Itu dulu, Ini Sekarang

Itu dulu, Ini Sekarang





Pintu berderit terbuka dengan sangat lembut saat tubuhnya bergerak melalui bingkai kayu. Jam dan jam telah berlalu. Hari-hari telah berubah menjadi malam. Dia tahu bahwa dia akan tertidur sekarang; dia selalu begitu. Setelah membebaskan kuncinya dari kunci, dia melangkah lebih jauh dan melepas sepatunya, meletakkannya dengan rapi di rak sepatu terdekat. Melihat cahaya dari dapur, dia berjalan ke sana dengan perasaan hangat memenuhi dadanya. Duduk di tengah meja adalah piring hanya untuknya dengan catatan kecil di sampingnya.

Pergi tidur lebih awal. Panaskan kembali selama 2 menit. Sayang kamu!

Dia tersenyum pada catatan itu dan mengambil piring itu, melemparkannya dengan cepat ke dalam microwave dan menuju ke kamar bersama mereka untuk berganti pakaian dengan cepat. Dengan tangannya di kenop pintu, dia ragu-ragu. Bagaimana jika dia membangunkannya? Yah, dia tidak bisa hanya menunggu di sini selamanya. Dia menahan napas saat dia dengan lembut memutar pegangannya dan membiarkan dirinya masuk. Cahaya redup dari lorong memasuki ruangan gelap di sungai sempit, menerangi hanya sepotong tempat yang paling dia rasakan di rumah.

"Sayang?" sebuah suara manis kecil memanggil dari batas-batas lembut selimut.

"Maaf membangunkanmu. Kembali tidur. Aku akan bergabung denganmu sebentar lagi," jawabnya sambil tersenyum meskipun tahu dia tidak bisa melihat wajahnya. Dia merasa nyaman dengannya dan dia tidak akan memilikinya dengan cara lain.


| 13 Mei|

Dia menunggu di kafe kecil di meja untuk dua orang saat dia melihat orang-orang berjalan di dekat jendela besar. Dia selalu menyukai kafe ini. Warna, suasana, buku, musik, dan orang-orang sangat sempurna. Semuanya sempurna. Latte manisnya duduk di depannya dengan tangan lembut membekam barang itu dengan hati-hati. Meskipun matahari bersinar terang hari ini, masih ada sedikit hawa dingin di udara. Saat itu, dia melihatnya—cinta dalam hidupnya. Senyum terbentuk di wajahnya dan sedikit tawa keluar dari bibirnya saat dia melihatnya dengan panik berlari masuk dan memindai ruangan untuknya. Dia melambaikan tangannya di udara dan seluruh ruangan tampak menyala dari seringai konyol yang terbentuk di wajahnya. Dia dengan ringan berlari ke arahnya saat dia berdiri, dengan cepat melewati deretan barista. Dia mengangkatnya dengan mudah, memutarnya saat dia memeluknya dekat untuk ukuran yang baik. Dia terkikik ke pelukannya dan duduk kembali begitu dia melepaskannya, jantungnya masih berdebar kencang.

"Maaf saya terlambat," dia meminta maaf, tangan saling menempel, mata tertutup, saat dia sedikit membungkuk padanya. Dia menggelengkan kepalanya sebagai tanggapan.

"Jangan khawatir tentang itu. Saya tahu Anda sibuk. Banyak pekerjaan di perusahaan, ya?" tanyanya sambil mengulurkan tangan untuk memegang tangannya. Dia menghela nafas dan mengangguk, menatap jauh ke dalam matanya.

"Aku berharap aku bisa menghabiskan seluruh waktuku bersamamu sebagai gantinya," jawabnya, mengambil tangannya ke tangannya dan meletakkan ciuman lembut di buku-buku jarinya.

Dia merasa nyaman dengannya dan dia tidak akan memilikinya dengan cara lain.


| 29 Agustus|

Jantungnya berdebar kencang saat pelayan mendatanginya sekali lagi.

"Bisakah aku memberimu yang lain sambil menunggu?" dia bertanya untuk ketiga kalinya jam itu. Dia menggelengkan kepalanya, hampir tidak bisa menjaga kontak mata dari rasa malu. Mengeluarkan ponselnya untuk apa yang tampak seperti keseratus kalinya malam itu, dia mengambil waktu. 21:28 WIB. Dia seharusnya berada di sini pada pukul 8:00.

