Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 8, 2018

Hadapi Masalah dengan Kuasa Allah

Zakharia 4:1-14 Kita tahu merintis pelayanan bukan tugas yang mudah. Ada banyak kendala yang bisa melunturkan semangat. Halangan, mulai dari kerikil sampai batu besar, bisa datang bergantian mengadang. Namun, di tengah situasi itu, kita harus tetap yakin bahwa Allah akan selalu memimpinZerubabel mendapat tugas untuk membangun Bait Allah dan umat-Nya (9). Mereka, yang kembali ke tanah perjanjian, bersusah payah untuk membangun kembali tanah leluhurnya dari reruntuhan.Namun, setelah sekian lama, mereka lupa tugas akan utamanya sebagai umat, yaitu beribadah. Akan tetapi, permasalahannya adalah Bait Allah telah lama runtuh. Lalu, di mana mereka harus beribadah?Tuhan hendak memakai Zerubabel untuk menyadarkan umat Yehuda agar mulai membangun Bait Allah. Namun, orang-orang yang dihadapi Zerubabel bagaikan gunung batu besar. Oleh karena itu, tugas Zakharia adalah menyampaikan janji Allah kepada Zerubabel bahwa ia akan menyelesaikan tugas tersebut bukan karena kuat dan perkasanya, melainkan …

Cerpen 1800 Detik (OneShoot)

"Perpisahan kita dihiasi lagu ini, masih ingat kan? Dan akhirnya lagu ini juga yang menjadi lagu pertemuan kita.." - Rafli     Hari ke tiga ratus enam puluh lima. Tepat satu tahun janji itu ada. Musim gugur kini kembali. Dedaunan kuning kecokelatan berjatuhan dari ranting pohon. Angin-angin kecil berhembus menerpa tubuh Marsha yang kini duduk di atas rerumputan hijau berhiaskan dedaunan yang berjatuhan. Kulitnya tampak berkilau diterpa sinar matahari siang. Gadis itu menenggelamkan wajahnya di dalam kedua lipatan tangan yang kini bertumpu di atas kedua lututnya.     Sudah hampir dua jam Marsha disana. Menunggu sesuatu yang tak pasti kedatangannya. Marsha mengangkat kepalanya, kini pandangannya tertuju pada sebuah pohon muda yang tidak terlalu tinggi. Kini yang tersisa hanyalah beberapa helai daun di rantingnya yang rapuh. Di tengah batangnya, terdapat sebuah goresan kecil berukirkan dua buah nama dengan sebuah gambar hati yang diukir dengan sebilah pisau tajam.     Marsha te…

Cerpen Dongeng Malam Pertama

Di dalam sebuah kelas yang berjumlah empat puluh sembilan orang. Seorang guru untuk mata pelajaran kimia sedang menerangkan kepada semua murid-murid yang ada di dalam kelas itu. Sambil membawa bulatan-bulatan sebagai alat bantu untuk menerangkan bagaimana sebuah unsure dan senyawa terbentuk dari atom-atom. Bulatan-bulatan itulah yang di ibaratkan sebagai sebuah atom yang dapat di satukan antara satu dengan lainnya dengan sebuah benda yang berbentuk silinder yang sangat kecil. Semua murid-murid kelas mendengarkan dengan seksama meskipun sebagian dari mereka tidak memahami dengan apa yang sedang di ajarkan oleh gurunya, tetapi mainan yang dibawa oleh guru kimia itu sangat menarik. Selain bentuknya unik dan lucu ketika bulatan-bulatan itu digabungkan selayaknya seharusnya dijadikan pajangan daripada dipakai menjadi benda praktek.      Dari keempat puluh sembilan murid yang berada di dalam kealas hanya ada satu anak yang tampaknya meremehkan dengan apa yang sedang diterangkan oleh g…

