rumah neneknya, taman yang dulunya megah itu segera rusak. Baik Aura maupun suaminya tidak memiliki sentuhan tukang kebun. Trisha-lah yang menginspirasi Aura untuk menghidupkan kembali kebun neneknya. Sedikit demi sedikit, taman mulai terbentuk hingga membuat iri lingkungan sekitar.

Ketika Aura menunjukkan kepada Trisha foto-foto taman, kagum pada apa yang telah dia capai, Trisha hanya terkikik—dengan cara khusus yang selalu dia lakukan—dan memberi tahu Aura sesuatu yang akan dia ingat selama sisa hidupnya. "Saya sama sekali tidak terkejut," kata Trisha. "Kenangan tentang nenekmu membimbingmu dalam semua yang kamu lakukan, sementara cahaya dari suamimu dan bayi perempuan yang cantik memenuhi hatimu dengan cinta dan kebahagiaan. Itu bahan rahasiamu, sayangku. Ini adalah tongkat permen ke taman hidupmu."

Tiga setengah tahun kemudian, Trisha Nobleman berhenti datang ke ruang tunggu rumah sakit. Dia meninggal dengan damai di malam hari, pada Malam Natal sepanjang hari. Di night stand di samping tempat tidurnya ada buku yang sama yang telah dia baca selama beberapa tahun terakhir. Pakaian Natal ditata rapi di kursi yang siap dikenakan. Di dalam ovennya ada sekumpulan kue Natal tongkat permen yang baru dipanggang. Mereka akan menjadi kue terakhir yang pernah dibuat Trisha.


."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...