Meja terasa dingin meskipun lilin menyala yang duduk di tengah. Dia menyaksikan nyala api menari sedikit sebelum menghela nafas dan melirik ke pintu. Beberapa mawar duduk di sebelah api dan piring-piring kosong memenuhi meja, diterangi dengan sedikit warna merah. Anggurnya mulai menipis di cangkirnya lagi, saat jari-jarinya menelusuri gelas yang keras.

Dengan meneguk minuman keras terakhir, dia memanggil pelayan dan hendak meminta cek ketika dia melihatnya tersandung dengan tergesa-gesa.

"Maaf aku terlambat!" serunya sambil berjalan ke meja.

"Sayang reservasi kami sudah lebih dari satu jam yang lalu," katanya.

"Saya tahu. Maaf. Saya tidak bisa keluar dari pekerjaan," dia memohon, sambil duduk.

Dia menghela nafas saat dia meminta maaf lagi. Yah setidaknya dia ada di sini sekarang, dan mereka akhirnya bisa makan.

"Ya, Bu?" kata pelayan itu. Dia melihat cintanya dan kemudian kembali ke pelayan.

"Kami ingin memesan sekarang," katanya, sekarang sambil tersenyum. Begitu mereka memesan dan pelayan mereka bergegas ke belakang, dia berbalik padanya.

"Anda benar-benar harus bekerja tepat waktu. Sudah lebih dari dua tahun seperti ini," kata dia.

"Saya sudah mengerjakannya. Saya berjanji akan melakukan yang lebih baik mulai sekarang," jawabnya segera, berusaha keras untuk menebusnya.

"... Oke... Selama kamu mengerjakannya," jawabnya, senyum kecil terbentuk di wajahnya. Dia berseri-seri kembali padanya, tahu bahwa dia adalah segalanya baginya.


| 24 Desember|

"Saya yakin dia akan berada di sini kapan saja sekarang. Dia benar-benar sibuk bekerja dengan liburan dan segalanya," katanya malu-malu kepada tamu lainnya. "Kenapa kita tidak pergi makan dulu. Dia akan bergabung dengan kita ketika dia sampai di sini. Saya yakin dia tidak akan keberatan," lanjutnya, merasa menyesal karena membuat yang lain menunggu.

"Tidak masalah jika aku melakukannya!" kata kakaknya sambil meraih makanan. Yang lain mulai mengambil peralatan mereka juga, menikmati pesta besar.

"Apakah dia selalu selarut ini?" tanya ibunya dengan tenang.

Dia dengan cepat menggelengkan kepalanya tetapi suaranya jelas mengkhianatinya. "N-tidak. Dia cukup baik tentang tepat waktu untuk hal-hal seperti ini ... Itu.. itu hanya hari libur ... mereka sibuk... dan... uhm... ya ..." dia berusaha membelanya. Ibunya menjawab dengan dengungan rendah tetapi mengubah topik pembicaraan.

Makan malam datang dan pergi. Dan hingga larut malam, teleponnya menyala dengan nama dan gambarnya menerangi layar.

"Hei, maaf. Saya sedang dalam perjalanan. Saya hampir sampai," katanya melalui perangkat kecil itu. Dia berjalan keluar dari ruangan yang penuh dengan keluarga dan teman-teman dan keluar ke teras. Salju telah mengambang dengan lembut ke bawah dan terlihat begitu indah, tetapi dia tidak dapat menemukannya dalam dirinya untuk merasakan kegembiraan atau kekaguman.

"Jangan repot-repot. Pulang saja. Lagipula aku akan segera pergi," katanya ke telepon, jelas kecewa. Ada jeda singkat dari ujung lain garis.

"Lalu kenapa kamu tidak memberitahuku sebelumnya? Saya benar-benar hampir sampai," katanya, kekesalan jelas dalam suaranya.

"Yah tidak ada yang memintamu untuk terlambat. Lagi. Kamu bahkan tidak repot-repot mengirimiku teks untuk mengatakan kamu akan selarut ini, apalagi terlambat sama sekali!"

"Sayasedang bekerja! Bukan masalah besar bahwa saya hanya sedikit terlambat. I-"

"SEDIKIT terlambat ?! Apakah kamu serius? Kami seharusnya berjalan bersama pada pukul 18:00. Sudah hampir jam 10 malam! Kami menunggumu sebelum makan malam dan menunggumu lagi setelahnya!"