Cerpen Selamat Menempuh Hidup Baru Wanita yang Ku Cintai

Sejuta kisah merajut di riak sudut sekolah. Manusia yang terlahir dan berkesempatan merasakan dinamika kehidupan sekolah, tentu memiliki paradigma tersendiri dalam dirinya. Terlebih pada masa SMA. Pada masa ini, mereka yang menjadi aktor utama di sekolahnya. Seolah terbius dalam alunan keremajaan yang membias dalam sanubari. Pelbagai pola tingkah laku yang mereka lakukan seakan menjadi dogma lumrah tak bersifat ambivalen. Sehingga tidak heran kesan yang tertuai pada masa SMA sangat sulit untuk dilupakan.     Arlan. Seorang siswa yang pernah bersekolah di daerah Ibu Kota ini memiliki kesan tersendiri saat SMA. Ia adalah siswa yang sangat cerdas. Mudah bergaul dan tak sedikit wanita yang menyukainya. Namun, meskipun sangat mudah baginya mendapatkan seorang wanita. Ia tidak pernah berpacaran selama duduk di bangku sekolah. Karena baginya, akademik jauh lebih penting. Sementara merajut asmara pada masa sekolah hanyalah membuang waktu dan tidak bermanfaat sama sekali.     Arlan pun se…

Cerpen Semusim Untuk Selamanya

Yaaa... Aku mau nya cuma kamu?? Bukan dia, hanya kamu yang ada dipikiranku saat ini dan mungkin entah sampai kapan. Cuma kamu, bukan Tito yang mamberikan aku sebuah kalung pada waktu ulang tahunku kemarin. Bukan juga Willie, sahabatku dari kecil yang tiba-tiba saja berbalik menyukaiku dan nekat menyatakan cintanya. Hanya kamu..... Seseorang yang jauh disana...jauh sekali. Bukan ratusan tapi ribuan kilometer jaraknya. Terpisah antara jarak dan waktu, musim bahkan benua. Dialah laki-laki yang telah mampu meluluhkan hatiku. Yang telah lama membatu bahkan mungkin sudah seperti fosil yang di baru saja di temukan dari ribuan tahun lalu yang terpendam sangat dalam.      Kisah ini berawal dari beberapa tahun yang lalu. Laki-laki itu datang ketika aku masih trauma dengan masalah percintaan. Di tinggal diam-diam menikah dengan pacar adalah hal yang paling menyakitkan dan suatu penghianatan, itulah pengalaman yang sangat pahit dalam hidup ini. Semenjak itu aku tidak percaya, bahkan malas be…

Cerpen Akibat Sombong

Suatu hari di sekolah elementary school ada seorang murid bernama Laura ia sangat sombong, egois dan pemarah. Suatu hari sekolah elementary school kedatangan murid baru dari Amerika namanya Charlotte, charlotte sangat pintar, baik, dan juga ramah. Suatu hari Laura berbicara kepada Charlotte “Hei Charlotte jangan sok pintar dan ramah deh” Charlotte hanya menjawab “Aku bukanya mau sok pintar dan ramah Laura, tetapi aku memang bermaksud baik kok”
“Malas ah aku berbicara sama kamu dasar anak sombong nggak tahu diri” kata Laura naik pitam. Hati Charlotte merasa panas dan sedih, Di dalam hati ia berkata “pantas saja anak anak tidak mau bermain dengan Laura dan merasa dirinya lebih hebat”.Waktu istirahat Charlotte diam diam mengumpulkan seluruh murid perempuan kecuali laura untuk ke halaman belakang sekolah, Charlotte punya ide untuk menyadarkan Laura.Bel berbunyi semua anak masuk ke kelas, miss Emily datang masuk ke kelas dan mengatakan bahwa sekarang akan ujian Ips. Semua anak setuju kecua…