"Benarkah? Anda menempatkan ini pada saya? Anda pikir saya mengontrol jadwal kerja saya? Saya melakukan apa yang saya lakukan untuk membuat kami tetap hidup nyaman dan Anda-"

"Ini malam Natal. Kami telah merencanakan cara ini sebelumnya. Mengapa Anda tidak bisa muncul tepat waktu untuk sekali dalam hidup Anda ?! Saya harus duduk di sana bersama semua keluarga lain dan berbicara tentang hal-hal keluarga seperti seberapa baik kinerja mereka dan bagaimana anak-anak mereka tumbuh begitu cepat dan-"

"Kami bahkan belum menikah seperti mereka, jadi mengapa itu penting-"

"Saya tidak percaya ini. Pulang sana. Jangan pernah berpikir untuk datang ke sini. Saya bermalam," katanya hampir berbisik, merasa benar-benar kalah. Dia mengakhiri panggilan dan berjalan kembali ke rumah dengan senyum palsu terpampang di wajahnya.

"Hei, dia tidak bisa hadir malam ini. Lalu lintas buruk di luar sana dengan salju," dia berbohong kepada yang lain. Dia melirik ke pintu untuk terakhir kalinya, memikirkan bagaimana ini akan segera meledak. Lagipula, dia adalah segalanya baginya, bukan?


| 26 Maret|

"Jika kamu akan pulang selarut ini kenapa kamu tidak kembali sama sekali ?!" teriaknya, suaranya meninggi.

"Baiklah PERMISI karena memiliki pekerjaan YANG SEBENARNYA harus dilakukan!" balasnya, berteriak dengan kekuatan dan kemarahan yang sama besarnya.

"Saya memeriksa dengan rekan kerja Anda dan mereka mengatakan Anda pergi jauh sebelum jam 10 malam! TIDAK butuh waktu 6 jam untuk sampai di rumah! Saya hanya tidak und-"

"Apa-apaan ini ?! Anda mengawasi saya ?! Apakah kamu tidak percaya padaku ?!"

"Aku semakin khawatir! Apa lagi yang bisa saya lakukan ketika Anda tidak memberi tahu saya apa pun! Terutama malam ini!"

"Jadi sekarang saya harus memberi tahu Anda semua yang saya lakukan. Setiap detail kecil. Luar biasa!"

"Bukan itu yang aku minta darimu. Saya hanya-"

"Kamu hanya apa ?! Saya memiliki lebih dari cukup tekanan dari perusahaan dan saya tidak membutuhkan lagi dari Anda!"

"Lihat, aku telah memberimu ruangmu. Saya telah mendorong, memahami, dan sabar. Tapi Anda begadang INI, dan bahkan pulang dalam keadaan mabuk pada beberapa kesempatan, tanpa memberi tahu saya satu hal pun ... Mengabaikan saya selama berhari-hari ... Aku di ujung akalku!"

"Mendorong? Pengertian? Sabar?! KAMU?! HA! Mengabaikan Anda adalah satu-satunya pilihan saya. Aku tidak bisa menerima omelanmu yang terus-menerus! Yang kamu lakukan hanyalah menggangguku saat-"

"Aku tidak mengomelmu!"

"Benar! Tanyakan saja pada teman-temanku! Oh tunggu! Anda mungkin mengomel mereka juga! Karena kamu membuat mereka memberitahumu setiap hal kecil yang aku lakukan!"

"Selama beberapa bulan terakhir saya telah membiarkan Anda melakukan apa yang Anda inginkan. Kami telah SETUJU untuk satu malam ini! SUATU MALAM! Dan kamu muncul pada pukul empat pagi yang aneh ?!"

"Kenapa kamu tidak mengerti bahwa aku sibuk !?"

"Kami membuat rencana untuk hari ini berabad-abad yang lalu!" teriaknya, air mata mengancam akan tumpah dari matanya.

"Apa yang istimewa sekalipun-" dia mulai tetapi dihentikan oleh pikirannya sendiri. Semuanya tampak diam, bahkan jika itu hanya sesaat.

"Keluar," gumamnya.

"Apa?"

"Keluar! Jika saya sangat mengganggu dan mengganggu dalam hidup Anda, maka keluarlah sekarang juga! Saya tidak ingin ada hubungannya dengan Anda! Keluar dari sini dan keluar dari hidupku!"