Cerpen Akibat Mengantuk

Suasana kelas yang tenang, angin yang menghembus lewat jendela membuat aku telah serius untuk mendengarkan pelajaran yang akan disampaikan oleh Pak Joko. Pelajaran matematika memang menjadi '_momok_' yang menakutkan bagi sebagian besar siswa.Akan tetapi, hal itu tidak terjadi dikelasku. Pak Joko guru matematika begitu pandai membuat pelajaran matematika menjadi hal yang menarik anak-anak dikelasku. Peristiwa yang tidak akan kulupakan berawal dari mataku yang tak dapat menahan rasa kantuk. Tidak seperti biasanya, perhatianku tidak tertuju pada Pak Joko yang sedang mengajar. Suasana angin yang berhembus, membuat mataku serasa ingin terpejam, sehingga membuyarkan konsentrasi belajarku. Aku begitu kaget, ketika Ferdi menepuk pundakku dan berkata 'Gus, sekarang tugasmu!' Tanpa sempat berfikir, aku bergegas maju ke depan kelas, mengambil penghapus dan segera menghapus papan tulis yang penuh dengan tulisan Pak Joko.Setelah mendapat separuh bagian papan tulis, aku berhenti kar…

Humor 3 Drakula

3 DrakulaAda 3 drakula, mereka bikin kompetisi siapa yang paling kejam dan sadis. Drakula yang paling muda dapet kesempatan duluan. Tiba-tiba dia lari secepat kilat, terus 2 menit udah balik lagi. Mukanya penuh lumuran darah, seringainya sereem. Terus dia ngomong, "Lu pade liat desa di seberang bukit itu ?" Yang dua ngangguk, "Iya, liat." "Desa itu... habiissss !"Yang paling tua panas juga. Dia juga pergi sekelebat, terus 1 menit udah balik, mukanya juga penuh dgn cucuran darah. "Lu liat kota yang itu?", katanya sambil mukanya nunjukin kalo dia bangga bener. "Iye, liat", yang dua ngangguk juga. Kota itu juga habiiissssss !", kata yang paling tua sambil ketawa serem, "Hua ha ha hah !".Drakula yang satunya lagi tambah panas, dia juga pengen show off.
Akhirnya dia juga lari sekelebat. Temennya yang dua terperanjat, soalnya belum sampe setengah menit dianya udah balik, penuh dengan cucuran darah di mukanya dan matanya. Temen…

Humor Arti Sebuah Mimpi

Nama Jalan Panjang Ada seorang bule lagi jalan-jalan di Bali. Iseng-iseng dia menghafal nama-nama jalan. Setelah capek dia berjalan dan ditambah pusing kepalanya krn nama-nama jalan yg barusan dibacanya, berhentilah dia lalu berkata kepada warga sekitar yg kebetulan lewat,Bule : "Saya heran dan salut sama orang Indonesia bisa menghafal nama jalan yang panjang-panjang?"
Warga lokal : "Contohnya?"
Bule: "Jalan pelan-pelan banyak anak kecil!"Sama GagapnyaSeorang lelaki yang cukup tua yang telah menempuh perjalanan jauh tiba disebuah kota dan bertanya pada anak kecil yamg tengah bermain."Ee..nak, pe..pe..pengi..na..na..pan, ter..ter..dekat, le..lewat, ma..ma..mana..ya ?"
Anak kecil yang ditanya hanya diam saja. Lelaki tersebut bertanya kembali.
"Nak..,le..le..wat, ma..ma..mana, ka..ka..ka..kalau.., mau ke..ke.., pe..pe..pengina..na..pan, ter...ter..de..dekat ?"Anak tersebut tetap diam, hanya memandang saja. Untuk ketiga kalinya, Lelaki itu…

Mencari Tuhan Di Segala Keadaan

Baca: Amsal 1:20-33"Pada waktu itu mereka akan berseru kepadaku, tetapi tidak akan kujawab, mereka akan bertekun mencari aku, tetapi tidak akan menemukan aku." (Amsal 1:28)Adalah rahasia umum bahwa orang mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh ketika sedang dalam keadaan terdesak atau berada dalam situasi sulit. Begitu tertimpa masalah berat dan jalan buntu kita menghampiri Tuhan dengan ratapan dan linangan air mata. Kita rela berdoa semalam-malaman dan hampir di setiap jadwal peribadatan kita rela datang, berharap sesegera mungkin mendapatkan jalan keluar dan pertolongan dari Tuhan. Namun begitu masalah teratasi, sakit-penyakit disembuhkan, ekonomi keluarga dipulihkan, segala sesuatunya kembali berjalan baik dan normal, mereka tidak lagi gigih mencari Tuhan. Semangat kita mencari Tuhan perlahan redup dan roh pun tidak lagi menyala-nyala bagi Tuhan. Ibadah kembali dilakukan dengan asal-asalan dan sebatas rutinitas belaka."Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu: Bangsa ini mem…

Terjerat Rayuan Iblis (2)

Baca: Keluaran 6:1-12"Pergilah menghadap, katakanlah kepada Firaun, raja Mesir, bahwa ia harus membiarkan orang Israel pergi dari negerinya." (Keluaran 6:10)Selama kita masih berada di "Mesir" sampai kapan pun kita tidak akan pernah menikmati "Tanah Perjanjian". Untuk menuju "Tanah Perjanjian" kita harus punya tekad yang kuat untuk meninggalkan "Mesir" atau meninggalkan kehidupan lama, menanggalkan manusia lama dan hidup sebagai manusia baru. "Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa." (Roma 6:6-7). Untuk mengalami penggenapan janji Tuhan Abraham harus rela meninggalkan Ur-Kasdin, meninggalkan negerinya, sanak saudaranya dan juga bapanya. Banyak orang Kristen yang hanya mau mendapatkan berkat atau menikmati janji Tuhan tetapi tidak mau membayar harga, tidak mau meninggalkan kehidupan lamanya.Inilah trik Firaun,…
  • Prevailing Peace in a Life of Conflict - John 14:27 Conflict is part of living. A common problem today is that most people don’t know how to deal with conflict – nor do they understand the source ...
    45 menit yang lalu
  • FOR THEY ARE LIFE TO THOSE WHO FIND THEM - Proverbs 4:20-23 (NKJV) 20 My son, give attention to my words; incline your ear to my sayings. 21 Do not let them depart from your eyes; keep them in the m...
    48 menit yang lalu
  • The Weapon of Ridicule - And they laughed him to scorn–Luk 8:53 From Lament to Ridicule This incident occurred in Capernaum, whither our Savior had just returned. He had scarce lan...
    52 menit yang lalu
  • A Living Spring - If your hand causes you to sin, cut it off! It is better for you to enter into life crippled than to have two hands and go into hell, to the unquenchable f...
    54 menit yang lalu
  • God’s power vs. my power - Passage: 2 Chronicles 16 7 And at that time Hanani the seer came to Asa king of Judah, and said to him: “Because you have relied on the king of Syria, and ...
    56 menit yang lalu
  • The Futility of Hoop-Jumping - Bible Reading: 1 Corinthians 1:26-31 Remember, dear brothers and sisters, that few of you were wise in the world’s eyes, or powerful, or wealthy when God...
    58 menit yang lalu
  • Life:a Lesson in Love - By Rick Warren“‘Love the Lord your God with all your heart, soul, and mind.’ This is the first and greatest commandment. The second most important is simil...
    1 jam yang lalu

Postingan populer dari blog ini

Bunga Di Kasih Tanda Cinta PadaMu

Humor 3 Drakula

Cerpen Keindahan Berbalut Jilbab Warna Ungu

PENGERTIAN NUBUATAN NABI YESAYA

Cerpen AHS

ORSAKTI KUMBANG TAK BERSAYAP YANG MENGGAPAI BUNGA

Meme & Momo

Cerpen Kasih Ibu Tak Batas Waktu

Cerpen Gak Bisa Tidur

Cerpen Cintaku Tak Berlisan

Thank's You