"Anda tahu apa ?! HALUS. PASTI. Lagipula aku tidak pernah mencintaimu!" teriaknya sambil meraih jaket yang dia lempar ke sofa hanya beberapa saat setelah melangkah ke tempat yang dia sebut rumah.

Pintu terbanting menutup begitu keras sehingga bingkai kayu yang lemah bergetar karena kekuatan. Dia berdiri di sana dengan sangat terkejut karena menerima pukulan yang begitu kuat. Air mata mengaburkan pandangannya saat tangisannya menenggelamkan kesunyian.

"Selamat ulang tahun empat tahun," isaknya pelan di sela-sela napas.

Dia telah mendengar semuanya. Dia ragu-ragu di teras depan mereka dengan tangan masih di kenop pintu. Menyadari apa yang baru saja terjadi, dia melepaskan kenop dan berbalik untuk melihat jalan-jalan yang kosong. Kemarahan masih mengalir di nadinya saat dia mengingat hal-hal yang dia katakan – hal-hal yang dia katakan.

Apa yang harus dia lakukan sekarang?


| 08 Juni|

Suara menusuk lembut dari cangkir porselen putih menambah suara yang memenuhi ruangan yang dulu menjadi favorit mereka. Dia membawa tangannya yang lain ke cangkir juga, jari-jarinya dengan lembut menelusuri desain saat cangkir itu bersandar di permukaan. Tangannya duduk di atas meja saat jari-jarinya menabuh cangkirnya sendiri. Dia menatapnya, tidak tahu harus berkata apa, atau bahkan berbicara sama sekali. Matanya terkunci pada benda rapuh di tangannya, berkilau. Kafe yang mereka kagumi, biasanya penuh kehangatan, sekarang sedingin es.

Rambut yang biasanya dengan lembut membingkai wajahnya sekarang terselip di belakang telinganya. Baru sekarang dia memperhatikan perubahan kecil ini. Mengapa dia tidak menyadarinya sebelumnya? Apakah matanya selalu sesedih ini? Apakah bingkainya selalu sekecil ini? ....Apakah dia selalu tidak bahagia ini?

Dengan tenggorokannya yang bersih, dia keluar dari pikirannya.

"Saya ... Saya mengerti," katanya, akhirnya angkat bicara.

"Lalu ... Kurasa ini dia ..." jawabnya, suaranya lebih lembut dari biasanya. Dia memperhatikan saat dia meraih tas kecilnya dan berdiri dari kursinya. Secara otomatis, dia juga berdiri. Tubuhnya sudah terbiasa pergi sebagai pasangan meskipun mereka tidak pernah tiba bersama. Dia dengan canggung berdiri di sana ketika dia mengumpulkan barang-barangnya dari meja yang berdiri di antara mereka, tahu akan lebih canggung jika dia duduk kembali hanya untuk berdiri kembali untuk pergi. Dia mengambil beberapa langkah menuju pintu di belakangnya. Parfumnya yang tertinggal di belakangnya saat dia melewatinya mengingatkannya pada rumah. Apakah dia selalu mencium bau yang harum ini?

Sekarang dengan tangan di pintu, dia berhenti dan menatap pria yang biasa dia panggil miliknya. Dengan mata berkaca-kaca, dia menghela nafas kecil. "Selamat tinggal."

Dia menawarkan anggukan kecil dan sedikit membungkuk sebagai jawaban, dengan tangan kanannya bergerak ke atas tetapi tidak cukup mencapai ketinggian bahunya, tahu lebih baik daripada mempercayai suaranya sendiri. Apakah dia selalu semanis ini? Ini bagus? Cantik ini?

Saat pintu terayun menutup di belakangnya, dia menghela nafas yang tidak dia sadari sedang dia pegang.


"Selamat tinggal ..."


Dan begitu saja, dia telah menyaksikan cinta dalam hidupnya berjalan keluar. Sekarang dia memperhatikan semua hal kecil tentangnya – tetapi sekarang sudah terlambat.





."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Omnipoten

Featured post

Melihat Melalui Mata yang Berbeda

Melihat Melalui Mata yang Berbeda Aku melihat melalui matamu. Dan ketika saya melakukannya, dunia semuanya biru, ungu dan hijau. Warnanya s...